Siklus Hidup Lebah

Siklus Hidup Lebah

Siklus Hidup Lebah
Koloni lebah madu dibagi menjadi tiga kasta yang berbeda, yakni Lebah Pekerja, Lebah Jantan, dan Ratu Lebah..

Masing-masing dari mereka menjalankan tugas yang berbeda. Perkembangan dari telur hingga menjadi lebah dewasa juga sedikit berbeda di antara Ratu Lebah, Lebah Pekerja, dan juga Lebah Jantan.

Proses Metamorfosis

Proses metamorfosis lebah bermula ketika Sang Ratu meletakkan telur dalam lubang/sel pada sarang. Telur ini tampak seperti sebutir beras putih tembus pandang. Setelah tiga hari, Telur menetas menjadi Larva, bentuknya seperti cacing kecil yang berwarna putih transparan.

Lebah Pekerja kemudian memberi makan larva-larva ini dengan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang diambil dari serbuk sari dan nektar. Larva pun kemudian tumbuh besar dan berkembang menjadi Kepompong.

Kepompong lalu disegel di dalam sel dengan ditutup lilin dan dibiarkan mengalami metamorfosis. Dua minggu kemudian, ia pun menjadi dewasa.
Jenis Lebah

Keluarga Lebah Madu

Setiap koloni lebah terdiri dari satu Ratu Lebah, 5% Lebah Jantan, dan 95% Lebah Pekerja.

Setelah diteliti lebih dekat, ternyata tak hanya berperan dan tanggung jawab mereka saja yang berbeda, namun juga penampilannya.

Lebah Pekerja

Lebah Pekerja adalah lebah betina yang memiliki tanggung jawab pekerjaan sepanjang hidupnya. Adapun tugas dan tanggung jawabnya berbeda-beda sesuai dengan umur masing-masing.
  • Pembersih. Ketika lahir, tugas pertama Lebah Pekerja adalah membersihkan sarang lebah dari kotoran, sehingga Sang Ratu dapat bertelur kembali.
  • Perawat. Setelah beranjak dewasa, Lebah Pekerja bertugas merawat dan memberi makan Ratu Lebah bersama larva-larva lainya, dengan Royale Jelly dan Bee Pollen.
  • Pembangun. Ketika menjadi pembangun sarang, ia juga membangun sel-sel pada sarang dan memperbaiki retakan-retakan di dalamnya dengan menggunakan Propolis.
  • Juru Masak. Selama enam hari setelah menetas, Lebah Pekerja mengunjungi setiap larva sekitar 110.000 kali untuk memberi makan dan memeriksa mereka. Para Lebah Pekerja menggunakan antenanya untuk "mencium" apa yang dibutuhkan tiap larva dan memberi mereka makan dengan formula khusus.
  • Pengurus. Sekitar 90% lebah mati di luar sarang. Namun, jika ada lebah yang mati di dalam sarang, akan segera dibawa keluar dan ditempatkan jauh dari sarang agar sarang tetap bersih dan higienis.
  • Penjaga. Ketika menjadi penjaga, Lebah Pekerja akan mengawasi pintu masuk sarang dan memberi tanda kepada lebah lainnya yang berada di dalam, jika ada bahaya datang.
  • Penjelajah/Pengumpul. Pada akhirnya, Lebah Pekerja harus meninggalkan sarang dan terbang jauh untuk mencari serbuk sari dan nektar. Pada musim dingin, ia dapat hidup hingga 3-6 bulan. Namun di musim panas, ia hanya hidup selama 1 bulan.

Lebah Jantan

Lebah Jantan memiliki tubuh lebih besar daripada Lebah Pekerja. Beratnya sama dengan Ratu Lebah, namun yang membedakan, bentuk tubuhnya lebih persegi dan gemuk. Lebah Jantan berada di sarang dalam waktu lama. Tugasnya hanya mengontrol suhu, tetapi ternyata mereka adalah lebah yang paling banyak mengonsumsi makanan selama perkembangannya.

Lebah Jantan bisa hidup selama tiga bulan atau sampai mereka kawin. Namun tragisnya, saat kawin dengan Sang Ratu, Lebah Jantan langsung mati karena bagian dalam perutnya ikut keluar.

Ratu Lebah

Masing-masing koloni hanya memiliki satu Ratu Lebah. Tanpa adanya Ratu Lebah, sebuah koloni tidak dapat bertahan hidup. Tubuhnya paling besar di antara lebah lain dan merupakan satu-satunya betina yang ovariumnya dapat berkembang. Tugas utama Ratu Lebah adalah mengatur kesatuan koloni dan juga bertelur.

Secara genetik, Ratu Lebah identik dengan Lebah Pekerja. Satu-satunya perbedaan adalah nutrisi ekstra yang ia makan, yaitu Royal Jelly. Makanan ini dapat memberinya umur yang lebih panjang dan memungkinkan organ reproduksinya berkembang.

Ratu Lebah tidak pernah meninggalkan sarang, kecuali untuk kawin. Ia mampu bertelur hingga 2.000 telur sehari dengan interval 30 detik, telur-telur tersebut lebih dari dua kali berat tubuhnya! Selain itu, Ratu Lebah juga dapat hidup sampai lima tahun, sepuluh kali lebih lama daripada lebah lainnya di dalam sarang!
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI