Nutrisi untuk Anak dan Balita

Nutrisi untuk Anak dan Balita

Nutrisi untuk Anak dan Balita
Gizi untuk anak di bawah lima tahun (balita) merupakan hal yang sangat penting sehingga harus diketahui dan dipahami oleh setiap orang tua, Perlunya perhatian lebih dalam tentang tumbuh kembang anak, terutama di usia balita didasarkan fakta bahwa penyakit akibat kurang gizi pada masa sekarang ini, kebanyakan bersifat Irreversible (tidak dapat pulih).

Pertumbuhan dan perkembangan anak menyangkut semua aspek kemajuan yang dicapai oleh tubuh manusia, dari konsepsi (pembuahan) sampai dewasa.

Pertumbuhan berarti setiap perubahan dari tubuh yang berhubungan dengan bertambahnya ukuran tubuh fisik (anatomis) maupun struktural dalam arti sebagian atau keseluruhan.

Oleh karena itu, pertumbuhan dapat diukur dengan satuan tertentu, seperti centimeter dan kilogram. Berbagai nilai baku antropometrik dapat digunakan untuk menilai pertumbuhan fisik seorang anak, namun yang paling sering dipakai adalah ukuran berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala.

Perkembangan berarti bertambahnya kemampuan (skill), struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Deteksi dini perkembangan anak dilakukan dengan pemeriksaan perkembangan secara berkala, apakah perkembangan normal sesuai dengan umur atau tidak.

Periode Tumbuh Kembang

Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah pada masa balita, karena pada masa ini pertumbuhan dasar yang akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya.
Pada masa balita ini perkembangan kemampuan berbahasa, kreativitas, kesadaran sosial, emosional dan intelengensia berjalan sangat cepat dan merupakan landasan bagi perkembangan selanjutnya.

Data pada tahun 2007 menunjukkan bahwa ada 4 juta balita Indonesia kekurangan gizi. 700 ribu diantaranya mengalami gizi buruk. Sementara yang mendapat program makanan tambahan hanya 39 ribu anak.

Ditinjau dari tinggi badan, sebanyak 25.8% anak balita Indonesia mempunyai tinggi minimal alias pendek. Ukuran tubuh yang pendek ini merupakan tanda kurang gizi yang berkepanjangan. Lebih jauh, kekurangan gizi dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. Padahal, otak bertumbuh selama balita. Fase cepat tumbuh otak berlangsung mulai janin berusia 30 minggu sampai bayi berumur 18 bulan.

Status gizi pada balita dapat diketahui dengan cara mencocokkan umur anak (dalam bulan) dengan berat badan, sesuai dengan standard WHO-NCHS. Bila berat badannya kurang, maka status gizinya kurang. Di Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), telah disediakan Kartu Menuju Sehat (KMS) yang juga bisa digunakan untuk memprediksi status gizi anak berdasarkan kurva KMS. Perhatikan dulu umur anak, kemudian plot berat badannya dalam kurva KMS. Bila masih dalam batas garis lurus hijau maka status gizi baik, bila dibawah garis merah, maka status gizi buruk.

Parameter yang umum digunakan untuk menentukan status gizi pada balita adalah berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala. Lingkar kepala sering digunakan sebagai ukuran status gizi untuk menggambarkan perkembangan anak. Sementara parameter status gizi balita yang umum digunakan di Indonesia adalah berat badan menurut umur. Parameter ini dipakai diseluruh Posyandu.

Kekurangan gizi pada balita dibagi menjadi dua, yaitu gizi buruk dan kurang gizi. Gizi buruk kondisinya lebih parah dari gizi kurang. Untuk membedakan balita kurang gizi dan gizi buruk dapat dilakukan dengan cara menghitung skor Z. Gizi kurang adalah berat badan menurut umur yang dihitung menurut skor Z nilainya kurang dari -2, dan digolongkan gizi buruk bila skor Z kurang dari -3. Balita penderita gizi kurang berpenampilan kurus, rambut kemerahan (pirang), perut buncit, moon face karena oedema (bengkak) atau monkey face (keriput), cengeng dan kurang responsif. Bila kurang gizi berlangsung lama, akan berpengaruh pada kecerdasan anak. Dan bila tidak segera ditangani, maka akan masuk ke dalam status gizi buruk.

Penyebab utama kurang gizi pada balita adalah kemiskinan sehingga akses pangan anak terganggu. Penyebab lain adalah penyakit infeksi (diare), ketidaktahuan orang tua karena kurang pendidikan sehingga sehingga pengetahuan gizi rendah, atau faktor tabu makanan dimana makanan bergizi ditabukan dan tidak boleh dikonsumsi anak balita. Kurang gizi pada balita dapat berdampak terhadap pertumbuhan fisik maupun mentalnya.

Kebutuhan Nutrisi Anak untuk Pertumbuhan dan Perkembangannya

Peranan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak balita sangatlah penting, meskipun faktor penentu agar anak tumbuh menjad sehat dan cerdas tidak hanya faktor nutrisi saja. Minimal ada tiga hal yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak, antara lain yaitu genetika, lingkungan dan gizi.

Genetika
  • Faktor genetika merupakan potensi dasar dalam perkembangan kecerdasan. Tetapi faktor genetik bukanlah faktor satu-satunya yang terpenting.
  • Setiap mahluk hidup mempunyai masa pertumbuhan otak yang berbeda.
  • Pada manusia masa cepat tumbuh otak terjadi pada masa kelahiran 18 bulan.
  • Jumlah sel otak pada waktu lahir 66%, padahal pada saat itu, berat otak hanya 27%
  • Masa rawan otak bisa terjadi di berbagai fase.
  • Otak paling rentan terhadap kurang gizi masa cepat tumbuh (minggu ke-30), usia kehamilan dan 18 bulan sesudah lahir.
Lingkungan
  • Faktor sosial dan lingkungan juga memegang peranan penting dalam menentukan kecerdasan anak. Lingkungan yang baik tentu akan berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak yang baik dan secara langsung akan mempengaruhi pembentukan intelegensi.
  • Secara teori faktor sosial dan lingkungan ini berperan kecil bila kekurangan gizi terjadi pada masa cepat tumbuh otak, karena kekurangan yang terjadi pada masa tersebut bersifat irreversible (tidak dapat pulih).
Gizi
  • Pertumbuhan anak sehat dan normal sesuai dengan potensi genetik yang dimilikinya.
  • Pertumbuhan ini sangat jarang terpengaruh oleh asupan gizi yang dikonsumsi dalam bentuk makanan sehat dan seimbang.
  • Kekurangan atau kelebihan gizi akan dimanifestikan dalam bentuk pertumbuhan yang menyimpang dari pola standar.

Melihat Indikator Gizi dari Ukuran Gizi

Ukurang fisik anak bisa dijadikan salah satu indikator untuk mengukur status gizi anak. Anak-anak dari tingkat sosial ekonomi rendah sangat rawan terhadap gizi kurang. Dan dengan status gizi kurang, umumnya anak akan bertumbuh lebih kecil dengan berat badan kurang dari normal.

Pola pertumbuhan yang secara rasial dulu dianggap pendek terbukti bisa diperbaiki dengan konsumsi gizi yang baik. Survey di Jepang tahun 1982, remaja pria usia 14 tahun yang lahir setelah PD II mempunyai tinggi badan 7,6 cm lebih tinggi dibandingkan dengan mereka dilahirkan sebelum PD II. Peningkatan disebabkan oleh konsumsi protein hewani.

Agar tetap fit, janganlah meninggalkan sarapan pagi. Bila tidak sarapan, kadar gula darah turun, padahal gula darah merupakan energi utama otak. Dampaknya negatifnya adalah ketidakseimbangan sistem syaraf pusat diikuti:
  1. Pusing
  2. Badan gemetar
  3. Rasa lelah, berkeringat dingin
  4. Gairah belajar menurun
Jajan bagi anak-anak merupakan fenomena yang menarik untuk ditelaah karena berbagai hal:
  1. Upaya pemenuhan energi aktivitas sekolah yang tinggi
  2. Menumbuhkan kebiasaan penganekaragaman pangan sejak kecil
  3. Memberikan perasaan meningkatnya gengsi anak dimata teman-temannya

Pentingnya Protein dan Sayuran

Kekurangan energi protein sesudah lahir mempengaruhi perkembangan otak. Defisit perkembangan otak sulit dikejar, karena masa tumbuh hanya sampai 18 bulan. Dampak KEP menyebabkan:
  1. Mielinisasi berkurang untuk menyampaikan impuls
  2. IQ berkurang akan berdampak pada kemampuan bentuk pengenalan geometrik rendah dan kemampuan berkonsentrasi rendah
Sayuran yang berwarna hijau tua sangat baik karena banyak mengandung zat besi. Sayur yang dimasak dengan minyak (tumis) sangat dianjurkan karena mempermudah penyerapan vitamin A, D, E, K. Dalam pengelompokannya ada 13 jenis vitamin yang di bagi 2 kelompok yaitu vitamin larut dalam lemak (A, D, E,  K) dan vitamin larut dalam air (B Kompleks, Asam Folat, Biotin dan C).

Mineral yang dibutuhkan dalam proses metabolisme ada 22 jenis, antara lain adalah Se, Silikon, Kromium, Lodin, Fe, Mg, Mikro Trace Mineral. Enzim sebagai biokatalisator spesifik yang bergabung dengan vitamin mineral membantu tubuh kita berfungsi dengan baik. Alam telah menyediakan enzim dalam makanan untuk membantu mencerna segala sesuatu yang akan kita makan seperti pada karbohidrat, lemak, protein, serat, gula dan produk susu.

Pentingnya Asam Amino dan Antioksidan

Asam amino seringkali ditambahkan pada produk susu. Perkembangan dan pertumbuhan tergantung kepada protein bergantung pada asam amino dalam jumlah tepat. Asam amino esensial mencakup isoleusin, lisin, fenilalain, triptofan dan valin. Sebagai tambahan, Arginin histidin untuk bayi dan anak-anak. Kekurangan atau mal nutrisi protein pada umumnya terjadi karena pola makan yang kurang baik, pencernaan yang terganggu, penyerapan makanan, stres, infeksi atau defesiensi nutrien lainn seperti vitamin dan mineral yang dapat berpengaruh pada protein.

Radikal bebas atau oksidan adalah partikel terkecil dari molekul yang tidak berpasangan sehingga mudah bereaksi dengan partikel.

  • Radikal bebas mempunyai hubungan dengan terjadinya penyakit seperti Diabetes Mellitus, Katarak, Arthitis Krematoid, Arteriosklerosis, Parkinson, Stroke, dll.
  • Jenis Antioksidan, Vitamin C, E, Betakarotin, dll.
  • Antioksidan tidak mungkin tinggal untuk menetralkan semua radikal bebas, yang terbaik adalah mengkonsumsi bermacam-macam antioksidan atau formula antioksidan.

Perkembangan Otak Anak

Otak merupakan organ tubuh paling penting dan berperan sebagai komputer pengendali seluruh bagian tubuh, seperti untuk mengingat, konsentrasi, mengantuk, mempelajari pengetahuan baru dan sebagainya. Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, otak merupakan organ tubuh yang membutuhkan energi relatif besar dibandingkan berat tubuh. walau hanya seperlima energi tubuh. Energi disini berarti zat gula atau glukosa dan oksigen. Semakin tinggi otak dipakai semakin tinggi kebutuhan glukosanya.

Otak memerlukan 50% dari seluruh kebutuhan energi atau tenaga dalam tubuh. Kurangnya nutrisi otak seperti Mutivitamin, Asam amino dan mineral, sangat mempengaruhi daya maksimal otak, yang akhirnya juga mempengaruhi stamina tubuh. Saat pikiran atau otak lelah, tubuh juga akan merasakan lelah sehingga tidak bisa produktif.

Nutrisi otak sebenarnya tersedia pada makanan seperti ikan, daging, telur, udang, sayur-sayuran, buah-buahan dan sebagainya.

Makanan lain yang juga dapat dijadikan sebagai alternatif misalnya Suplemen Makanan yang memberikan nutrisi pada otak. 

Beberapa tips untuk menjaga nutrisi dan otak diantaranya adalah tidur yang cukup setiap harinya antara 7 hingga 8 jam, olah raga 3 kali seminggu minimal 25 menit sekali, setelah otak bekerja keras selama 1 jam, beristirahatlah selama 5 menit, kurangi stres dan meditasi serta hidup dengan pikiran positif.

Tumbuh kembang otak juga dapat dipengaruhi melalui pendidikan secara efeksi dan emosi. Sejak usia dini otak harus diberi rangsangan seiring dengan pertambahan usia. Stimulan otak kiri dapat dilakukan dengan melatih bahasa, logika, matematika, membaca dan menulis. Sebaliknya, otak kanan berhubungan dengan imajinasi, emosi dan interpersonal. Mulailah dari sekarang perhatikan perkembangan otak kita, serta anak-anak kita.

Otak merupakan organ tubuh paling penting, berperan sebagai komputer pengendali seluruh bagian tubuh, seperti untuk mengingat, konsentrasi, mengantuk, mempelajari pengetahuan baru dan sebagainya.

Makanan pokok otak hanya dua, yakni zat asam dari pernafasan dan nutrisi dari apa yang kita santap, termasuk glukosa. Setiap hari kebutuhan asam lemak yang dibutuhkan otak sekitar 340 - 400 mg/hari. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, konsumsilah makanan bervitamin dan bergizi tinggi, seperti mengkonsumsi ikan, telur bebek, susu yang diperkaya AA (Asam Arakhidonat) & DHA (Asam Dokosaheksanoat) dan sebagainya.  Produk perlebahan (Bee Pollen) merupakan makanan kesehatan alami yang kaya akan zat-zat yang bergizi tinggi dan sangat dibutuhkan pada balita dan anak-anak.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan otak terganggu sehingga tidak dapat berfungsi maksimal dan akhirnya dapat menimbulkan kerusakan otak adalah sebagai berikut:

1. Tidak Sarapan
Sarapan di pagi hari dengan menyantap nasi (karbohidrat tinggi) membuat tubuh mendapat pasokan glukosa yang cukup dan melalui darah, glukosa dialirkan ke otak sehingga otak dapat bekerja optimal.

2. Makanan Berlebih
Makanan yang berlebihan akan membuat glukosa berubah menjadi lemak jenuh yang akan membebani pembuluh darah otak dan dapat melemahkan kerja otak karena kurang mendapat oksigen dan glukosa yang segar.

3. Rokok
Rokok & asap rokok mengakibatkan sel-sel otak terbakar dan dapat menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.

4. Penggunaan gula yang berlebih
Mengkonsumsi gula buatan (gula pasir, gula merah dan lain-lain) secara berlebihan dapat mengganggu penyerapan protein dan nutrisi, sehingga otak tidak berkembang dengan sehat.

5. Polusi Udara
Otak adalah pengguna oksigen terbesar dalam badan manusia. Polusi udara menyebabkan pengurangan bekal oksigen ke otak dan keaktifan otak.

6. Tidur Berlebihan
Tidur sangat baik untuk mengistirahatkan kerja otak, namun bila berlebihan (dengan masa tidur yang panjang) dapat menyebabkan sel-sel otak mati, terutama jika kita tidur dalam keadaan menutup muka, maka otak lebih banyak menerima karbondioksida dan akan merusak otak.

7. Jarang melakukan latihan otak
Jarang berpikir berarti jarang menggunakan otak, maka akan melemahkan kemampuan otak karenan otak tidak berkembang (tidak bekerja dengan optimal) dan dapat menyebabkan kebodohan.


Tumbuh kembang otak juga dapat dipengaruhi melalui pendidikan secara efeksi dan emosi. Sejak usia dini otak harus diberi rangsangan seiring dengan pertambahan usia. Stimulan otak kiri dapat dilakukan dengan melatih bahasa, logika, matematika, membaca dan menulis. Sebaliknya, otak kanan berhubungan dengan imajinasi, emosi dan interpersonal.
Mulailah dari sekarang perhatikan perkembangan otak kita, serta anak-anak kita!

Peranan Penting Mikronutrien

Saat ini, peran mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral semakin mendapat perhatian serius. Vitamin dan mineral esensial merupakan zat gizi yang penting bagi pertumbuhan dan kesehatan. Defesiensi zat gizi tersebut dapat mengakibatkan penyakit gangguan gizi. Beberapa contoh vitamin dan mineral yang penting seperti vitamin A, B Kompleks, Vitamin C dan D, Kalsium da zat besi.

Jumlah cairan yang harus masuk dalam tubuh merupakan hal yang penting, terutama bagi bayi. Pada umumnya, anak sehat memerlukan 1000 - 1500 ml air setiap harinya. Dalam keadaan sakit seperti infeksi dengan suhu badan tinggi, diare ataupun muntaber, konsumsi air harus ditingkatkan untuk menghindari dehidrasi yang dapat berakibat fatal.

Pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada masa bayi dan anak-anak terutama balita membutuhkan asupan gizi yang baik, karena tahap ini akan menentukan perkembangan selanjutnya. Dengan gizi yang baik, seorang anak dapat bertumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang sehat dan cerdas. Tentu Anda menginginkan hal itu, bukan?

Anak Cerdas dengan HDI Honeybee PollenS dan HDI Clover Honey

Untuk membantu anak-anak dalam memenuhi kebutuhan akan zat gizi pada usia ini, High Desert memiliki produk-produk yang sangat bermanfaat yaitu HDI Honeybee PollenS dan HDI Clover Honey. Kandungan bee pollen dalam HDI Honeybee PollenS dengan komposisi nutrisi yang lengkap sangat bermanfaat untuk menormalkan nafsu makan anak, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperlancar peredaran darah sehingga meningkatkan daya pikir dan konsentrasi, serta meningkatkan stamina.

HDI Honeybee PollenS mengandung pollen lebah yang dicampur dengan madu. Pollen adalah produk perlebahan berupa serbuk berwarna emas atau kecoklatan, merupakan serbuk sari jantan pada bunga yang dibutuhkan dalam proses penyerbukan. Setiap butir pollen mengandung 500.000 hingga 5.000.000 spora pollen yang masing-masing kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki kemampuan untuk bereproduksi.

Bee Pollen telah diformulasikan secara khusus untuk anak-anak. Bee Pollen juga mengandung nutrisi penting untuk membantu perkembangan anak, serta dapat meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan anak.

Bee Pollen dikenal sebagai sumber makanan paling sempurna dari alam, kaya akan kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita

yaitu:
  • Semua asam amino esensial
  • Vitamin dengan spektrum lengkap, terutama Vitamin B12 dan E. Juga Vitamin B1, B2, B3, B5, C dan Vitamin D dengan jumlah yang signifikan.
  • Sejumlah mineral penting, termasuk kalsium, mangan, fosfor, zat besi, sodium, potassium, aliminium, magnesium dan tembaga.
  • Antioksidan, enzim dan co-enzim yang penting bagi manusia.
  • Pemicu hormon yang menstimulasi produksi hormon dan anti penuaan.
  • Karbohidrat dan asam lemak.

Manfaat Pollen

1. Meningkatkan energi dan stamina
Beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika, Finlandia, Inggris dan Swedia menunjukkan bahwa bee pollen dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

2. Sebagai Sumber Nutrisi yang Lengkap
Bee Pollen mengandung hampir semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita. Sekitar 50% kandungan proteinnya dalam bentuk asam amino dapat langsung digunakan oleh tubuh. Bee Pollen dapat membantu mencukupi nutrisi yang kurang atau yang tidak seimbang yang disebabkan oleh pola makan yang buruk atau rendah nutrisi. Kandungan nutrisi lengkap (Protein, Asam Amino, Mineral dan Vitamin) di dalam Bee Pollen juga dapat membantu  perkembangan tubuh anak-anak serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit. Selain itu Bee Pollen juga merupakan sumber nutrisi yang aman bagi ibu hamil tanpa mempengaruhi perkembangan normal janin.

3. Membantu Meningkatkan Konsentrasi dan Kinerja Otak
Bee Pollen dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah yang sehat, demikian suplai oksigen ke otak pun meningkat. Kandungan asam glutamat dalam bee pollen berfungsi untuk membawa kalium ke otak sehingga dapat membantu meneingkatkan konsentrasi serta kemampuan daya pikir pada anak-anak maupun orang dewasa. Bee Pollen juga mengandung lecithin dan asam pantotenat yang ikut berperan dalam meningkatkan kinerja otak.

4. Sebagai Antioksidan
Memiliki aktivitas sebagai antioksidan tinggi yang dapat melawan radikal-radikal bebas yang berbahaya yang dapat menghancurkan sel-sel tubuh dan mengakibatkan timbulnya penyakit degeneratif seperti penyakit Jantung, Hipertensi, Diabetes, bahkan Kanker.

Anjuran mengkonsumsi HDI Honeybee PollenS:
Bayi usia 1 bulan - 1 tahun : 1 x ½ - 1 tablet/hari
Anak usia 1 thn - 6 th : 1 x 1 - 2 tablet/hari
Anak usia 6 thn - 12 th : 2 x 1 - 2 tablet/hari
Anak 12 th - Dewasa bisa mengkonsumsi HDI Pollenergy 520 : 1 - 2 x 1 tablet/hari

HDI Clover Honey, Madu Enak Kaya Nutrisi

HDI Clover Honey memiliki keistimewaan sebagai madu yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga bunga clover yang menurut penelitian merupakan bunga yang menghasilkan nektar untuk madu dengan komposisi nutrisi yang paling lengkap seperti Vitamin A, betacaroten, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, D, E dan Vitamin K dengan mineral seperti Magnesium, Sulfur, Fosfor, Zat Besi, Kalsium, Klorida, Kalium, Yodium, Natrium, Tembaga dan Mangaan.

HDI Clover Honey selain berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, juga untuk membantu dan mempercepat proses penyembuhan penyakit. Sebagai orang tua, kita semua ingin anak kita cerdas, sehat dan kuat. Kita ingin yang terbaik untuk buah hati kita dan ingin mereka tumbuh secara maksimal. HDI Honeybee PollenS dan HDI Clover Honey merupakan suplemen nutrisi yang tepat dan seimbang yang sangat diperlukan terutama dalam masa-masa penting pertumbuhan dan perkembangannya.

Anjuran mengkonsumsi HDI Clover Honey:
2 -3 x 1 sendok makan dalam satu gelas air putih.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI