Seluk Beluk Madu

Seluk Beluk Madu

seluk beluk madu, asal madu, kandungan madu, komposisi madu, memilih madu
Kita sudah mengenal dan merasakan ragam manfaat madu bagi kesehatan. Di antara kita juga sudah mengenal bahwa madu yang dikumpulkan dari beragam bunga menjadi favorit dan disukai banyak orang. Namun, banyak dari kita yang masih bertanya-tanya, "Bagaimana cara memilih madu yang bagus dan berkualitas?

Konsentrasi (Kandungan air)

Madu dengan kualitas yang baik pada dasarnya memiliki kadar air rendah. Madu mudah mengalami fermentasi jika kadar air dalam madu lebih dari 19%. Mengapa? Madu yang mengandung kadar air tinggi dan langsung dipanen dari alam mengandung jamur atau organik yang terbawa dari alam liar. Dalam madu yang memiliki kadar air tinggi, jamur itu dapat bertahan hidup dan menyebabkan fermentasi sejak periode penyimpanan.

Karenanya, jika membuka botol madu dan berbunyi “plup” atau terdapat madu yang bisa dibakar, itu karena kandungan alkohol akibat fermentasi yang tinggi, bukan pertanda madu murni.

Itu berbeda di madu dengan kadar air yang rendah. Karena konsentrasi gula tinggi, pengaruh osmosis akan menarik kadar air dalam madu sehingga jamur tidak bisa berkembang. Madu sangat bersifat higroskopis, yaitu mudah menyerap kelembaban. Dengan demikian, di daerah dengan kelembaban yang sangat tinggi, sangat sulit, bahkan tidak mungkin, menghasilkan madu berkualitas baik. Tingkat kandungan air pada madu dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut Refraktometer.

Semakin kecil kandungan airnya, semakin baik kualitas madu itu.

Madu yang mengandung kadar air di atas 20% tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Salah satu cara sederhana untuk menilai kuantitas air dalam madu adalah dengan membalikkan botol atau toples madu dan memperhatikan gelembung yang muncul dalam madu itu. Gelembung dalam madu dengan kadar air tinggi akan naik lebih cepat.

HMF (Hydroxymethylfurfural)

HMF adalah perubahan struktur kimiawi dari fruktosa (salah satu gula utama dalam madu) yang terbentuk sangat cepat ketika madu dipanaskan. Hal serupa juga dapat terjadi secara perlahan pada waktu selama penyimpanan.

Angka HMF dalam madu digunakan sebagai panduan untuk menentukan waktu penyimpanan dan menghindarkan madu dari proses pemanasan.

Kuantitas HMF dalam madu sangatlah beragam, tergantung pada jenis madu. Jika standar kadar HMF tinggi, itu menunjukkan bahwa madu itu sudah mengalami proses pemanasan yang berlebihan pada saat ekstraksi atau saat penyimpanan.

Biasanya, tingkat toleransi kadar HMF adalah sampai 40 mg/kg, sedangkan untuk madu yang berada di iklim panas kadar HMF bisa lebih dari 100 mg/kg karena pengaruh suhu. Beberapa negara menetapkan batas HMF untuk madu impor. Kadar HMF yang tinggi bisa ditengarai dari warna madu yang menjadi lebih gelap.

Kandungan Gula

Tingginya kadar HMF (lebih dari 100 mg/kg) juga dapat menjadi indikator pencampuran madu dengan gula. Saat ini, diketahui bahwa ada tiga jenis “pemalsuan” madu, yaitu pemalsuan jumlah, pemalsuan mutu, dan pemalsuan secara menyeluruh. Pemalsuan jumlah dilakukan dengan menambahkan volume madu asli dengan gula.

Pemalsuan mutu biasanya dilakukan dengan mengubah konsentrasi air madu yang tadinya tinggi menjadi agak encer dengan cara dipanaskan. 

Dan, pemalsuan menyeluruh adalah mengganti seluruh komposisi madu dengan madu buatan, jadi bukanlah madu dari lebah lagi.

Kemurnian

Bagi kebanyakan konsumen, madu berkualitas baik berwarna bersih, tidak jernih tetapi juga tidak terlalu gelap. Madu bagus yang memiliki kadar serbuk sari sangat tinggi terlihat sedikit keruh.

Sayangnya, warna yang keruh itu justru kurang diminati konsumen karena terlihat kurang menarik sehingga banyak produsen madu yang kemudian menyaring atau menggunakan proses pemanasan untuk memperoleh madu yang jernih.

Proses tersebut sebenarnya dapat mengurangi secara signifikan kandungan nutrisi pada madu. Untuk itu, jangan mudah terpikat oleh warna madu yang jernih dan berkilauan menarik mata.

Warna

Warna madu bisa sangat beragam, tergantung dari sumber tanaman atau bunga yang menghasilkannya. Warna madu diukur pada Skala Pfund dalam milimeter. Menurut riset secara umum, semakin keruh warna madu, semakin tinggi kandungan mineral (kalium, klor, belerang, besi, mangaan, magnesium, dan natrium), kandungan pH, dan semakin berasa aromanya.

Bagaimana dengan HDI Clover Honey?
Dari kelima komponen di atas, HDI Clover Honey memenuhi sebagai madu yang baik dan murni.
Karena dipanen dari dataran tinggi yang dingin namun kering, kandungan air Clover Honey tidak lebih dari 17,1%. Dari segi konsentrasi, HDI Clover Honey dapat mempunyai konsentrasi tinggi dari bentuk fisiknya yang sangat kental, menyerupai pasta. Warnanya yang putih keruh dapat menjadi indikasi kayanya HDI Clover Honey akan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Secara kasat mata, kerap dipraktikkan pengujian kemurnian HDI Clover Honey dengan cara mencampurnya dengan air di atas sebuah piring yang kemudian akan memperlihatkan konstilasi heksagonal pada permukaan madu. Itu hanyalah salah satu cara menunjukkan kemurnian madu.
Ada beberapa cara yang lain:
  • Tanpa buih - Madu yang berkualitas baik tidak mengandung buih. Timbulnya buih menandakan telah terjadi fermentasi akibat kandungan air yang tinggi. Lapisan putih seperti busa pada HDI Clover Honey bukanlah buih, melainkan kandungan royal jelly atau susu lebah.
  • Rasanya Tidak Asam - Madu yang memiliki rasa asam bertanda telah mengalami fermentasi. Selain itu, kemungkinan madu tidak ditutup rapat saat penyimpanan sehingga menyerap air dari sekelilingnya. Karena itu, madu harus ditutup secara rapat. HDI Clover Honey mengandung asam amino atau asam lemak essensial yang walaupun merupakan senyawa asam tetapi tidak berasa asam.
  • Kandungan Sukrosa Rendah - Madu yang berkualitas tinggi berdasarkan standar SNI (Standar Nasional Indonesia) tidak boleh lebih dari 10 persen. HDI Clover Honey mengandung sukrosa (1,9%), Glukosa monosakarida (34,6%), dan fruktosa (40,6%). Glukosa monosakarida dan fruktosa adalah senyawa gula sederhana yang mudah diuraikan oleh insulin dalam tubuh. Itu berbeda dengan kandungan sukrosa dan glukosa disakarida pada gula yang membutuhkan banyak insulin untuk mengurainya.
Beberapa fakta kualitas HDI Clover Honey
  • HDI Clover Honey yang ada saat ini adalah madu bunga Clover yang dipanen dari peternakan lebah yang berasal dari dataran tinggi di Selandia Baru yang beriklim kering namun dingin.
  • HDI Clover Honey mempunyai beberapa varian warna.
  • Homogenitas madu sangat dipengaruhi oleh penyimpanan dan proses masa berlakunya. Madu yang sudah terpisah atau tidak homogen merupakan salah satu indikasi bahwa madu itu merupakan madu yang lama atau telah melalui proses penyimpanan yang tidak sesuai prosedur.
Jadi, dari fakta tersebut, dapat dikatakan bahwa HDI Clover Honey adalah madu murni yang diproduksi tanpa melalui proses pemanasan dan langsung dikemas secara higienis.

Proses pengemasan yang canggih tersebut menjamin kualitas kandungan enzim, asam amino, mineral, dan berbagai nutrisi di dalamnya.

Jika sudah terbukti ada madu berkualitas di High-Desert, mengapa mencoba yang lain?

Panduan Memilih Produk HDI Clover Honey

HDI Clover Honey adalah madu murni dan kaya akan nutrisi. Pada dasarnya, semua produk HDI Clover Honey terjamin dan telah diseleksi mulai dari proses pengemasan hingga pendistribusiannya.

Fakta kualitas HDI Clover Honey
  • HDI Clover Honey yang ada saat ini adalah madu bunga Clover yang dipanen dari peternakan lebah yang berasal dari dataran tinggi di Selandia Baru yang beriklim kering namun dingin.
  • HDI Clover Honey mempunyai beberapa varian warna.
  • Homogenitas madu sangat dipengaruhi oleh penyimpanan dan proses masa berlakunya. Madu yang sudah terpisah atau tidak homogen merupakan salah satu indikasi bahwa madu itu merupakan madu yang lama atau telah melalui proses penyimpanan yang tidak sesuai prosedur.
Variasi warna HDI Clover Honey adalah putih sekali hingga yang berwarna agak kecoklatan.
Variasi warna tersebut ditentukan oleh musim, kondisi lebah, dan proses penyimpanan.
Karena diolah secara langsung dan alami, madu yang dipanen diambil apa adanya, tanpa penambahan zat kimiawi sedikitpun. Variasi warna tersebut tidak mempengaruhi kualitas madu.

Karena proses penyimpanan yang tidak sesuai prosedur yang ditentukan, beberapa konsumen mendapati madu berubah warna dan terpisah kekentalannya.

Karenanya, setelah dibuka, Clover Honey harus disimpan dari lemari pendingin dan hindarkan dari tempat yang terpapapar sinar matahari langsung atau bersuhu tinggi.
DAFTAR ISI | DAFTAR HARGA | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109
BBM 5BC75B8A


0 komentar :
Posting Komentar

Promo BSKIN Series 2017

New Promo BSKIN Series hadir karena kami menyadari bahwa BSKIN Cleanser adalah produk yang paling cepat habis dalam rangkaian perawat...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
  1. Paket Four Star Easi Starter
  2. Promo BSKIN Series 2017
  3. Paket BSKIN Easi Starter
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109 pinbb. 5BDCC02E

POPULAR POSTS

Recent Comments

Enterpriser




I001200518A
PIMALATI SARI

I001200510D
RUTH E.T PARDEDE

I001200463A
YAYUK SRI RAHAYU

I001192351G
HAFIDAH

I001192305E
CONG CIN MIN

I001190173G
KHAIRINA MUFIDA

I001186483B
RUSDIYANTO

I001186227K
SITI CHODIJAH

I001184756B
SUGIARTO

I001184757C
KARSIDI

I001184739G
SUKAENI

I001182519J
THAIB DJAFAR

I001182146K
SUPRIADI S.

I001182139C
WINDU YULI MARYATI

I001182083B
VIVI NYOO

I001182081L
DONY AGUS PRIYANTO

I001179843F
EVA JULIA SITUMEANG

I001179542B
RAHMAITUL BANCIN

I001170940B
ENGELHART TITUS LAMOGIA

I001171831B
TERIANA

I001170679E
TESA PRAYUGI PUTRA

I001169498A
YENNIE AYESHA SARAUN

I001162318D
WIWIK MEGAWATI

I001161220F
ERDINI ENGGAR SETYAWATI

I001161211H
NARULINDA

I001160109F
ATRI HENTINI

I001160107D
ISMAIL

I001160117C
JUNITA MARGARETH

I001140520H
FRANSISKA REMILA

I001154875H
SHERLY LIANI

I001148234L
RIRIN NURNIAWATI AS

I001148232J
SANIA GINA ANDREA

I001147672K
DHARMIKA WIJAYA SAKTI

I001146327G
YANNI HARMONIS

I001147008F
HASMAWATI RAWOSI

I001145101B
MAYA UNTARI

I001144324F
NOVI MARIA CHRISTIANI

I001140142D
DYAH PUSPASARI

I001132428A
MARSELLA

I001133096J
AHMAD JUAENI

I001132979B
INDAH YUNI WINDIASTUTI

I001132850E
ANDRY

I001127061B
ALEXANDRA WAHJUNI K

I001127054F
ENDAH SRI SETYOWATI

I001127041D
MATHILDE FRANSISKA WETA

I001130655K
EKA CAHYANINGSIH

I001127018C
ARIEF BUDIMAN

I001127087F
ELIONORA MARIA ELITAN

I001126963C
JUDITH M. FERDINANDUS

I001126999F
DIAN ANDRIANI

I001126998E
SUTARNI

I001126457C
WIDO SUPRAHA

I001125293E
SRINATUN

I001124489D
SYLVIA

I001123001A
FITRI NURWIYATI

I001122489F
PURWADI JATI NUGROHO

I001115110H
RESTU HERMALASARI

I001115102L
CAROLINE KOSASIH

I001114165J
MEILIN FASTINA

I001111745J
OCHTAFIANI

I001103950B
DEWI YULIANA

I001103926L
AGATHA AMELIA

I001100293H
ANDHO ORLANDO

I001095668C
SUNITA MUNTHE

I001093512C
IKA YULIANTI

I001088095J
RINTIS TRISTIANINGRUM

I001087613L
EMY DARMAWANTI

I001087831J
JUN KIUN KHOESWANTO

I001086615C
RISA YULIATRI

I001081711E
IMFI SUNG

I001081387L
ASTRI WINANTI

I001074826F
SITI NURJANAH

I001073951L
FAIZA ACHMAD

I001073549E
MARYATI

I001070974D
ANG IU NIE

I001070193D
JONATHAN PERANGIN-ANGIN

I930796H
DINA M. ROTUA NAPITUPULU

I962591B
IRAWATI

I964954L
FESKY TRISTANTY AS

I979692J
NOVITA LAMANTU

I984882G
NORVITA MANALU

I001003157B
SHINDU DARMAYANTI

I999971D
DINI ASTRIANA

I001001673C
MELISA

I001004494H
VANIA KRISTIANA

I001006208F
HESTI M HASAN

I001006583G
LUTVI SURYADI

I001006895L
BERTHARIA TIMOTIUS

I001009179G
LAE JULIA NURHAEDA

I001012249H
SHANTI SUTANTO

I001014371G
HAPPY MIRNAESTI W

I001014891K
RR TUTIK RATNA NINGSIH

I001018858F
EGIS SEPTIANA INDRIANI

I001018913F
WIWIK PRAMITA SARI

I001020737D
ELISABETH ENDAH ARSI WASANTI

I001021817F
INAYATUN

I001029925G
HENDRO NUR PRASETYO

I001034039G
MUAMMAR

I001034101C
NOVI DAMIRATANA

I001038419J
KOMANG LILIK MAHAYUNI

I001038843D
EFRIDA SARI NASUTION

I001039816J
YAN SARTIKA

I001040505E
FENTY KURNIA RAHAYU

I001040508H
SANTI HIDAYATI

I001040585H
NATHALIA SUSANTI TANAPUTRA

I001040586J
MUHAMMAD ALI HANAFIAH

I001041509H
ABDUL ROCHIM FAUZAN

I001041516D
DWI ISNAINI

I001048609B
AGUS ARITONANG

I001056494L
BUDI RAHAYU

I001058249F
SISKA DERIZA

I001059147B
MIELY


I001145104E
SAONA TALANTAN

I001066681A
ROFIQOH