Essential Tremor - Gemetaran

Essential Tremor - Gemetaran

Essential Tremor
Essential Tremor adalah gangguan sistem saraf yang menyebabkan tubuh bergetar secara ritmik dengan sendirinya. Kondisi ini bisa terjadi pada bagian tubuh manapun.

Essential Tremor merupakan gerakan gemetar akibat kontraksi otot yang tidak terkontrol. Frekuensi getaran berkisar antara 4 hingga 12 kali per detik.

Essential Tremor dapat terjadi di hampir seluruh bagian tubuh, misalnya di ujung lengan atau tungkai, pinggang, bagian wajah, bahkan pita suara. Meski demikian, paling sering terjadi pada tangan. Gejala yang paling gampang dilihat, orang tangannya gemetaran saat memegang apa saja, contohnya mangkuk bakso atau gelas minum.

Gejala

Seseorang bisa saja mempunyai penyebab tremor yang berbeda dengan orang yang lainnya, itu semua tergantung dengan jenis tremor yang diderita oleh penderita, tapi yang paling sering ditemukan adalah pada tangan, terutama ketika penderita melakukan aktivitas ringan seperti minum air dari gelas, mengikat tali sepatu, menulis atau bercukur.

Essential Tremor juga bisa menyerang kepala, suara, lengan dan kaki. Meski tidak berbahaya, Essential Tremor dapat memburuk dari waktu ke waktu, bahkan bisa jadi parah pada orang-orang tertentu. Kondisi ini dapat menyerang orang dari usia berapapun tapi paling sering terjadi pada orang-orang berusia 40 tahun ke atas.

Penyebab

Penyebab gangguan ini biasanya adalah mutasi genetik dan perubahan bagian-bagian tertentu pada otak. Adapun gejala yang timbul biasanya dimulai secara bertahap, makin parah jika digunakan untuk bergerak, terjadi pada tangan terlebih dulu, baik itu satu tangan maupun keduanya.

Selain itu, terkadang kepala ikut bergerak seperti mengangguk-angguk atau geleng-geleng. Hal ini dapat diperparah dengan stres, kelelahan, konsumsi kafein atau suhu ekstrim.

Untuk menanganinya, pasien biasanya diberikan obat antikejang, terapi, dan operasi.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI