Terus Belajar

Terus Belajar

terus belajar
Terus belajar hal-hal baru itu adalah rahasia supaya kita bisa terus kompetitif, juga menjaga otak tetap prima dan mengasah mental. Terus mempelajari hal-hal baru adalah rahasia kesuksesan para karyawan ataupun wirausahawan yang sukses. 
Kebanyakan orang, mungkin juga termasuk Anda, merasa proses belajar itu hanyalah ketika Anda berada di bangku sekolah, dari SD, SMP, SMA, Kuliah. Setelah lulus dan mendapatkan pekerjaan atau membuka usaha sendiri, mereka merasa ini adalah saatnya mengimplementasikan ilmu yang Anda dapat selama ini dari bangku sekolah dan sudah tidak perlu lagi belajar.

Mereka tidak tahu bahwa proses belajar tidak berhenti sampai di situ, justru masih berjalan dan lebih penting dari sebelumnya karena konsekuensi yang dihadapi juga lebih nyata, bukan hanya sekadar nilai ujian. Jangan berhenti di hal-hal yang Anda sudah ketahui sebelumnya atau bahkan merasa sudah ahli.

Mempelajari hal yang Anda belum ketahui sebelumnya bisa membawa Anda bertransformasi ke tahap berikutnya. Siapa tahu Anda mendapat kesuksesan di bidang yang berbeda, atau tetap di bidang Anda namun melakukannya dengan lebih baik lagi karena Anda menemukan cara baru atau ide-ide baru.

Belajar dari Hal-Hal Sederhana

Mungkin Anda berpikir, “Ah, saya sudah terlalu sibuk sekarang. Mana ada waktu untuk belajar lagi?” Padahal membuat otak kita tetap terasah itu tidak selalu berarti harus belajar formal dan membaca yang berat-berat saja, kok. Belajar bisa dilakukan dengan menyenangkan dan tidak harus makan waktu banyak.

Cara-cara yang bisa dilakukan cukup mudah, seperti membaca satu artikel setiap harinya, mengobrol dengan orang lain yang memiliki pekerjaan atau pemikiran yang sangat berbeda dengan Anda, mengajarkan apa yang kita tahu kepada orang lain (meskipun tujuan utama Anda adalah mengajar, Anda tidak pernah tahu apa umpan balik yang bisa Anda dapatkan dari orang tersebut).

Kuncinya adalah jadilah orang yang selalu ingin tahu dan semangat belajar hal-hal baru, dari hal-hal kecil yang Anda temui sehari-hari. Jangan menutup diri Anda dari hal-hal yang Anda tidak sukai dan membatasi diri Anda hanya mempelajari yang berkaitan dengan pekerjaan Anda saat ini. Perluas wawasan dan cakrawala Anda.

Jadikan kebiasaan

Anda siap untuk ke tahap berikutnya, yaitu menjadikan belajar suatu kebiasaan? Anda bisa memulainya perlahan. Cara paling mudah untuk menjadikan sesuatu kebiasaan adalah membuat jadwal. Tetapkan waktu yang menurut Anda terbaik. Setiap orang berbeda-beda, ada yang memilih pagi-pagi karena merasa masih “segar”, atau justru malam hari sebelum tidur.

Jadikan ritual setiap hari untuk membaca artikel-artikel dan berita-berita terbaru. Anda juga bisa membaca kisah sukses orang lain untuk menambah motivasi. Membaca kisah sukses orang lain bisa menambah motivasi Anda untuk terus maju dan mencapai kesuksesan.

Apa lagi cara terbaik selain belajar dari ahlinya? Cobalah mencari seseorang untuk menjadi mentor Anda, yang bisa membantu Anda dan memberi saran-saran. Jika Anda tidak menemukan seseorang di dekat Anda untuk dijadikan mentor, Anda juga bisa mencari secara online video-video wawancara dan pidato motivasi dari orang yang Anda anggap sukses.

Mengistirahatkan Otak

Hal “kecil” yang sering diabaikan namun sangat penting adalah, otak kita juga butuh stirahat. Pastikan Anda mendapat tidur yang cukup setiap malam 7 sampai 9 jam sehari. Juga di siang hari ketika Anda terjaga, luangkan waktu untuk beristirahat dari lingkungan sekitar, tanpa gangguan apapun, untuk berefleksi.

Ketika Anda mengosongkan pikiran seperti ini, ide-ide akan lebih mudah datang. Dengan rutin mengasah otak dengan terus belajar dan memberinya cukup istirahat, otak Anda akan selalu muda dan pintar.

“Dunia ini adalah sekolah dan semua orang di dalamnya adalah guru. Pastikan ketika Anda bangun pagi ini Anda berangkat untuk belajar.” – Bishop T.D. Jakes
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI