Jantung

Jantung

jantung
Jantung adalah organ tubuh vital yang berguna untuk memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Jantung tersusun dari jaringan otot yang sangat kuat dan elastis. Tapi karena kerjanya yang tidak pernah mengenal istirahat, jantung juga mempunyai "masa capek" dan rentan terhadap penyakit, apalagi ditambah gaya hidup tidak sehat. Akhirnya jantungpun terkena penyakit.

Ragam Penyakit Jantung

  • Gangguan pada pembuluh darah koroner (penyakit jantung koroner)
    penyakit ini adalah penyakit pada jantung yang paling umum diderita.
  • Hyperlipidemia
    Adalah peningkatan kolesterol dan trigliserida yang melebihi batas normal. Peningkatan tersebut bisa sebagai pemicu terbentuknya arterosklerosis yang membentuk plak aterosklerosis yang berlanjut dengan penyempitan lumen pembuluh darah, sehingga berpengaruh terhadap suplai oksigen pada otot jantung.
  • Penyakit Jantung Bawaan
    Kelainan (abnormalitas) dari jantung yang terdapat waktu lahir, seperti lubang didalam jantung.
  • Penyakit Otot Jantung
    Penyakit yang terutama menyerang otot jantung dari pada pembuluh darah.
  • Penyakit Klep Jantung
    Kerusakan atau kelainan dari salah satu dari 4 katup yang mengontrol aliran darah di jantung.
  • Penyakit Gangguan Irama Jantung
    Denyut jantung tidak teratur yang dapat menyebabkan debar jantung (palpitasi) dan sesak napas.

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah pada sistem koroner sehingga otot jantung mengalami gangguan sesuai dengan berat/ringannya sumbatan arteri koroner.

Dahulu, penyakit jantung koroner memang dianggap sebagai monopoli mereka yang berusia 60 tahun keatas, maklum usia merupakan salah satu faktor resiko PJK. Namun dari tahun ke tahun, penyakit tersebut "turun kelas", Mereka yang berusia produktif pun punya resiko yang sama, bahkan dilaporkan cenderung meningkat. Ini disebabkan oleh adanya perubahan pola makan dan perilaku manusia yang tidak sehat.

Gejala dan tanda-tanda PJK:
  1. Nyeri pada dada
    Lokasinya tidak bisa ditunjuk dengan jari, dirasakan seperti menyebar keseluruh dada. Bisa menjalar ke lengan kiri, rahang, seperti di cengkeram atau terbakar. Bila sudah terjadi serangan jantung, rasa nyeri bisa lebih dari 1 menit.
  2. Berkeringat dingin
    hal ini berkaitan dengan meningkatnya aktifitas syaraf simpatis yang aktif saat manusia mengalami stres baik fisik maupun psikis.
  3. Pingsan
    Hal ini terjadi karena kegagalan jantung untuk memompa darah dalam jumlah yang optimal ke otak, sehingga kehilangan kesadaran atau pingsan.
  4. Berdebar
    Sensasi berdebar timbul apabila jantung berdenyut dengan frekuensi diluar batas normal (denyut jantung normal manusia berkisar antara 60 - 100 kali per menit).
  5. Sesak Nafas
    Gejala di atas terjadi karena jantung tidak dapat memompakan seluruh isinya keluar, sehingga aliran darah dari paru yang akan kembali ke jantung mengalami hambatan. Akibatnya terjadi penimbunan darah di paru yang dapat menimbulkan sensai sesak napas.
Jika terjadi serangan, segera hentikan segala aktivitas agar denyut jantung menurun dan kebutuhan oksigen otot jantung berkurang. Diharapkan kebutuhan oksigen otot terpenuhi kembali dan jantung kembali normal.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner yang disebabkan oleh penumpukan zat-zat lemak (kolesterol dan trigliserida).

Makin lama makin banyak dan menumpuk di bawah lapisan terdalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi. Akibatnya aliran darah ke jantung pun berkurang karena jalannya sempit atau tersumbat. Kerja jantung sebagai pemompa darah terganggu dan penderita kekurangan oksigen (dan juga zat-zat gizi) karena aliran darah ke jantung berkurang. Itu sebabnya ketika seseorang penderita mendapatkan serangan jantung biasanya akan mengalami sesak nafas.

Ada faktor-faktor yang menyebabkan seseorang diusia produktif menjadi rawan kena PJK dan Stroke. Faktor itu berkaitan dengan pola hidup kita.
  1. Pola Makan
    Zaman sekarang banyak kita jumpai makanan siap saji (fast food) yang mengandung kadar lemah jenuh tinggi. Kolesterol atau lemak tersebut akan membuat penumpukan dan menghambat pembuluh darah jantung, akhirnya terjadilah PJK dan atau Stroke.
  2. Stres
    Stres berkaitan dengan aktivitas adrenalin. Ketika seorang mengalami stres, zat adrenalin dalam tubuh meningkat. Dampaknya bisa meningkatkan manifestasi penyakit jantung di tandai dengan degup jantung yang meningkat serta dinding pembuluh darah yang kaku.
  3. Lingkungan
    Udara yang tercemar akibat asap polusi kendaraan akan terhirup oleh kita dan larut dalam darah sehingga merusak dinding dalam pembuluh darah dan keadaan ini akan rentan terjadinya PJK.

Produk HDI Untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang telah kita ketahui, penyakit jantung dapat dipicu oleh banyak hal, diantaranya hipertensi, dimana tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya arterosklerosis.

HDI Royal Jelly dapat membantu mengurangi hipertensi karena mengandung asam amino yang bekerja menghambat kerja ACE (Angiotensin-1 Converting Enzyme), sumber pemicu naiknya tekanan darah. Royal jelly juga mengandung vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. HDI Clover Honey dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung, karena dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain Royal Jelly dan Madu, HDI Bee Propolis yang kaya akan kandungan polifenolnya dapat membantu melawan radikal bebas yang disebabkan oleh faktor lingkungan.

Ketika ada gejala PJK, segera periksakan diri ke dokter. Ikuti anjuran dokter dan minumlah obat yang diberikan.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI