Memilih Suplemen

Memilih Suplemen

memilih suplement
Suplemen tidak bertujuan untuk menjadi pengganti makanan pokok sehari-hari karena suplemen tetap tidak bisa memberikan semua nutrisi dan manfaat dari makanan utuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Unsur yang tak tergantikan kebanyakan berasal dari buah-buahan dan sayuran, yaitu terutama unsur serat.

Saat ini, banyak sekali tersedia suplemen kesehatan atau juga dikenal sebagai food suplement. Banyak produsen yang menawarkan produk food suplement merekalah yang terbaik karena mengandung esensi makanan yang utuh sehingga harganya pun selangit.

Sebagai konsumen, tentunya kita harus tetap bijak dalam memilih suplemen kesehatan yang benar-benar berguna bagi Anda sekeluarga sehingga keuangan rumah tangga pun tetap aman.

Ada baiknya jika sebelum mengonsumsi suplemen, Anda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter yang mengetahui rekam medis kesehatan Anda, terutama bagi Anda yang menderita suatu penyakit tertentu.

Suplemen tidak bertujuan untuk menjadi pengganti makanan pokok sehari-hari karena suplemen tetap
tidak bisa memberikan semua nutrisi dan manfaat dari makanan utuh yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ada tiga alasan mengapa makanan pokok tak tergantikan oleh suplemen kesehatan, yaitu:
  1. Nutrisinya lebih bervariasi
    Nutrisi pada makanan pokok jauh lebih kompleks dan bervariasi. Sebuah jeruk, misalnya, tak hanya mengandung vitamin C tetapi ada unsur beta karoten, kalsium dan nutrisi lainnya. Beda dengan suplemen kesehatan yang hanya mengandung vitamin C dengan dosis tertentu.
  2. Serat alami
    Hampir seluruh bahan makanan, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan, mengandung serat alami.
  3. Komponen pelindung
    Seluruh makanan mengandung berbagai zat yang penting bagi kesehatan. Buah-buahan dan sayuran, misalnya, berisi alami zat yang disebut fitokimia, yang dapat membantu melindungi Anda terhadap kanker, Penyakit Jantung Koroner, Diabetes, dan tekanan darah tinggi. Banyak juga merupakan sumber antioksidan, zat yang memperlambat oksidasi yang menyebabkan kerusakan sel dan jaringan.
Jadi, suplemen kesehatan bukanlah pengganti makanan pokok, tetapi melengkapi. Melengkapi?
Ya, karena kualitas produksi bahan makanan pokok yang menurun karena berbagai faktor, nutrisinya pun
makin menurun. Selain itu, saat ini makanan pokok pun sudah banyak menggunakan pengawet dan bahan kimia. Karenanya, makanan suplemen melengkapi defisit nutrisi yang ada dalam makanan pokok.

Panduan Memilih Suplemen Kesehatan

Suplemen kesehatan bukan obat! Produk tersebut tidak langsung terasa manfaatnya sehingga harus senantiasa dikonsumsi terus menerus sehingga tentunya harus disesuaikan dengan budget rumah tangga bulanan. 
Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan beberapa faktor-faktor memilih suplemen yang cocok bagi keluarga seperti yang disarikan dari The Dietary Guidelines for Americans berikut ini:
  1. Periksa label
    Baca dahulu label produk suplemen secara seksama. Label produk memberitahu Anda tentang kandungan nutrisi dalam produk, seperti kadarnya per sajian.
  2. Mulailah dari dosis rendah
    Para ahli gizi selalu menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen kesehatan mulai dari dosis rendah. Tujuannya adalah agar tubuh dapat beradaptasi dengan nutrisi itu. Tujuan lainnya adalah jika tubuh alergi terhadap suplemen itu, efeknya tidak fatal.
  3. Jangan tergiur mega dosis
    Ada banyak produk suplemen yang menawarkan dosis tinggi sehingga memberi kesan bahwa produknya berdaya guna bagi kesehatan. Padahal, tubuh hanya membutuhkan dosis tertentu dan justru membuang kelebihannya. Sebagai contoh, seorang dewasa diajurkan untuk mengonsumsi vitamin C sebesar 65 - 90 miligram per hari dan dengan batas maksimal 2.000 miligram. Lebih dari itu, justru dapat mengakibatkan kerusakan lambung, diare, atau munculnya batu ginjal.

Periksa tanggal kadaluwarsa

Suplemen dapat kehilangan kandungan nutrisinya seiring waktu penyimpanan, terutama jika berada di daerah yang beriklim panas dan lembab.

Jika suplemen tidak mencantumkan tanggal kedaluwarsa, jangan membelinya. Jika suplemen sudah kadaluwarsa, segera buang karena justru dapat menimbulkan efek yang tak diinginkan.

Ada baiknya jika sebelum mengonsumsi sebuah produk, Anda berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter yang mengetahui rekam medis kesehatan Anda, terutama bagi Anda yang menderita suatu penyakit tertentu.

Sebuah nilai lebih jika Anda mengonsumsi produk suplemen yang terbuat dari produk alami tanpa menggunakan tambahan bahan kimia, seperti produk-produk perlebahan High-Desert yang diolah dari bahan alami dan diolah tanpa menggunakan tambahan bahan kimia. Makin bijak memilih, makin sehatlah kita.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI