Perubahan Nafsu Makan Pada Lansia

Perubahan Nafsu Makan Pada Lansia

Nafsu Makan Lansia
Seseorang disebut berusia lanjut jika ia sudah berusia di atas 60 tahun. Pada sebagian besar orang, usia lanjut berarti kualitas hidup akan menurun dan hal ini tentunya berkesinambungan dengan masalah kesehatan yang dihadapi oleh para lansia, sehingga membutuhkan perhatian khusus. 

Penurunan berbagai fungsi tubuh pada orang lanjut usia ikut menyebabkan turunnya nafsu makan mereka. Sayangnya, mereka juga kerap sulit disuruh makan dan bila hal ini terus dibiarkan, selain berakibat kekurangan gizi, penderita juga bisa mengalami malnutrisi dan mudah sakit.

Faktor yang biasanya menyebabkan lansia sulit mengasup makanan adalah adanya gangguan psikologis kognitif di otak, selain itu bisa juga karena terjadinya penurunan kemampuan saraf pengecap, sehingga sulit membedakan rasa. Untuk menyiasatinya, pemberian jenis makanan dan waktunya harus disesuaikan.

Tidak bisa seperti orang kebanyakan yang umumnya makan dengan pola makan pagi, siang, dan malam, pada lansia mereka bisa makan kapan saja saat lapar namun dengan porsi yang kecil.

Nutrisi Bagi Lansia

Makanan yang diberikan sebaiknya harus yang lunak, banyak mengandung serat, ada kandungan karbohidrat kompleks, protein tinggi lemak supaya tidak gampang lemas. Jumlah asupan makanan juga tidak perlu sebanyak orang dewasa karena orang berusia di atas 60 tahun sudah mengalami penurunan fungsi tubuh.

Demikian juga dengan kebutuhan cairan. Apabila orang normal membutuhkan cairan hingga 70%, pada lansia hanya membutuhkan sekitar 40%. Selain itu, memberikan vitamin pada lansia pada dasarnya tidak dilarang selama kebutuhan nutrisi yang lainnya cukup.

Perubahan beberapa panca indera pada lansia dapat mempengaruhi nafsu makan dan kemampuan pencernaan lansia, akibatnya mereka sulit mengunyah, menelan, mengalami diare atau mual.
Oleh sebab itu, kebutuhan nutrisi juga harus disesuaikan.

Pilih makanan segar untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ketimbang suplemen. Perhatikan pula asupan cairannya, karena biasanya lansia sering malas minum, supaya nantinya tidak terjadi dehidrasi.

Bagi lansia yang mengalami penurunan berat badan atau gangguan nafsu makan berkepanjangan, sebaiknya dibawa untuk konsultasi ke dokter. Barangkali ada penyakit atau kondisi lain yang menyebabkan hal tersebut.

Penyebab berubahnya nafsu makan pada lansia adalah:
  • Gangguan psikologis kognitif otak
  • Penurunan kemampuan saraf pengecap

Produk HDI Untuk Gangguan Nafsu Makan dan Pencernaan

Menjaga pola makan adalah salah satu gaya hidup yang dianjurkan pada mereka yang peduli pada kesehatan. Namun, apa artinya menjaga pola makan bila sistem pencernaan Anda tidak baik?
Karena itulah kita harus mempertahankan kesehatan sistem pencernaan kita dengan mengonsumsi Dynamic Trio + Enzymeminerals.

Dynamic Trio + Enzymeminerals mengandung banyak mineral, seperti zat besi, seng, mangan, dan kromium yang meningkatkan penyerapan nutrisi dan memperbaiki sistem pencernaan.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI