Minum Berapa Gelas Sehari?

Minum Berapa Gelas Sehari?

Minum berapa gelas sehari?
Minum Berapa Gelas Air Setiap Hari? Pertanyaan di atas gampang-gampang susah. Anda pasti sudah sering mendengar bahwa kita harus minum air 8 gelas atau 2 liter setiap harinya. Benarkah hal tersebut?

Kita semua tahu pentingnya air putih untuk kesehatan kita. Tubuh kita terdiri dari sekitar 60% air. Jika kekurangan cairan tubuh, kita akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh kita kekurangan air untuk melakukan fungsi-fungsi normal. Bahkan dehidrasi ringan bisa membuat Anda cepat capek. Tidak hanya itu, setiap sistem di tubuh kita sangat bergantung pada air. Air dibutuhkan untuk membuang racun keluar, membawa nutrisi ke sel-sel tubuh, dan menyediakan lingkungan yang lembap untuk jaringan di telinga, hidung, dan tenggorokan.

Kita mungkin sering mendengar anjuran untuk minum 2 liter air setiap harinya, atau setara 8 gelas air. Namun studi menunjukkan kebutuhan cairan tubuh setiap orang berbeda-beda, tergantung banyak faktor, seperti kondisi kesehatan Anda, seberapa aktif Anda, dan di mana Anda tinggal. Dan apakah ada bahayanya jika kita minum air terlalu banyak?

Berapa yang Anda butuhkan?

Menurut The Institute of Medicine, kebutuhan cairan untuk pria adalah 13 gelas (3 liter) dan untuk wanita adalah 9 gelas (2,2 liter) dari total yang Anda konsumsi setiap harinya. Perlu diingat bahwa kebutuhan cairan ini tidak hanya didapat dari air putih, karena kita juga mengonsumsi makanan dan minuman lain yang mengandung air, seperti sayuran, buah-buahan, dan jus.

Jadi memang premis yang mengatakan 2 liter atau 8 gelas air putih itu sebagai perkiraan rata-rata kebutuhan cairan tubuh setelah dikurangi asupan cairan yang didapat dari makanan lain. Jadi jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti buah dan sayuran.

Tandanya Anda sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah Anda tidak merasa haus dan warna urin Anda bening atau kuning muda (masih terlihat bening hanya sedikit kekuningan). Jika kuning pekat, mungkin Anda kekurangan cairan dan masalah lain.

Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kebutuhan cairan tubuh Anda sehingga Anda membutuhkan cairan lebih banyak, yaitu:

Olahraga. 

Terutama jika Anda olahragawan atau berolahraga berat setiap harinya. Anda bisa menambahkan 1,5 sampai 2,5 gelas perhari, tergantung seberapa banyak Anda berkeringat dan durasi olahraga Anda. Jika Anda sedang melakukan olahraga yang lebih berat, Anda bisa juga mengonsumsi minuman olahraga yang mengandung sodium, yang bisa menggantikan cairan tubuh lebih cepat setelah Anda selesai olahraga. Ingat, jangan minum minuman yang mengandung banyak gula, meskipun memang sangat menggoda ketika Anda sedang capek habis berolahraga.

Lingkungan. 

Ketika Anda sedang bepergian ke lingkungan yang lebih panas dari tempat tinggal Anda biasanya, kebutuhan cairan tubuh Anda akan meningkat. Kulit Anda juga akan lebih cepat kehilangan kelembapannya.

Sakit. 

Ketika Anda sedang demam, diare, muntah-muntah, atau infeksi saluran kemih, badan Anda kehilangan banyak cairan tubuh. Minumlah air lebih banyak. Dalam beberapa kasus Anda juga bisa minum oralit untuk proses rehidrasi lebih cepat.

Hamil atau menyusui. 

The Institute of Medicine menyarankan wanita yang sedang hamil untuk mendapatkan cairan 2,3 liter atau 10 gelas sehari dan wanita yang sedang menyusui 3,1 liter atau 13 gelas sehari.

Bisa Bahaya?

Air putih itu sehat. Tapi segala sesuatu yang berlebihan memang tidak bermanfaat dan bahkan bisa jadi membahayakan. Sangat jarang juga ditemukan orang yang bermasalah karena kebanyakan minum. Anda juga pasti merasa kembung duluan ‘kan kalau minum kebanyakan?

Meskipun jarang terjadi, minum kebanyakan air bisa berbahaya. Ginjal akan bekerja keras untuk mengekskresikan kelebihan air, yang menyebabkan level sodium dalam darah turun, kondisi ini disebut hyponatremia. Secara umum, kebutuhan cairan kita adalah 2 sampai 3 liter sehari. Jangan lebih dari itu.

Selain itu, kita juga tidak boleh minum dalam jumlah banyak sekaligus demi mencapai kuota 2 liter tersebut. Usahakan membagi-baginya sepanjang hari: 2 gelas begitu bangun tidur, 1 gelas masing-masing sebelum dan sesudah makan.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI