Susu Untuk Ibu Hamil

Susu Untuk Ibu Hamil

Susu Untuk Ibu Hamil
Persoalan mengenai perlukah ibu hamil mengonsumsi susu khusus ibu hamil memang bukan persoalan baru. Susu ibu hamil sebenarnya adalah makanan yang disarikan supaya bisa dikonsumsi dengan mudah.

Produsen susu A yang memproduksi susu khusus untuk ibu hamil ngotot bahwa susu produksinya lebih lengkap buat ibu hamil, sedangkan produsen B mengunggulkan produk susunya tidak membuat eneg sehingga gampang diminum oleh ibu hamil.

Ujung-ujungnya, banyak kepentingan yang bicara di sini, terutama kepentingan marketing. Nah, untuk menyikapinya, simak fakta-fakta berikut ini.

Ibu hamil sebaiknya minum susu

Ibu hamil perlu makanan tambahan karena juga harus mencukupi nutrisi janinnya, selain untuk dirinya sendiri. Penambahan itu mencakup kalori, protein, kalsium, vitamin, dan mineral.
  • Kalori: Dibutuhkan sebanyak 300 kkal per hari. Kalori sangat penting untuk pembentukan energi tubuh.
  • Protein: Dibutuhkan sekitar 12 gr per hari untuk pertumbuhan janin, plasenta, cairan amnion, jaringan uterus, hemoglobin, plasma protein, serta untuk cadangan saat melahirkan dan menyusui.
  • Kalsium: Diperlukan sekitar 30 gr kalsium selama kehamilan untuk pembentukan tulang dan gigi janin, serta peningkatan metabolisme.
  • Vitamin: Per hari, dibutuhkan 200 mikrogram RE vitamin A; 10 mikrogram vitamin D; 10 mg vitamin E; 65 mg vitamin K; 0,2 mg tiamin; 0,2 mg riboflavin; 0,1 mg niasin; 0,3 mikrogram vitamin B12; dan 150 mg asam folat.
  • Mineral: Per hari, dibutuhkan 20 mg zat besi, 5 mg seng, 400 mg kalsium, 25 mikrogram yodium, 15 mikrogram selenium.
Nah, susu yang terbuat dari susu sapi dianggap merupakan sumber nutrisi di atas yang mendekati ideal.

Minum susu tidak menggantikan makan

Susu bersifat menyempurnakan, tidak menggantikan makan. Soalnya, susu juga punya kelemahan, yaitu kurang zat besi. Padahal, zat besi pun amat penting untuk ibu hamil. Jadi, jangan dibalik. Bukan susu yang digunakan untuk mencapai kebutuhan gizi ibu hamil, melainkan mak anan yang dikonsumsi sehari-hari.

Kandungan gizi susu biasa dengan susu ibu hamil setara

Menurut penelitian para ahli gizi, kandungan susu khusus ibu hamil dengan susu sapi biasa setara. Memang, ada beberapa susu khusus ibu hamil yang menambahkan zat tertentu, semisal asam folat, yang berguna untuk pertumbuhan otak bayi atau serabut-serabut sarafnya. Namun, bila si ibu mengonsumsi hati sapi dan kacang- kacangan, tak perlu lagi harus minum susu mengandung asam folat.

Tidak ada merk susu khusus ibu hamil yang terbaik

Saking banyaknya merek susu ibu hamil di pasaran, masyarakat justru menjadi bingung. Pertanyaan yang sering terungkap, "Terus, merek susu ibu hamil apakah yang paling baik?" Dari hasil membandingkan beragam merek susu ibu hamil di pasaran, beberapa sumber menyimpulkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam masing-masing merek tidak mempunyai perbedaan yang signifikan. Perbedaannya sebatas variasi dengan menurunkan kandungan lemaknya sehingga mengurangi rasa mual, perbedaan rasa, dan penambahan asam folat yang sebenarnya bisa tergantikan.

Dari fakta-fakta tersebut, disimpulkan bahwa susu khusus ibu hamil bersifat subtitutif, dapat tergantikan. Jika ada ya syukur, tidak ada ya tak  mengapa. 

Perlu digarisbawahi bahwa harga susu khusus ibu hamil relatif lebih mahal dibanding susu  biasa. Jadi, bijaksanalah dalam mengeluarkan anggaran bulanan. Jangan sampai termakan iklan marketing yang sekedar menonjolkan keunggulan produk yang dipasarkan. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Selain susu, masih banyak anggaran yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kedatangan si jabang bayi, bukan?

Karena Ibu layak mendapat yang terbaik

HDI FourStars - 4 Produk HDI yang dapat membantu menyediakan nutrisi bagi ibu hamil, sekaligus membantu mengatasi gangguan selama kehamilan. Merupakan suplemen kesehatan yang bersifat alami dan sangat aman untuk ibu hamil.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI