Virus Dengue Penyebab DBD

Virus Dengue Penyebab DBD

Virus Dengue Penyebab DBD
Virus dengue atau yang juga dikenal sebagai virus demam berdarah ditularkan oleh Aedes aegypti betina yang sebelumnya menggigit penderita demam berdarah. Seekor nyamuk Aedes aegypti dapat menginfeksi beberapa orang dalam waktu singkat. Setiap orang dapat terkena demam berdarah lebih dari satu kali.

Nyamuk Aedes aegypti memang tidak pernah menyeleksi calon korbannya sehingga siapa saja bisa terkena virus dengue, jangan berpikir jika virus dengue hanya akan terjadi pada mereka yang bertempat tinggal di daerah kumuh.

Ada 3 tingkat kondisi keparahan gejala demam berdarah yang bisa menyerang seseorang. Setiap tingkat itu memiliki gejala-gejala yang berbeda.

Demam Dengue (Dengue Fever)
Ini adalah bentuk demam berdarah yang paling ringan. Gejala-gejala pada tingkat ini adalah:
  • Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat Celcius.
  • Bintik-bintik merah di seluruh badan. Bintik-bintik ini bisa menghilang dalam beberapa hari, namun muncul lagi.
  • Rasa sakit yang parah di kepala, punggung, atau keduanya.
  • Rasa sakit di belakang mata.
  • Rasa sakit yang parah di persendian dan otot.
  • Mual dan muntah.

Gejala-gejala tersebut biasanya muncul dalam 4 - 7 hari setelah digigit oleh Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Demam dengue ringan jarang menyebabkan kematian dan biasanya akan menghilang dalam hitungan hari apabila mendapatkan perawatan yang tepat.

Itulah sebabnya mengapa seseorang harus segera dibawa ke rumah sakit apabila sudah menunjukkan gejala-gejala di atas.

Demam Berdarah Dengue (Dengue Hemorrhagic Fever)
Ini adalah jenis yang lebih parah daripada demam dengue. Gejala-gejalanya sama dengan demam dengue namun akan bertambah parah hanya dalam beberapa hari saja.

Selain gejala-gejala yang sama dengan demam dengue, demam berdarah dengue akan ditandai dengan:
  • Kerusakan signifikan pada pembuluh darah dan limpa.
  • Jumlah trombosit berkurang. Trombosit berfungsi membekukan darah ketika terluka.
  • Mimisan dan pendarahan di mulut.
  • Pendarahan di bawah kulit sehingga terlihat seperti memar.
Demam berdarah dengue dapat menyebabkan kematian.

Demam Berdarah Dengue Berat(Dengue Shock Syndrome)
Ini adalah bentuk yang paling parah. Selain menunjukkan gejala-gejala yang sama dengan demam dengue, kategori ini juga ditandai oleh:
  • Rasa sakit yang parah di bagian perut.
  • Sering muntah.
  • Disorientasi dan kebingungan.
  • Pembuluh darah pecah.
  • Pendarahan parah.
  • Tekanan darah turun secara tiba-tiba (shock).
Sama seperti demam berdarah dengue, dengue shock syndrome pun dapat berakhir di kematian.

Mencegah Demam Berdarah

Penyakit yang disebarkan oleh nyamuk dapat dicegah dengan:
  • Mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang serta menggunakan losion penangkal nyamuk di bagian tubuh yang tidak terlindungi.
  • Gunakan kawat nyamuk atau kelambu di ruangan yang tidak ber-AC.
  • Menggunakan obat nyamuk bakar atau obat nyamuk cair di tempat yang dilalui nyamuk, misalnya jendela, untuk menghindari gigitan nyamuk.
  • Mencegah genangan air karena nyamuk Aedes aegypti bertelur di permukaan air. Yang Anda harus lakukan adalah membuang kaleng dan botol bekas di tempat sampah yang tertutup, mengganti air di vas bunga setidaknya seminggu sekali, tidak membiarkan air menggenang di pot tanaman, menutup rapat semua wadah air (termasuk sumur dan tangki penampungan air), menjaga agar saluran air tidak tersumbat, serta meratakan permukaan tanah agar tidak ada lubang yang berpotensi jadi genangan air.
  • Gunakan bubuk abate untuk mematikan jentik nyamuk dan lakukan fogging (pengasapan) untuk mematikan nyamuk dewasa.
  • Bila ada yang dicurigai terjangkit demam ini, segera bawa ke klinik atau rumah sakit terdekat.

HD Bee Propolis Bantu Atasi Dengue

Seseorang bisa saja terkena demam berdarah bila terinfeksi oleh virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti betina. Walaupun sudah diketahui jenis virusnya, tidak berarti masalah demam berdarah sudah dapat dianggap selesai.

Alasan pertama adalah kesulitan pengembangan vaksinasi. Virus dengue terdiri dari 4 serotip, yakni DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4, sehingga vaksin yang dikembangkan harus mengandung antigen keempat serotip tersebut.
Sampai saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat memproteksi tubuh manusia dari keempat serotip tersebut. Belum lagi adanya kemungkinan mutasi dan rekombinasi yang berpotensi melahirkan virus dengue baru yang memiliki sifat dan karakter baru pula.
Alasan kedua adalah sifatnya yang berbeda dengan virus-virus lainnya. Biasanya, setelah infeksi pertama, tubuh akan dapat bertahan dari infeksi berikutnya dari virus yang sama. Sementara itu, bila seseorang terinfeksi virus dengue untuk pertama kali (infeksi primer), maka ia akan lebih mudah untuk mendapatkan serangan berikutnya (infeksi sekunder). Infeksi sekunder akan menimbulkan gejala yang lebih parah dan fatal dibandingkan infeksi primer.

Saat ini berbagai penelitian sedang digiatkan untuk mendapatkan vaksin dan solusi-solusi lain yang dibutuhkan.

Persenjatai Diri Anda dengan HDI Bee Propolis

HDI Bee Propolis adalah pelindung kesehatan yang terbaik karena mengandung propolis yang diproses dengan metode ekstraksi khusus untuk mendapatkan propolis yang murni dan berkualitas.

Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli untuk membuktikan kegunaan bee propolis. Mereka menyimpulkan:
  • Bee propolis mengandung zat-zat yang dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh dan mengaktifkan kelenjar thymus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh.
  • Bee propolis berfungsi sebagai antibiotik, antiviral, antifungal, dan antiperadangan.
  • Bee propolis membantu penyembuhan dari berbagai penyakit akibat bakteri, virus, dan jamur.

HDI Bee Propolis dapat membantu mencegah infeksi dengue

Seperti yang disebutkan sebelumnya, HDI Bee Propolis dapat meningkatkan kualitas kekebalan tubuh manusia. Mengonsumsi HDI Bee Propolis setiap hari akan membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap serangan berbagai serangan bakteri, jamur, dan virus, termasuk virus dengue.

Mengonsumsi HDI Bee Propolis tidak berarti Anda akan terbebas sama sekali dari infeksi dengue. Pencegahan tidak akan optimal apabila Anda tidak melakukan tindakan-tindakan yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran nyamuk. Karena HDI Bee Propolis adalah suplemen, Anda juga tetap harus memperhatikan asupan gizi Anda. Sebaiknya mintalah vaksin demam berdarah dari dokter Anda.

HDI Bee Propolis dapat mengatasi demam berdarah

Karena bersifat antiviral, HDI Bee Propolis bekerja alami untuk membantu proses penyembuhan infeksi dengue, asal diberikan sesegera mungkin bersama dengan pengobatan medis. Kandungan HDI Bee Propolis akan mengoptimalkan kerja medis dalam melawan infeksi virus tersebut. Hubungi konsultan medis HDI untuk mengetahui dosis yang tepat.

Sekali lagi, HDI Bee Propolis bukanlah obat. Anda tetap harus membawa pasien demam berdarah ke klinik atau rumah sakit terdekat sesegera mungkin.

Dosis HDI Bee Propolis bagi penderita Demam Berdarah
  • Pada hari pertama penderita dapat mengonsumsi HDI Propolis sebanyak 4 tablet. Dua jam kemudian kembali mengonsumsi 4 tablet. Setelah 2 jam, konsumsi lagi 2 tablet dan 2 tablet lagi setelah berselang 2 jam.
  • Pada hari kedua, dosis berkurang menjadi 2 tablet setiap 4 jam.


DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI