Produk Perlebahan

Produk Perlebahan

Produk Perlebahan
Sejak beratus tahun yang lalu produk lebah, madu, propolis, royal jelly telah dikonsumsi masyarakat sebagai seplemen atau obat. Salah satu khasiat yang diharapkan dari produk lebah adalah manfaatnya sebagai antioksidan.

Antioksidan merupakan substansi yang mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat molekul-molekul yang tidak stabil yang dikenal dengan radikal bebas. Antioksidan bekerja dengan cara menghambat pembentukan oksidan, menyela (intersep) oksidan-oksidan begitu terbentuk dan memulihkan kerusakan yang dipicu oleh oksidan. Antioksidan menghambat auto oksidasi group-group radikal bebas termasuk menghambat per-oksidasi lemak. Antioksidan biasanya adalah senyawa-senyawa aromatik phenol.

Produk perlebahan yang telah diperkenalkan High Desert adalah HDI Clover Honey, HDI Royal Jelly, HDI Pollenergy 520 dan HDI Bee Propolis.

HDI Clover Honey

Sampai saat ini ada 5 konsep tentang tentang madu yang dikaitkan dengan kesehatan yaitu:
  1. Madu sebagai antioksidan
  2. Madu berperan sebagai antimikroba
  3. Madu sebagai sumber energi
  4. Madu untuk memperbaiki dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami melawan keadaan-keadaan klinis tertentu.
  5. Madu sebagai sumber beraneka ragam nutrien antara lain; asam amino, vitamin, mineral dll.
Secara farmakologi, manfaat madu telah banyak dikaji, beberapa diantaranya kelihatan tumpang tindih dalam penggunaan pollen, propolis dan royal jelly. Oleh karena itu penelitian khasiat Farmakologi tiap produk perlebahan terus berlangsung. Berdasarkan data yang ada Bee Pollen lebih menonjol sebagai antioksidan, propolis bermanfaat dalam meningkatkan imunitas tubuh dan royal jelly meningkatkan energi pemakai.

Kapasitas antioksidan produk perlebahan dari berbagai jenis madu telah dikaji dengan seksama di Universitas Illinois dengan membandingkan nilai ORAC. Dari penelitian ini diketahui bahwa produk lebah banyak mengandung phenol, asam ascorbat dan enzim-enzim glucose oksidase, katalase dan peroksidase. 

Kapasitas antioksidan produk lebah kelihatannya terutama berkaitan dengan komposisi senyawa phenol. Meskipun kebanyakan madu mempunyai banyak kemiripan tetapi secara kuantitatif menunjukkan adanya perbedaan tampilan senyawa phenol. Oleh karena itu kapasitas antioksidan produk perlebahan sangat bervariasi bergantung jenis flora yang dihinggapi lebah. Yang perlu dicatat adalah bahwa dibandingkan dengan sucrose yang tidak memiliki khasiat antioksidan, maka madu lebih enak dan dapat menjadi sumber suplemen antioksidan.

HDI Bee Propolis

Propolis mengandung resin, wax, minyak eter dan pollen. Propolis kaya dengan asam amino, hal ini penting dalam fungsi sistem imunitas tubuh. Selain itu produk lebah mengandung banyak bioflavonoid. Bioflavonoid sebagai antioksidan dilaporkan mampu mengikat radikal bebas dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan bioflavonoid dalam satu gram propolis setara dengan 400 gram buah jeruk.

Propolis memiliki khasiat lain diluar anti oksidan adalah anti mikroba, anti tukak, anti tumor. Akan tetapi kandungan propolis bergantung pada jenis tanaman yang dihinggapi lebah, dengan kata lain bergantung pada lokasi/daerah, waktu/musim dan jenis bunga/tanaman.

HDI Royal Jelly

Selama ini diketahui bahwa royal jelly terutama di indikasikan untuk meningkatkan energi tubuh dan meningkatkan proses regenerasi sel-sel tubuh. Berbeda dengan propolis, kandungan royal jelly relatif konstan. Kandungan utama royal jelly adalah air, protein, gula, lemak dan mineral.

Madu, Propolis dan royal jelly mengandung phytonutrien yang bermanfaat dalam mencegah proses kanker dan khasiatnya sebagai anti tumor. Bahan-bahan tersebut diantaranya adalah golongan asam caffeat (caffe acid). Berdasarkan penelitian bahan-bahan tadi sebagai anti tumor yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas enzim pospolifase dan lipoxigenase.

Namun bila produk lebah diolah dan dipanasi secara berlebihan maka khasiat phytonutrien ini sebagian besar hilang. Selain itu asam caffeat adalah senyawa phenol yang berkhasiat sebagai antioksidan. Dalam hal meningkatkan imunitas tubuh asam caffeat merupakan inhibitor spesifik dari NTF, NFkB. Dengan demikian menghambat laju pembelahan sel-sel yang mengalami tranformasi.

Hambatan aktivitas lipoxigenase akan memberikan khasiat anti inflamasi. Selain itu derivate asam caffeat menunjukkan efek hambatan pembentukan ROS. ROS diketahui berperan penting dalam mengaktifkan NFkB.

HDI Pollenergy 520

Enzim-enzim bee pollen dan propolis masih ditemui di dalam madu yang benar-benar murni. Enzim inilah yang berperan sebagai anti virus dan anti mikroba produk perlebahan dalam menyuci-hamakan luka-luka dan menyembuhkan luka. Ezyme glucose oxidase bersama dengan air akan menghasilkan hydrogen peroxida yang nantinya bertindak sebagai antiseptik.

Bee pollen merupakan antibiotik alami paling potensial dan pencegah infeksi seperti flu-pilek. Khasiat stimulasi immunitas pada bee pollen:
  • Menormalkan fungsi metabolisme
  • Merangsang selera makan
  • Immunomodulator terhadap berbagai reaksi allergi
  • Antioksidan
Khasiat bee pollen sebagai immunomodulator dan antioksidan dimungkinkan karena produk lebah ini kaya dengan protein (termasuk 22 asam amino), vitamin (18 vitamin termasuk vitamin C, E dan A), mineral, flavonoid dan berbagai enzyme.

Bee pollen kaya dengan flavonoid glycoside yang memiliki khasiat antioksidan. Pada kenyataannya kapasitas antioksidan bee pollen lebih tinggi daripada buah-buahan yang paling tinggi kadar antioksidannya (pomegranates). Namun bee pollen adalah produk perlebahan dengan rendah kalori.

Mekanisme Kerja Produk Perlebahan Sebagai Antioksidan

Sampai saat ini mekanisme produk lebah sebagai antioksidan sama seperti antioksidan flavonoid lainnya yaitu:
  • Mencegah oksidasi sejak awal reaksi
  • Menghambat proses oksidasi segera saat reaksi terjadi
  • Memperbaiki kerusakan akibat oksidasi
Dengan demikian efek antioksidan produk perlebahan akan memberikan khasiat:
  • Anti tumor. dengan cara menghambat enzim-enzim yang berperan dalam pembelahan sel, angiogenesis dan apoptosis (kematian sel).
  • Anti Inflamasi, menghambat aktivitas enzim COX dan LOX yang dibutuhkan dalam pembentukan mediator inflamasi; serta menghambat histamin.
  • kardiovaskular; mencegah aterosklerosis dan thorombosis dengan cara melindungi LDL dari proses oksidasi dan menurunkan agregasi platelet.

Peran Antioksidan Produk Perlebahan Terhadap Imunitas Tubuh

Peran antioksidan terhadap imunitas tubuh dari penelitian Al-Waili yang memberikan madu secara infus melalui vena maka dijumpai peningkatan kadar gula darah hanya untuk waktu 90 menit pasca infus, setelah itu kadar gula turun lebih rendah dari saat puasa. Pemberian madu secara intra vena berkhasiat melindungi hati dari klroform. Tahun berikutnya Al-Waili meneliti efek penggunaan madu selama 15 hari maka dijumpai penurunan kolesterol, CRP, Homosistein dan kadar gula darah puasa.

Bila diberikan pada penderita dengan hipertrigliseritemia ternyata madu mampu menurunkan lemak, begitu juga pada penderita hiperlipidemia, madu menurunkan kolesterol. Madu dapat meningkatkan sekresi insulin yang lebih besar daripada yang disebabkan oleh pemberian sukrose. Pada penelitian lain Al-Waili menemukan bahwa pemberian madu peroral akan merangsang pembentukan antibodi selama respon imun primer dan sekunder.

Produk perlebahan madu, royal jelly, propolis dan pollen mengandung antioksidan dalam bentuk flavonoid, enzim, vitamin dan mineral. dibandingkan dengan flavonoid dari sumber lain, kapasitas antioksidan dari produk perlebahan jauh lebih besar. Khasiat antioksidan produk perlebahan telah terbukti dengan makin nyatanya perbaikan imunitas tubuh pemakai.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI