Gangguan Ginjal

Gangguan Ginjal

Ginjal
Meskipun Penyakit Ginjal banyak sekali macamnya, tapi akibat penyakit Diabetes dan Hipertensi yang lebih sering membuat seseorang mengalami gagal ginjal. Sebab lainnya adalah insufisiensi ginjal mencakup pielonefritis akibat infeksi bakteri E.coli dan penyakit ginjal polikistik yang bersifat bawaan.

Ginjal manusia terdiri dari 2 buah, berbentuk seperti kacang polong yang terletak di belakang selaput rongga perut (retro peritoneal), pada kedua belah sisi tulang belakang agak di sebelah atas pinggang. Ginjal merupakan organ penting proses metabolisme tubuh, seperti homeostatis cairan tubuh dan pengaturan keseimbangan asam-basa. Fungsi homeostatis ginjal dimungkinkan lewat berbagai mekanisme yang terlibat dalam produksi air seni yang berlangsung di sepanjang nefron, yaitu proses penyaringan (filtrasi), penyerapan kembali (reabsorbsi), sekresi dan pengasaman (asidifikasi).

Penyakit yang sering mengakibatkan gagal ginjal mencakup 2 keadaan yang asal mulanya di luar ginjal, yaitu diabetes dan hipertensi.

Penyakit primer ginjal yang sering menimbulkan gagal ginjal adalah glomerulonefritis kronis, yang disebabkan oleh kegagalan penderita untuk sembuh total dari sindrom nefrotis akut. Keadaan penyakit yang akut biasanya terjadi setelah infeksi streptokokus yang menghancurkan membran basalis glomerulus. Penyakit ginjal lainnya yang dapat mengakibatkan insufesiensi ginjal mencakup pielonefritis akibat infeksi bakteri (biasanya bakteri E. Coli) dan penyakit ginjal polikistik yang bersifat bawaan.

Gejala Gangguan Ginjal

Pada awalnya, gagal ginjal tidak ditandai dengan beberapa gejala. Tetapi apabila fungsi ginjal menurun, maka tubuh kita kehilangan kemampuan untuk mengatur keseimbangan air, sisa-sisa makanan dan produksi sel-sel darah merah. Akibatnya kita akan merasa lemah dan tidak kuat. Bahkan mungkin mengalami sesak nafas dan pembengkakkan pada tubuh.

Jika tidak segera diatasi, penumpukan racun dalam tubuh akan mempengaruhi fungsi dari berbagai organ tubuh yang akhirnya menyebabkan kegagalan total dari fungsi organ tubuh tertentu.

Pencegahan dan Tata Laksana

Pencegahan selalu menjadi tujuan utama terhadap masalah gagal ginjal. Penyakit seperti hipertensi dan diabetes dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan organ tubuh lainnya. Kedisiplinan sangat penting untuk mencegah agar gula darah dan tekanan darah tetap dalam angka normal.

Ketika terjadi gagal ginjal, tujuannya adalah mencegah penurunan fungsi ginjal lebih lanjut. Jika diabaikan, kerusakan pada ginjal akan menyebabkan kegagalan pada seluruh fungsi ginjal.

Tetapi jika dilakukan perawatan, fungsi ginjal dapat terpelihara walaupun tidak mungkin lagi bisa kembali ke kondisi semula.

Beberapa tindakan dapat kita dilakukan untuk mengatasi gagal ginjal, salah satunya melalui diet yang merupakan segi penting dalam pengobatan bagi penyakit ginjal. Karena ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan air, garam atau kalium yang berlebih, kita perlu membatasi jumlah asupannya.

Diet yang Tepat

Tindakan diet merupakan segi penting dalam pengobatan bagi penyakit ginjal. Unsur-unsur gizi (nutrien) yang memiliki makna khusus dalam pengobatan ini dapat dikelompokkan sebagai berikut: natrium dan air, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium dan kadang-kadang magnesium. Diet untuk setiap penderita dapat berbeda-beda menurut derajat insufisiensi ginjalnya dan apakah telah dilaksanakan terapi dialisis (cuci darah). Untuk memahami dasar tindakan diet, perlu diperhatikan interlasi antara berbagai nutrisi dan antara masing-masing nutrisi dengan fungsi ginjalnya.

Setelah keadaan insufisiensi ginjal menjadi semakin parah, volume air seni tidak lagi berlebihan. Tetapi sebaliknya, menjadi berkurang di bawah normalnya. Kalau glomerulus (GFR) turun hingga 5 - 10% dari normalnya, aliran air seni menjadi begitu terbatas sehingga masukkan natrium dan air yang lazim terjadi tidak lagi di sekresikan. Pada keadaan ini, konsumsi natrium dan air harus dibatasi karena kalau tidak, hipertensi, edema dan gagal jantung kongestif akan terjadi.

Produk HDI Untuk Ginjal

Kandungan nutrisi dalam produk perlebahan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah yang merupakan penyebab utama hipertensi. Produk perlebahan juga membantu para penderita hipertensi dan diabetes agar terhindar dari gagal ginjal dengan menyehatkan jantung dan membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

HDI Bee Propolis dan HDI Royal Jelly memiliki manfaat sebagai antioksidan, anti-bakteri serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menstimulasi produksi sel-sel imun. Kandungan Bee Pollen dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi yang kurang atau tidak seimbang serta meningkatkan daya tahan tubuh.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


   5 komentar :
  1. Terimakasih untuk informasi penyakit ginjalnya. Pencegan yang baik adalah dengan menjaga pola hidup sehat, seperti makanan sehat, olah raga teratur dan minum yang cukup serta jangan menahan buang air kecil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. benar mencegah tetap selalu lebih baik, hanya saja ketika sehat, kadang kita tidak merasa perlu melakukan apapun. Sadarnya ketika segalanya sudah terjadi.

      Hapus
  2. Trimakasih.. izin share ya... mohon maaf sblumnya.. minta izin juga, untuk tak pake jualan juga, krn saya jg member HDI..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Bpk Zainal, bebas untuk dibagikan, agar semakin banyak orang terbantu dengan info ini.

      Hapus
  3. HDL obat ajaib dari Allah untuk keluargaku

    BalasHapus

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI