Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

Donor Darah
Bagi sebagian pasien, donor darah dapat membantu menyelamatkan hidup mereka. Sedangkan bagi pendonor, manfaat donor darah dapat dirasakan guna menunjang kesehatan tubuh.

Dengan melakukan donor darah, berarti Anda memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan untuk membantu orang lain. Sekitar 480 ml darah diambil dari dalam tubuh ketika Anda melakukan donor darah. Setelah diperiksa dan diuji keamanan serta kelaikannya, darah tersebut kemudian akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan.

Bagi mereka yang membutuhkan, mendapatkan donor darah sangat berarti karena dapat menyelamatkan nyawa mereka. Ada beberapa kondisi yang membutuhkan donor darah, seperti kecelakaan, transplantasi organ, atau memiliki penyakit seperti kanker, anemia, anemia sel sabit, hemofilia, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa manfaat donor darah yang bisa Anda rasakan jika menyumbangkan darah:

Menjaga Kesehatan Jantung

Aliran darah yang lancar baik untuk kesehatan jantung. Menurut Blood Flow Online, menyumbangkan darah secara teratur dapat mengurangi ketebalan dan kelengketan darah, sehingga memungkinkan aliran darah lebih lancar di pembuluh darah, termasuk di daerah jantung.

Sementara itu, dalam penelitian yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology menunjukkan, mereka yang rutin mendonorkan darah memiliki risiko 88% lebih rendah terkena serangan jantung dibanding mereka yang tidak pernah menyumbangkan darahnya.

Menurunkan Resiko Kanker

Penumpukan zat besi dikenal dapat meningkatkan bahaya radikal bebas dalam tubuh yang memicu kanker. Zat besi merupakan salah satu mineral yang terkandung dalam darah. Dengan begitu, mendonorkan darah sama saja dengan mengurangi simpanan zat besi sekaligus menurunkan risiko kanker.

Menurut The Miller-Keystone Blood Center, konsisten mendonorkan darah dapat menurunkan risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker hati, paru, usus besar, dan tenggorokan.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Cek Kesehatan Gratis

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin Anda akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah Anda akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda.

Jika ada yang salah dengan darah Anda, maka Anda pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, Anda juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

Membantu Menyelamatkan Nyawa

Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis, seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI