Probiotik

Probiotik

probiotik, probiotics, probiotic
Probiotik adalah istilah yang digunakan pada mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain atau inangnya. Bakteri berguna dengan asam laktat bakteri (lactic acid bacteria/LAB) adalah mikroba yang paling umum dipakai dalam makanan suplemen diet.

LAB (Lactic Acid Bacteria) telah dipakai dalam industri makanan bertahun-tahun karena mereka mampu untuk mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Ini tidak hanya menyediakan rasa asam yang unik dari dairy food fermentasi seperti susu fermentasi, tapi juga berperan sebagai penyedia, dengan cara mengurangi pH dan membuat kesempatan organisme merugikan untuk tumbuh lebih sedikit.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari probiotik mulai dari memperkuat imunitas tubuh, mengurangi efek antibiotik, mencegah peradangan, menyehatkan sistem pencernaan hingga mengurangi intoleransi laktosa.

Karena dinilai banyak manfaat dan harganya yang relatif mahal, terkadang orang terlalu berlebihan menilai manfaat probiotik. Untuk itu, ketahuilah fakta-fakta tentang probiotik di bawah ini agar uang yang dihabiskan untuk probiotik tidak sia-sia.

1. Probiotik bukan obat 

Meskipun produk probiotik aman dikonsumsi, pastikanlah produk yang dikonsumsi sudah berizin Badan Pengawas Obat dan Makanan. Produk yang tidak terdaftar di BP POM, kemungkinan besar tidak lolos uji sehingga bisa berbahaya.

2. Efek samping

Pada beberapa orang mungkin akan merasakan beberapa efek samping seperti mengalami gas berlebihan di sistem pencernaan. Tapi jangan khawatir karena hal ini biasanya hanya bersifat sementara. Seandainya efek ini berlanjut, sebaiknya hentikan konsumsi produk.

3. Jumlah bakteri dan kadaluarsa

Jumlah bakteri pada setiap produk tidak sama dan sangat tergantung pada pengulturan yang dilakukan oleh produsen produk. Yang wajib diwaspadai adalah masa kadaluarsa produk. Masa kadaluarsa sangat erat kaitannya dengan banyaknya bakteri yang mati sehingga menghilangkan manfaat produk yang dikonsumsi.

4. Aturan pakai

Agar efektif, selalu perhatikan aturan pakai yang tertera dalam label. Perhatikan pula jenis bakteri – genus dan spesias – yang seharusnya tercantum dalam label.

Setelah tahu empat fakta probiotik di atas, pastikan lebih bijak saat membeli dan mengonsumsi
makanan yang mengandung probiotik. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter perlu tidaknya mengonsumsi produk jenis ini.

Suplemen Probiotik atau Prebiotik?

Sebelum mengonsumsinya, bedakan terlebih dulu kandungan prebiotik dan probiotik. 
Probiotik adalah bakteri hidup yang diberikan sebagai suplemen makanan yang mempunyai pengaruh menguntungkan pada kesehatan pada manusia.
Prebiotik adalah substrat yang memicu pertumbuhan bakteri baik, biasanya berbentuk oligosakarida dan serat pangan. Gabungan keduanya menghasilkan apa yang dinamakan Sinbiotik.

Minuman tersebut bisa dikonsumsi tetapi jangan berlebihan. Mengonsumsi sumber probiotik dan prebiotik secara berlebihan justru mengakibatkan Probiotic Bacteremia (di dalam darah terdapat bakteri berlebihan). 

Perlu diketahui bahwa sejumlah efek samping mengonsumsi suplemen probiotik dapat terjadi, antara lain kentut, bengkak, dan kadang terjadi komplikasi, bahkan dapat menyebabkan infeksi. Menurut beberapa sumber, suplemen dapat menyebabkan stimulasi terlalu banyak pada sistem imun sehingga malah tidak dapat berfungsi optimal.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109
BBM 5BC75B8A


0 komentar :
Posting Komentar

Promo BSKIN Series 2017

New Promo BSKIN Series hadir karena kami menyadari bahwa BSKIN Cleanser adalah produk yang paling cepat habis dalam rangkaian perawat...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
  1. Paket Four Star Easi Starter
  2. Promo BSKIN Series 2017
  3. Paket BSKIN Easi Starter
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109 pinbb. 5BDCC02E

POPULAR POSTS

Recent Comments