Cara Memilih Madu

Cara Memilih Madu

Cara Memilih Madu
Kita sudah mengenal dan merasakan ragam manfaat HDI Clover Honey bagi kesehatan. Madu yang dikumpulkan dari beragam bunga itu menjadi favorit karena mempunyai nutrisi yang lebih lengkap. Namun, banyak dari kita yang masih bertanya bagaimana cara memilih madu yang bagus dan berkualitas? Secara sederhana, kualitas madu dapat dilihat dari beberapa faktor berikut.

Konsentrasi (Kandungan air)
Madu dengan kualitas yang baik pada dasarnya memiliki kadar air rendah. Madu mudah mengalami fermentasi jika kadar air dalam madu lebih dari 19%. Karena dipanen dari dataran tinggi yang dingin namun kering, kandungan air Clover Honey tidak lebih dari 17,1%. Dari segi konsentrasi, HDI Clover Honey dapat mempunyai konsentrasi tinggi dari bentuk fisiknya yang sangat kental, menyerupai pasta. Tingkat kandungan air pada madu dapat diukur dengan menggunakan alat yang disebut Refraktometer. Semakin kecil kandungan airnya, semakin baik kualitas madu itu.

HMF (Hydroxymethylfurfural)
HMF adalah perubahan struktur kimiawi dari fruktosa (salah satu gula utama dalam madu) yang terbentuk sangat cepat ketika madu dipanaskan. Biasanya, tingkat toleransi kadar HMF adalah sampai 40 mg/kg, sedangkan untuk madu yang berada di iklim panas kadar HMF bisa lebih dari 100 mg/kg karena pengaruh suhu. Kadar HMF yang tinggi dapat dilihat dari warna madu yang menjadi lebih gelap. HDI Clover Honey mempunyai HMF rendah karena berwana putih cerah.

Kandungan Gula
Tingginya kadar HMF (lebih dari 100 mg/kg) juga dapat menjadi indikator pencampuran madu dengan gula.
Madu yang dicampur dengan gula encer bersifat encer dan berwarna cerah karena mengalami proses pemanasan. HDI Clover Honey berwarna putih keruh karena murni dan kaya akan mineral.

Warna solid
Warna madu bisa sangat beragam, tergantung dari sumber tanaman atau bunga yang menghasilkannya. Warna madu diukur pada Skala Pfund dalam milimeter. Menurut riset secara umum, semakin keruh warna madu, semakin tinggi kandungan mineral (kalium, klor, belerang, besi, mangan, magnesium, dan natrium), kandungan pH, dan semakin berasa aromanya.

Bedakan Buih dan Lapisan Putih
Dalam HDI Clover Honey, terkadang terdapat lapisan semacam buih berwana putih yang merata di atas permukaan. Sebenarnya, itu adalah kandungan royal jelly atau susu lebah. Ini perlu dibedakan secara seksama karena ada beberapa madu yang berbuih karena diindikasikan sebagai efek fermentasi.

Rasanya tidak asam
Madu yang memiliki rasa asam bertanda telah mengalami fermentasi. HDI Clover Honey mengandung asam amino atau asam lemak esensial yang walaupun merupakan senyawa asam tetapi tidak berasa asam.

Kandungan sukrosa rendah
Madu yang berkualitas tinggi berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) tidak boleh lebih dari 10 persen. HDI Clover Honey mengandung sukrosa (1,9%), Glukosa monosakarida (34,6%), dan fruktosa (40,6%).

Jadi, dari fakta tersebut, dapat dikatakan bahwa HDI Clover Honey adalah madu murni yang diproduksi tanpa melalui proses pemanasan dan langsung dikemas secara higienis. Dengan kandungan air yang sangat rendah, kemungkinan HDI Clover Honey mengalami fermentasi sangatlah minim.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI