Produk atau System

Produk atau System

Produk vs system
Seorang Pedagang / Penjual / Marketing atau Salesman menganggap produk adalah yang utama karena produk yang bagus berdampak langsung dengan penjualan.
Sedangkan pemilik bisnis lebih mementingkan Sistem yang baik terlebih dahulu walaupun tidak mengesampingkan faktor produk yang baik.

Dalam Buku The Cashflow Quadrant, Robert T Kiyosaki membagi 4 kuadran penghasilan, yaitu:
  • Karyawan / pegawai (Employee), 
  • Pemilik Bisnis kecil (Self-Employeed), 
  • Pemilik Bisnis Besar (Business Owner), dan 
  • Investor. 
Kuadran E (Employee) adalah karyawan/pegawai yang pendapatannya dari gaji tetap yang diterima berdasarkan jam kerja dari segala jenis bidang usaha atau instansi.
Karyawan sangat bergantung dengan kuadran B (Business Owner) sehingga apabila sebuah perusahaan bangkrut maka karyawannya adalah pihak yang tidak aman. Sudah terlalu banyak kejadian yang bisa menggambarkan hal ini, mulai dari PHK, kebangkrutan ataupun penyitaan aset karena suatu perkara.
Walaupun banyak yang menganggap menjadi karyawan adalah profesi yang aman karena selalu mendapatkan penghasilan tiap bulannya. Perusahaan bisa saja membekukan usahanya di saat krisis dan membuka lagi ketika situasi sudah membaik. Toh pemilik bisnis sudah memiliki kekayaan yang cukup untuk bertahan di saat krisis.

Kuadran S (Self-Employeed) diisi oleh tenaga ahli yang melakukan usaha sendiri atau berwiraswasta, seperti designer, tukang cukur, salon, penjual toko kelontong, dokter praktek di rumah, atau tenaga ahli lainnya. Hasil memang lebih besar, namun perlu diingat kita memiliki batas waktu dan juga dalam fisik.
Jika sampai usia tua kita menjalankan pekerjaan sendiri maka bisa dipastikan kesehatan Anda akan cepat memburuk dan kemungkinan waktu untuk keluarga akan berkurang karena kita sibuk di bisnis tersebut.

Kuadran B (Business Owner) adalah pemilik bisnis yang tangguh. Disebut tangguh karena telah berhasil membangun sistem yang baik dan mempekerjaan orang-orang pintar.
Hampir tidak memerlukan lagi campur tangan dari B dalam bisnisnya karena perusahaannya sudah berjalan dengan sendirinya sesuai sistem yang dibangunnya. Semua urusan kantor dan client diurus oleh manajernya. Ia bahkan bisa meninggalkan perusahaannya beberapa saat dan di saat kembali menemukan perusahaannya tetap berjalan dan bahkan lebih baik.

Kuadran I (Investor) adalah orang yang memiliki modal yang besar dan mampu berinvestasi dengan uang tersebut untuk menghasilkan lebih banyak uang lagi. Seringkali Investor membeli sistem dari Kuadran B karena tidak perlu membangun sistem dari awal. Membeli sistem dari kuadran B lebih dikenal dengan nama membeli franchise, contohnya KFC dan McDonald's. Jika Anda punya uang lebih maka Anda bisa membeli sistem mereka dan semua itu sudah berjalan tanpa campur tangan Anda.

Anda pasti mengenal brand / franchise terkenal seperti KFC, Dunkin' Donuts, McDonald's atau mungkin Anda pernah makan di resto atau cafe yang setiap pegawainya tersenyum dan menyapa Anda ketika Anda lewat. Anda mungkin tertarik dengan keramahan mereka, kemudian Anda diantar dan dipersilahkan duduk di ruangan yang nyaman. Kemudian Anda disuguhi daftar makan dan memesan beberapa makanan yang bernama kebarat-baratan.

Mungkin setelah Anda makan Anda berpikir bahwa makanan seperti ini bisa Anda dapatkan di warung makan biasa dengan rasa lebih enak dan tentunya harga lebih murah.
Namun mengapa resto atau cafe tersebut masih bisa bertahan dan meningkatkan labanya?
Saya yakin ada banyak orang yang bisa membuat ayam goreng lebih lezat dari KFC, atau bisa membuat donut lebih empuk dan enak daripada Dunkin' Donuts, tetapi mengapa sampai sekarang tidak banyak yang bisa menjadi kompetitor serius bagi mereka? bahkan semakin banyak saja Investor yang membeli franchise mereka.

Ini dikarenakan ada perbedaan diantara produk dan sistem.

4 Type Cashflow Quadran

Jadi disini sistem lebih penting daripada produk. Jika Anda percaya bahwa Anda bisa membuat ayam goreng atau donut yang lebih lezat maka Anda bisa mengalahkan mereka, asal Anda memiliki system sebagus mereka.

Jadi jika Anda ingin terjun ke bisnis atau mendirikan sebuah usaha, maka hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah sistem bisnis tersebut. Ketika sistem itu berjalan dengan baik maka campur tangan Anda akan semakin sedikit dan akhirnya Anda bisa melakukan aktifitas lain bersama keluarga atau mendirikan usaha lain. Produk memang penting tapi pikirkan dahulu sistemnya.

Untuk membangun bisnis besar memang diperlukan sistem dan produk yang baik. Jika punya uang lebih Anda bisa membeli sistem franchise dan mempelajarinya. Karena sistem mereka sudah direncanakan dan diuji dengan baik.

Saran Robert T Kiyosaki adalah mengikuti MLM yang baik, karena dengan modal yang relatif kecil Anda bisa belajar tentang bisnis besar.
MLM yang baik akan membantu anggotanya dalam mengembangkan jaringannya dan membuka kesempatan yang sama bagi setiap distributornya untuk belajar sekolah bisnis melalui support system yang disediakan secara lengkap dan berjenjang.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI