Daftar Istilah

Daftar Istilah

daftar istilah
Daftar Istilah dalam blog ini adalah sebagai rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal-usul (etimologi) sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan.

Antioksidan adalah zat kimia yang membantu melindungi terhadap kerusakan sel-sel oleh radikal bebas. Antioksidan terkenal termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, karotenoid, dan flavonoid.

Autoimun adalah respon kekebalan salah sasaran yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kacau dan menyerang tubuh sendiri.

Aterosklerosis atau Arteriosklerosis adalah akumulasi kolesterol di dalam dinding pembuluh darah arteri, yang jika cukup parah dapat menghambat aliran darah ke berbagai organ. Aterosklerosis adalah proses umum yang melibatkan banyak pembuluh di tubuh, termasuk di jantung, otak, dan ginjal.

Atopi adalah suatu kecenderungan genetik untuk mengembangkan penyakit alergi, misalnya dermatitis, rhinitis atau asma. Orang atopik hipersensitif terhadap zat tertentu, biasanya protein, di lingkungan mereka.

Detoksifikasi adalah penghapusan toksik (zat beracun) dari tubuh. Detoksifikasi darah adalah fungsi penting dari hati.

Fitonutrien adalah nutrisi nabati yang diyakini memiliki efek mendukung kesehatan, tetapi tidak dianggap penting untuk kelangsungan hidup manusia. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan teh memiliki fitonutrien yang sedang diteliti oleh komunitas ilmiah mengenai potensi efek-efek positifnya pada kesehatan.

Flavonoid (bioflavonoid) adalah sub-kelompok polifenol yang paling besar dan paling banyak dipelajari. Ada ribuan flavonoid yang berbeda dalam buah-buahan, sayuran, dan minuman yang dibuat dari tanaman (teh dan jus). Kebanyakan flavonoid adalah pigmen alami yang memberi warna buah dan sayuran. Meskipun tidak dinilai sebagai nutrisi penting, banyak dari senyawa ini yang berfungsi sebagai antioksidan atau memainkan peran penting lain dalam menjaga kesehatan.

Infark miokard (IM), umumnya dikenal sebagai serangan jantung, terjadi ketika sekelompok otot jantung mati karena penyumbatan mendadak dari arteri koroner (trombosis koroner). Hal ini biasanya disertai dengan nyeri dada luar biasa dan sejumlah kerusakan jantung.

Pemblokiran arteri koroner yang paling sering disebabkan oleh kondisi yang disebut Aterosklerosis, yang merupakan penumpukan zat lemak secara bertahap dalam aliran darah di sepanjang lapisan dalam arteri yang membatasi aliran darah ke jantung. Zat-zat ini juga dapat membuat massa abnormal dari trombosit yang menjadi bekuan darah. Jaringan parut yang dihasilkan dari otot mati pada IM mengubah pola aktivitas listrik jantung. Perubahan-perubahan dalam pola listrik ini terlihat dengan jelas dalam uji elektrokardiografi (EKG), sehingga alat ini sangat penting untuk mendiagnosis IM.

Oxygen radical absorbance capacity (ORAC) adalah ukuran aktivitas atau kekuatan antioksidan makanan dan minuman tertentu dan dianggap oleh banyak ilmuwan sebagai metode pilihan untuk mengukur kekuatan antioksidan. Sebuah skor ORAC yang tinggi sama berarti yang tinggi, seringkali juga berarti lebih banyak kandungan nutrisi nabatinya (misalnya polifenol).

Perlu dipahami bahwa ORAC adalah kekuatan antioksidan di laboratorium dan tidak menunjukkan aktivitas antioksidan atau efek kesehatannya dalam tubuh.

Patogen adalah organisme atau virus yang menyebabkan penyakit.

Phenolic merupakan senyawa yang mengandung antioksidan dan berasal dari tumbuhan.

Polifenol adalah sub-kelompok fitonutrien yang ditemukan dalam makanan seperti bawang, teh, anggur dan kacang-kacangan tertentu. Polifenol alami melindungi tanaman melawan patogen, parasit dan predator, dan sering berkontribusi pada rasa dan warna buah dan sayuran. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dampaknya terhadap kesehatan manusia.

Pleura adalah lapisan tisu tipis yang menutupi paru-paru dan melapisi dinding bagian dalam rongga dada. Melindungi dan membantali paru-paru, jaringan ini mengeluarkan sejumlah kecil cairan yang bertindak sebagai pelumas, yang memungkinkan paru-paru untuk bergerak dengan lancar di rongga dada saat bernapas.

Radikal bebas adalah atom atau molekul bermuatan listrik atau netral yang memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan di orbital terluar mereka. Radikal bebas tidak stabil dan bereaksi cepat dengan atom dan molekul lainnya sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan. Antioksidan adalah zat yang membantu untuk membatasi kerusakan dari elektron tidak berpasangan ini.

Imunomodulator adalah agen yang memengaruhi (melemahkan atau menguatkan) respon imunitas. Imunomodulator yang menekan respon imunitas (imunosupresan) biasanya digunakan dalam transplantasi organ untuk mengurangi penolakan terhadap organ baru. Herbal tertentu seperti ginseng, madu dll dapat menjadi imunomodulator alami yang menguatkan respon imunitas (imunoterapi, imunostimulan).

Imunosupresan adalah obat yang diberikan untuk menekan respon alami sistem kekebalan tubuh. Imunosupresan diberikan kepada pasien transplantasi untuk mencegah penolakan organ dan kepada pasien penyakit autoimun seperti lupus.

Mediastinum adalah partisi median di rongga dada, dilindungi oleh pleura mediastinal dan berisi semua visera toraks dan struktur kecuali paru-paru.

Nutrisi adalah zat yang diambil oleh sebuah sel dari lingkungannya dan digunakan dalam reaksi katabolik atau anabolik untuk kehidupan. Nutrisi terdiri dari dua tipe dasar:
  • Bahan anorganik yang diserap oleh organisme autotrofik seperti tanaman dan mikroorganisme tertentu untuk digunakan dalam reaksi sintetis dan metabolisme.
  • Biomassa yang dicerna sebagai makanan oleh binatang (termasuk manusia) dan mikroorganisme heterotrofik.
Suplemen adalah nutrisi atau fitokimia (fitonutriens) yang disediakan untuk melengkapi yang diperoleh dari makanan.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI