Cita-cita

Cita-cita

cita-cita
Cita-cita merupakan tujuan hidup yang dapat kita raih jika kita memiliki motivasi yang kuat. Persaingan yang ketat di zaman sekarang ini, menuntut para orang tua untuk membimbing anaknya meraih cita-cita yang mereka inginkan agar tidak menyesal di kemudian hari.

Para orang tua harus “jeli” melihat bakat terpendam sang buah hati sejak dini, agar tidak salah dalam mengarahkan bakat sang anak. Selain itu, orang tua juga harus menanamkan dalam diri anak mengenai proses belajar.

Karena belajar merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan ilmu dan perlu dilakukan terus menerus agar anak tumbuh menjadi “pembelajar” seumur hidup. Hal tersebut tentunya akan menumbuhkan motivasi bagi anak dalam menggapai cita-citanya.

“Kamu kalau sudah besar mau jadi apa, nak?”, tanya seorang ibu kepada anak sulungnya. “Aku mau jadi dokter, ma,” jawabnya. Lalu, ibunya bertanya kepada anak bungsunya dengan pertanyaan yang sama. Dengan tegas anak bungsunya menjawab, “Kalo aku mau jadi polisi...”

Ada beberapa cara yang dapat digunakan orang tua untuk menumbuhkan motivasi anak agar dapat meraih cita-cita, di antaranya:

Tanyakan cita-citanya dan beri gambaran tentang cita-cita itu.

Orang tua harus mengetahui terlebih dahulu cita-cita sang anak. Tanyakan mengapa memilih cita-cita tersebut. Setelah itu, berikan gambaran kepada anak tentang baik buruk, pantas atau tidaknya cita-cita tersebut untuk mereka.

Bantu menghadapi kesulitan

Saat anak kesulitan dalam menghadapi pelajaran di sekolahnya, bantulah mereka dengan cara memberikan bimbingan belajar dengan fasilitas yang memadai.

Kenali dunia luas

Ajaklah anak Anda jalan-jalan. Berikan mereka kesempatan untuk melihat berbagai hal baru, tempat baru, dan bertemu orang-orang baru. Hal ini berguna agar anak bisa melihat suatu hal dari sudut pandang yang berbeda.

Berikan Dukungan

Anak anda bercita-cita ingin menjadi dokter? Berikan dukungan yang besar kepada anak anda, agar mereka semakin percaya diri dalam meraih impiannya. Dukungan kecil dapat berupa membelikan mereka mainan yang bertemakan alat-alat kedokteran. Dukungan yang lebih besar tentunya berbentuk fasilitas sekolah. Anda bisa bisa mulai menabung atau menggunakan asuransi pendidikan.

Budayakan Membaca

Benar kata pepatah, membaca adalah jendela dunia. Semakin banyak pengetahuan yang diserap oleh anak-anak, maka akan semakin mengembangkan daya pikir dan kreativitas mereka.

Sosialisasi

Dengan bersosialisasi, akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Mereka juga dapat belajar tentang bagaimana cara mempengaruhi dan berinteraksi dengan sekitarnya.

Terima perubahan

Jangan kaget apabila tiba-tiba anak Anda merubah cita-citanya dari dokter menjadi polisi. Itu merupakan perkembangan mereka setelah mengamati dan mencari tahu lebih dalam tentang cita-cita mereka.

Bukan Soal Materi

Mungkin cita-cita anak tidak setinggi harapan orang tuanya yang kadang berpikir tentang materi. Jangan remehkan cita-cita anak karena apapun karir mereka, kebahagiaan adalah kekayaan yang nilainya melebihi materi.

Jadi, sebagai orang tua, kita jangan meremehkan apapun cita-cita yang anak Anda inginkan. Jangan menganggapnya tidak mungkin, karena apapun bisa terjadi.

Sebagai orang tua, kita sebatas mendukung dan mengarahkan. Soal masa depan mereka, biarkan anak-anak yang memilih dan bertanggung jawab atas pilihannya.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI