Bisnis lewat SMS
Geliat media sosial dalam membantu komunikasi antara brand dengan konsumen kini kian mengerucut ke arah yang lebih personal. Setiap brand berusaha menjadikan konsumen bukan sekedar pemakai produk, namun sebagai sahabat paling erat dalam mengelaborasi pengalaman memakai sebuah produk.
Memakai media sosial bagi sebuah brand seperti menancapkan bendera di tengah kerumunan massa. Dengan tertancapnya bendera tersebut, kerumunan masyarakat yang sebagian dari mereka adalah konsumen dari sebuah brand akan dengan senang hati merapat.
Bisnis lewat Mobile Messenger
Lalu bagaimana dengan aplikasi perpesanan? Aplikasi perpesanan diibaratkan sebagai jalur personal dari penancap bendera terhadap para konsumen yang merapat mendekati bendera. Melalui jalur inilah kedekatan antara personal konsumen dengan brand dibangun lebih dekat dan lebih erat.Selayaknya jalur pribadi, maka banyak keistimewaan yang didapatkan oleh pelanggan dari brand.
Selain kini mulai dilirik oleh brand-brand besar, sejatinya pemakaian aplikasi perpesanan sudah marak para pedagang online dengan modal terbatas. Yang paling populer tentu saja aplikasi BBM yang berhasil menelurkan banyak individu naik level jadi jutawan baru.
Uniknya, produk yang dijajakan relatif sederhana mulai dari apparel, makanan, hingga barang elektronik. Melihat fenomena di atas, sepertinya konsumen kini lebih memercayai sebuah brand
(pedagang) yang bisa dihubungi atau berperilaku lebih personal. Tak heran, kesuksesan pelaku industri kecil mengelaborasi aplikasi perpesanan mulai ditiru para brand besar.
Lalu kenapa aplikasi perpesanan bisa menjadi media yang efektif dalam menjaring konsumen loyal? Salah satu alasannya adalah kesederhanaan yang disajikan. Dalam aplikasi perpesanan, tidak banyak fitur yang disediakan kecuali kemampuan mengirim teks yang lebih panjang disertai kemudahan mengirim file, terutama gambar.
Justru, kesederhanaan inilah yang membuat hubungan pribadi antara brand dengan konsumen lebih intim. Berbeda dengan website, media sosial, bahkan contact service sekaligus. Dengan
aplikasi perpesanan, konsumen bisa menghubungi brand di mana saja dan kapan saja hanya melalui ponsel. Bagi brand, sekedar “update status” bisa langsung diterima oleh konsumen sehingga perkembangan terbaru bisa langsung diketahui oleh konsumen.
Di atas semua manfaat di atas, adanya perlindungan privasi yang lebih baik yang ditawarkan oleh aplikasi perpesanan menjadikan konsumen lebih nyaman berhubungan dengan brand. Di tengah isu keamanan personal yang bisa disalahgunakan, jalur “pribadi” dengan brand jadi pilihan.
Artinya, jalur “pribadi” diyakini lebih dapat dipercaya oleh konsumen. Selain itu, murahnya biaya yang diperlukan sepertinya jadi salah satu alasan aplikasi perpesanan makin memudahkan brand mendekati konsumen.
Jadikan aplikasi pesan untuk bisnis
Lalu, bagaimana jika kita ingin menggunakan aplikasi perpesanan untuk berbisnis? Yang pertama harus dilakukan adalah memilih aplikasi mana yang paling tepat digunakan. Untuk mengetahuinya, lakukan riset kecil pada pasar mengenai aplikasi mana yang paling banyak digunakan. Apakah itu BBM, WhatsApp, Line, WeChat, atau lainnya. Tidak ada salahnya juga Anda meng-install semuanya untuk mengakomodir konsumen yang beragam.Setelah itu, bangun kepercayaan konsumen. Untuk pertama kali, teman-teman Andalah yang berperan di sini. Jika teman-teman Anda sudah ikut merasakan produk Anda, maka pastikan mereka memberikan semacam testimoni. Pajanglah sebagai “profile picture” di aplikasi agar “list contact” yang belum jadi konsumen tertarik. Tapi ingat, sebelum memublikasikan testimoni, mintalah izin dari pemiliknya.
Yang tak kalah penting dimiliki adalah konsistensi dalam berbisnis. Jangan sebentar-sebentar mengubah jenis barang dagangan karena hal ini akan membuat keseriusan pemilik brand dipertanyakan.
Terakhir dan terpenting adalah kecepatan merespon konsumen. Kecepatan respon konsumen baik yang positif maupun negatif wajib dilakukan tak peduli itu adalah waktu istirahat Anda. Sebab, kecepatan respon pemilik brand adalah salah satu yang paling diinginkan oleh konsumen.
Karena Anda juga pasti tak mau ditelantarkan bukan? Jadi, siapkah Anda menggunakan aplikasi pesan untuk memperluas jejaring bisnis Anda?
0 komentar :
Posting Komentar