Pencernaan Sehat

Pencernaan Sehat

Pencernaan Sehat
Meskipun terkesan sepele, gangguan pencernaan tentunya lumayan mengganggu hari Anda. Sakit perut sehingga tidak konsen bekerja, atau diare yang mengakibatkan harus bolak-balik toilet. Tidak enak, kan? Yang pasti hari Anda jadi tidak maksimal dan berkurang produktivitasnya.

Keluhan mengenai pencernaan adalah hal yang sangat umum dialami oleh orang-orang seperti halnya penyakit pilek. Anda pasti pernah mengalami keluhan seperti sakit perut, konstipasi (susah buang air besar), dan diare, setidaknya sekali dalam hidup.

Kebanyakan gangguan pencernaan diakibatkan oleh makanan yang kita makan, tapi bisa juga diakibatkan gaya hidup, stres, atau gejala dari penyakit lain yang lebih berat. Kebanyakan gangguan pencernaan memang sepele dan bisa disembuhkan dengan memakan makanan tertentu, mengubah pola makan menjadi lebih sehat, atau mengonsumsi obat yang dijual bebas.

Tapi jangan sepelekan jika keluhan yang Anda alami semakin parah dan tak kunjung hilang, karena bisa jadi kronis. Jadi rawatlah pencernaan Anda karena pencernaan yang sehat adalah awal dari hari yang lancar! Gangguan pencernaan seringkali disepelekan karena sudah menjadi keluhan sehari-hari, seperti BAB tidak lancar, gas dalam perut atau perut terasa sangat penuh setelah makan, namun sebenarnya Anda tidak perlu memaklumi hal tersebut.

Dengan melakukan beberapa perubahan di gaya hidup Anda, Anda bisa membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih sehat, membuat tubuh Anda lebih baik dalam menyerap nutrisi dan memperlancar semuanya.

Sayangi pencernaan Anda agar tubuh Anda lebih sehat! Berikut beberapa tipsnya.

Air, air, air!

Sudah tidak bisa ditawar lagi, komponen terbaik untuk sistem pencernaan Anda dan kesehatan Anda pada umumnya, adalah air. Air membuat sistem pencernaan lancar, jika Anda kekurangan air akan menghambat sistem pencernaan Anda karena makanan yang bentuknya padat dan lebih besar akan susah melewatinya. Penuhi kebutuhan air Anda setiap harinya. Tandanya Anda sudah memenuhi kebutuhan air Anda adalah air kencing Anda berwarna bening.

Konsumsi Serat

Serat sama pentingnya dengan air untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat berlaku seperti polisi lalu lintas yang menjaga “lalu lintas” makanan-makanan yang masuk ke sistem pencernaan tetap lancar. Serat melembekkan makanan yang masuk sehingga lewat lebih lancar. Ia juga memelankan penyerapan, memelankan glukosa dalam makanan memasuki aliran darah sehingga level gula darah Anda lebih stabil. Jika Anda kekurangan serat, Anda akan merasa banyak gas dalam perut atau terkena konstipasi.

Olahraga

Aktivitas fisik melancarkan aliran darah ke semua organ, yang berdampak baik kepada usus besar.

Nikmati makanan Anda

Sesibuk apapun Anda, sempatkan waktu untuk makan dan nikmati makanan Anda tersebut. Jangan makan dengan terburu-buru apalagi sambil berjalan. Makanlah di meja makan dan fokus pada makanan Anda, jangan sambil menonton TV atau bekerja depan komputer. Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan berkali-kali sampai halus. Selain memperlancar pencernaan, makan perlahan juga memberi waktu pada otak untuk mengatakan bahwa Anda sudah kenyang, sehingga Anda tidak makan berlebihan.

Hindari makanan pencetus gas dan kembung

Jika Anda sering mengalami kembung atau perut Anda terasa banyak gasnya, perhatikan makanan Anda, apakah setiap Anda memakan makanan tertentu Anda mengalami kembung. Kemungkinan besar Anda sensitif terhadap makanan tersebut.

Makanan yang biasanya mengandung banyak gas antara lain kacang, roti, soda. Jika kembung Anda tidak kunjung hilang, periksakan ke dokter karena bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius. Periksakan juga jika konstipasi Anda tidak kunjung hilang, perubahan drastis dan tiba-tiba pada pola BAB anda, terdapat darah pada tinja, atau berat badan berkurang drastis.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI