Anatomi Lebah

Anatomi Lebah

Anatomi Lebah
Ayo... mulai mengamati lebah lebih dekat!

Kepala (Head)

Mata
Lebah memiliki lima mata, terdiri dari tiga mata sederhana yang disebut Ocelli dan sepasang mata majemuk. Mata majemuk ini terdiri dari banyak mata kecil yang disebut Ommatidia.
Tugas mata sederhana adalah mendeteksi perubahan intensitas cahaya, sedangkan mata majemuk bertugas untuk membaca arah dari sinar UV matahari, bahkan pada cuaca mendung sekalipun.

Antena 
Lebah memiliki antena yang dapat berputar bebas ke segala arah. Selain digunakan untuk merasakan bau dan sentuhan, bagian tubuh ini juga berguna untuk memandunya ketika bergerak di dalam sarang yang gelap.

Rahang/Mandibula
Merupakan bagian tubuh memanjang dari lebah yang digunakan untuk menyedot nektar.

Rambut
Lebah memiliki tubuh berbulu dengan rambut khusus yang disesuaikan untuk menjebak serbuk sari. Rambut mereka juga sering membawa muatan listrik kecil yang dapat membantu mereka menemukan sumber serbuk sari.

Dada (Thorax)

Thorax merupakan pusat pergerakan lebah yang memiliki tiga pasang kaki dan dua pasang sayap, terdiri dari tiga segmen, yaitu prothorax, Mesothorax, dan Metathorax.

Perut (Abdomen)

Sayap
Lebah memiliki dua pasang sayap tebal yang lapisannya terbuat dari bahan yang sama dengan kerangka luarnya, yaitu Chitin. Kait kecil ini dapat menggabungkan dua pasang sayap sehingga memungkinkan untuk bergerak bersama.

Kaki
Lebah memiliki tiga pasang kaki, Kaki depan mereka memiliki sikat yang digunakan untuk membersihkan serbuk sari dari tubuh berbulu mereka, sedangkan kaki belakang berfungsi sebagai alat transportasi untuk membawa "keranjang serbuk sari".

Alat Penyengat
Hanya lebah betina yang memiliki sengat dan mampu menyengat. Mereka sering menggunakan sengatan itu saat mereka terganggu (terusik).
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI