Body Language

Body Language

Body Language
Ketika kita melakukan presentasi di hadapan sekelompok orang, tidak hanya kata-kata yang akan kita sampaikan saja yang penting, tapi juga body language atau bahasa tubuh kita.

Oleh karena itu kalau kita gugup, pesan yang disampaikan mungkin tidak akan seefektif sebagaimana harusnya. Kalau kita tidak percaya diri, bagaimana orang akan mempercayai kata-kata kita sedangkan kitanya sendiri tidak terlihat yakin dengan apa yang kita bicarakan? Audiens melihat itu semua.

Kita bisa saja berbicara A tapi bahasa tubuh kita berkata lain, sehingga audiens menganggap kita hanya seorang pembual. Jadi, bagaimana caranya mengatur bahasa tubuh yang mantap sehingga kita menjadi pembicara yang handal dan para audiens menyukai kita dan “membeli” apa yang kita sampaikan?

Kesan Pertama

Kesan pertama adalah segalanya. Kesan pertama sangat penting untuk dipersepsi orang dan “menjerat” mereka untuk mau mendengarkan kita. Jika dari kesan pertama saja mereka tidak menaruh ketertarikan kepada kita atau menyimpan ketidakpercayaan, bisa dijamin selanjutnya apa yang kita sampaikan juga tidak akan 100% efektif.

Mengejutkan bukan, bahwa postur kita, senyum, kebersihan diri (bau badan is a BIG NO!), dan penampilan kita, adalah dasar bagaimana orang menilai diri kita untuk pertama kalinya. Singkatnya, jauh sebelum kita mengeluarkan kata dari mulut kita, tubuh kita sudah berkomunikasi dengan audiens.

Mengerti bagaimana mengolah bahasa tubuh sangat penting dalam berkomunikasi karena menggabungkan apa yang kita katakan dengan gestur fisik bisa menciptakan dampak yang maksimal untuk audiens.

Yang tidak boleh absen untuk menciptakan kesan pertama yang langsung menarik hati audiens: tersenyum dengan hangat dan tulus, kontak mata, berdirilah dengan tegak dengan dada dan lengan terbuka; jangan sekali-kali menyilangkan tangan di depan dada! Posisi ini menunjukkan bahwa Anda tertutup. Postur adalah bagian dari bahasa tubuh yang sangat penting untuk menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang sukses dan bangga akan diri Anda. Dongakkan kepala Anda, tarik bahu ke belakang, dada terbuka dan rileks dengan posisi tersebut akan memancarkan kepercayaan diri Anda. Sebaliknya, jika Anda membungkuk, kepala tertunduk, mencerminkan Anda tidak percaya diri.

Gesture

Agar terkoneksi dengan audiens, gunakan gestur-gestur sederhana dengan menggunakan lengan, tangan, dan kepala Anda, sambil terus melakukan kontrak mata. Orang cenderung akan terus memperhatikan apa yang Anda katakan jika Anda melakukan kontak mata. Gestur-gestur sederhana yang dilakukan juga menjaga perhatian audiens.
Penggunaan gestur positif seperti mengangguk, tersenyum, mengikuti gestur audiens juga mempengaruhi audiens untuk mempercayai kata-kata Anda.

Jika Anda memiliki space yang cukup dalam presentasi, bergeraklah agar menjaga suasana tetap hidup dan Anda pun merasa lebih rileks. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan presentasi yang Anda sampaikan misalnya Anda menjelaskan tiga poin, Anda bisa berpindah tiga kali sesuai poin yang dijelaskan.

Melakukan presentasi tidak berarti Anda melulu yang berbicara. Ada kalanya salah satu dari audiens bertanya atau sekadar berbagi cerita. Gunakan juga bahasa tubuh untuk menunjukkan bahwa Anda adalah pendengar yang baik dan terbuka. Lagi-lagi, jangan menyilangkan tangan di depan dada. Selalu kontak mata dengan audiens yang sedang berbicara, dan sesekali mengangguk. Jangan mengetuk-ngetukkan kaki karena Anda akan terlihat bosan dan tidak sabar menunggu ia bicara.

Jangan melakukan hal-hal ini ketika Anda sedang presentasi:
  • Memainkan rambut, jari, janggut, atau anggota tubuh lainnya.
  • Kontak mata hanya dengan satu orang saja ketika audiens Anda banyak. Lakukanlah kontak mata bergantian.
  • Memandang sekeliling ke audiens Anda tapi dengan tatapan kosong.
  • Garuk-garuk kepala.
  • Membungkuk.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI