Muda Lebih Lama

Muda Lebih Lama

Muda Lebih Lama
Mau tidak mau, kita akan bertambah tua. Tidak ada manusia yang abadi, dan tidak ada manusia yang akan muda selamanya. Fountain of youth hanyalah mitos. Namun, kebanyakan orang pasrah dengan proses penuaan, seolah kita sudah ditakdirkan untuk di usia tua nanti harus memakai tongkat untuk berjalan, kacamata tebal, alat bantu dengar, dan mulai pikun.

Usia kita memang akan terus bertambah, badan kita akan menua, ada beberapa hal yang tidak bisa kita cegah, namun ada banyak hal juga yang masih bisa kita upayakan supaya kita bisa muda lebih lama. Muda di sini bukanlah tampak seperti umur 17 tahun selamanya, tapi setidaknya kita bisa tampil segar dan sehat lebih lama, terhindar dari berbagai penyakit dan “keluhan tua” seperti yang disebutkan di atas. Intinya adalah supaya kita bisa menikmati hidup lebih lama.

Menjadi Tua

Apa itu menua? Usia kita memang akan terus bertambah, yang kita hitung setiap tanggal yang sama setiap tahunnya. Namun ada yang namanya usia biologis, dan usia ini tidak dihitung dari tahun kapan Anda lahir, melainkan Anda yang pegang kendali. Jika Anda selama ini hidup sehat, bisa jadi usia biologis Anda lebih muda dari usia Anda sesungguhnya.

Sebaliknya, jika selama ini Anda menyia-nyiakan tubuh Anda dengan merokok, minum alkohol, tidak pernah berolahraga, bisa jadi usia biologis Anda jauh lebih tua dari usia sesungguhnya. Jadi sesungguhnya, proses penuaan tidak dapat dihindari, namun Anda dapat mengendalikan kecepatannya.

Penuaan dipengaruhi faktor dari dalam dan luar tubuh. Penyebab penuaan adalah gabungan beberapa masalah. Faktor-faktor tersebut adalah gaya hidup, kebiasaan hidup sehat, proses inflamasi, genetik, mekanisme perbaikan diri, dan kerusakan sel. Hebatnya, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan. Tubuh Anda merupakan mesin yang sangat hebat. Ketika Anda meninggalkan satu kebiasaan buruk, Anda bisa merasakan dampak positifnya.

Faktor Genetik

Bagaimana dengan genetik? Ya, sangat mudah untuk menyalahkan orang lain akan apa yang menimpa diri kita. Mungkin Anda memiliki kadar kolesterol tinggi karena orang tua Anda juga memiliki masalah yang sama. Mungkin Anda memiliki risiko terkena kanker yang lebih tinggi karena ada anggota keluarga yang terkena kanker.

Gen kita memang berasal dari orang tua, kakek nenek kita dan jauh sebelumnya. Banyak orang yang pasrah dengan takdir kesehatan yang sudah ditakdirkan. Kabar buruknya, Anda tidak bisa mengubah gen yang Anda miliki. Kabar baiknya, Anda bisa mengubah cara gen-gen ini menjalankan perannya.

Kebiasaan-kebiasaan baik bisa memicu perbaikan sel tubuh Anda. Misalnya banyak berjalan kaki setiap hari bisa menjadikan gen yang menurunkan kecepatan pertumbuhan sel kanker dominan. Atau rajin bermeditasi setiap hari bisa mengurangi efek pemicu stres, dengan begitu Anda akan mampu memperbaiki telomer dan mengurangi risiko kelainan dan kematian sel tubuh.

Bukankah menyenangkan jika Anda memiliki kendali untuk masa depan Anda dan menikmati hidup yang lebih berkualitas?

Menggunakan Masa Muda

Masa muda adalah masa terbaik dalam hidup kita. Masa di mana Anda merasa full energy dan penampilan pun paling prima. Masa tua jauh lebih lama dari masa muda. Oleh karena itu, selagi kita masih muda, sangatlah penting untuk memelihara tubuh kita sehingga kita selalu merasa prima. Meskipun kita tidak bisa menolak tua, namun ada banyak hal yang bisa kita lakukan di keseharian kita yang bisa membuat perubahan di kesehatan Anda dan memelankan proses penuaan.

Pola Makan Sehat

Anda tidak perlu menjadi seorang ahli nutrisi untuk mengetahui bahwa apa yang Anda makan adalah faktor paling penting untuk kesehatan Anda.

Manajemen Stres

Jangan anggap remeh stres! Ternyata stres bukan hanya masalah emosional, namun juga berpengaruh ke fisik dan bukan hanya bermasalah untuk kesehatan hari ini tapi juga jangka panjang. Stres memiliki banyak efek negatif untuk tubuh. Stres bisa membuat Anda tampak lebih tua, memunculkan jerawat dan masalah pencernaan. Stres juga mengakibatkan sel-sel tubuh menjadi buruk sehingga memunculkan berbagai penyakit dan mengurangi rentang hidup.

Langkah pertama mengendalikan stres adalah menemukan sumber stres. Apa penyebab Anda sering stres? Beberapa pencetus stres mudah dikenali, misalnya masalah di kantor atau masalah yang sedang Anda hadapi saat ini. Selesaikan secepatnya. Beberapa pencetus lain lebih sulit untuk ditemukan seperti kejadian masa lalu yang traumatis atau masalah yang lebih mendalam. Jangan pernah malu untuk konsultasi pada profesional jika masalah Anda sudah sangat mengganggu.

Cari dan sering lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, seperti menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang, jalan-jalan, atau bermusik. Rajin-rajinlah bermeditasi dan olahraga. Ketika Anda stres atau marah, badan Anda akan memiliki insting untuk “bergerak”, seperti memukul atau membanting barang. Biasanya Anda lawan dengan meredam emosi. Sayangnya hal ini akan memperparah stres Anda. Alih-alih mengurung diri di kamar, sebaiknya Anda keluar dan berolahraga untuk menggerakkan otot-otot yang ingin “bergerak” tersebut.

Hal terpenting, selalu ingatlah untuk tidak terlalu memikirkan suatu masalah secara berlebihan, semua pasti ada jalan keluarnya, dan Anda lebih baik berfokus pada hal-hal yang positif.

Olahraga dan tetap aktif

Tidak pernah ada yang namanya jalan singkat menuju sehat dan awet muda, jika ada yang namanya pil ajaib untuk melawan penuaan, itu adalah olahraga. Olahraga menjaga aliran darah tetap lancar, mengurangi inflamasi di dalam tubuh, dan memelankan proses penuaan. Endorfin yang dihasilkan dari olahraga pun akan membuat Anda tetap senang dan membuat wajah Anda lebih bercahaya. Anda tidak harus menjadi maniak gym, jogging atau berjalan kaki sudah cukup.

Selalu positive thinking

Memiliki pandangan hidup yang selalu positif juga penting dalam proses penuaan. Ini berhubungan erat dengan manajemen stres. Jika kita selalu memandang semua hal dengan positif, kita tidak akan cepat stres. Masalah dan cobaan dalam hidup memang akan selalu ada namun tergantung kita apakah akan down atau menghadapinya dengan senyuman dan terus berjuang. Banyaklah tersenyum dan jadilah orang yang optimis. Pandangan hidup yang positif adalah obat mujarab untuk melawan stres, berbagai penyakit, dan penuaan dini.

Tidur cukup

Ternyata jika Anda kurang tidur, efeknya bukan saja dirasa hari ini (mengantuk dan lemas sepanjang hari) namun juga memiliki efek negatif jangka panjang. Jika Anda memiliki pola tidur yang kacau dan mengalami kurang tidur dalam waktu lama, sel-sel dalam otak Anda akan mengalami kerusakan bahkan bisa sampai mengalami rusak dan hilangnya memori.

Pastikan Anda selalu mendapat tidur cukup setiap malam dari 7-8 jam setiap malam. Kualitas tidur juga penting karena di tahap REM (tidur nyenyak), otak akan beristirahat, memperbaiki dirinya dan bisa menyimpan informasi.

Melatih Otak

Jangan pernah biarkan otak Anda “berkarat”. Jika kini Anda tidak bersekolah lagi dan pekerjaan sehari-hari juga tidak menuntut untuk Anda belajar hal baru setiap hari, jangan pernah berhenti untuk melatih otak Anda. Seiring dengan menuanya tubuh dan organ-organ tubuh, otak akan mengalami penurunan fungsi kognitif.

Ada banyak cara untuk mencegah dan memelankan proses tersebut, seperti belajar bahasa baru, belajar alat musik, bermain puzzle, mengisi teka-teki silang, bermain catur, scrabble, atau membaca. Pilihlah hobi menyenangkan yang sekaligus bisa melatih otakseti ap hari agar Anda terhindar dari pikun di usia tua apalagi pikun dini.

Rajin cek kesehatan Anda

Berikut nomor-nomor penting yang harus Anda ketahui. Jagalah untuk tetap berada di batas yang normal:
  • Body mass index (BMI): antara 25-18
  • Tekanan darah (sekitar 120/80)
  • Kolesterol total (di bawah 200 mg/dL)
  • HDL (di bawah 40 mg/dL dan LDL kurang dari 100 mg/dL)
  • Glukosa puasa (di bawah 100 mg/dL)
  • Hemoglobin A1C (di bawah 7%)
  • Trigliserida (di bawah 150 mg/dL)

Konsumsi suplemen

Usahakan agar kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral terpenuhi dari makanan sehari-hari. Kalaupun tidak, Anda bisa mengonsumsi suplemen yang berkualitas tinggi. Suplemen antioksidan juga perlu karena semakin tubuh kita menua, tidak akan seefisien biasanya untuk memproduksi vitamin dan mineral. Suplemen ini tidak hanya memelankan proses penuaan, tapi juga mengurangi inflamasi.

HDI Royale Jelly adalah suplemen royal jelly berkualitas yang memiliki efek antipenuaan, meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tidak mudah keriput, meningkatkan daya ingat, melindungi sistem syaraf, dan mencegah osteoporosis.

Berhenti Merokok!

Kita semua tahu merokok tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, merokok juga membuat Anda tampak lebih tua dari usia sesungguhnya karena keriput dan bibir yang menghitam. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Jika Anda berhenti sebelum umur 40, Anda menambah rentang hidup sampai 10 tahun dibanding mereka yang masih merokok di atas usia tersebut. Semoga Anda semakin termotivasi untuk berhenti!
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI