Sharing Berita Di Media Sosial

Sharing Berita Di Media Sosial

sharing di media sosial
Banyak orang di media sosial tak lagi membaca konten yang mereka bagikan. Orang-orang di media sosial kerap hanya membaca judul dan keterangan beberapa baris yang mereka pikir benar. Alih-alih menjadi informatif, bagaimana kalau berita yang Anda share ternyata informasi palsu?.

Pada era yang serba cepat dan canggih sekarang ini, media sosial bukan 'barang' aneh lagi. Hal ini akibat semakin mudahnya akses internet untuk mendapatkan informasi edukasi, hiburan, politik, perbankan, kesehatan, bahkan berbelanja.

Seiring perkembangan internet yang semakin maju, maka peran media sosial sebagai sarana komunikasi semakin besar. Namun permasalahannya, apakah kecanggihan teknologi kita telah diimbangi pengetahuan tentang cara membedakan berita asli (fakta) dan berita palsu (hoax) yang sedang marak terjadi belakangan ini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda membedakannya.

Pintar Baca Judul dan Cek Sumber Berita

Kita sering membaca berita karena judulnya yang membuat penasaran. Biasanya judul dimulai dengan kalimat heboh dan cenderung provokatif. Isi tulisan biasanya tidak kredibel dan cenderung pro pada pihak tertentu, dan menjelek-jelekkan atau menjatuhkan pihak lain.
Waspadalah dan jangan membagikan berita jenis ini. Pilih portal berita terbaik dari media massa yang telah terbukti kredibilitasnya.

Fakta vs Opini

Jangan menelan mentah-mentah setiap berita yang Anda baca. Telaah sendiri apakah informasi tersebut adalah berita berdasarkan fakta atau hanya opini. Jika fakta harus ada kesaksian dan bukti dari peristiwa. Sedangkan opini, isinya berupa pendapat dan kesan penulis berita sehingga memiliki kecenderungan akan bersifat subyektif.

Cek Keaslian Foto

Pada era teknologi digital saat ini, bukan hanya konten berupa teks yang dapat dimanipulasi, melainkan juga konten lain berupa foto atau video. Ada kalanya pembuat berita palsu juga mengedit foto untuk memprovokasi pembaca.

Bersikap Kritis

Bersikap kritis ketika mendapat sebuah berita akan menjadi perlindungan yang efektif agar Anda terhindar dari berita hoax. Cerdaslah dalam menyaring informasi dan biasakan membaca berita hingga selesai.

Tips agar tidak turut menyebarkan berita palsu

Ketika membuka media sosial Anda, tarik nafas dan tahan emosi agar tidak terpancing ikut membagikan berita yang dapat menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain.
Lebih baik gunakan media sosial dengan bijak, hindari men-share berita yang tidak Anda ketahui sendiri sumbernya.

Selamat Bijak Menggunakan Media Sosial...
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109
BBM 5BC75B8A


0 komentar :
Posting Komentar

Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit wajah adalah bagian tubuh yang paling berisiko mengalami kerusakan. Hampir setiap hari terbalut makeup, terpapar sinar matahari,...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
  1. Paket Four Star Easi Starter
  2. Paket BSKIN Easi Starter
  3. Promo Paket Haircare Set
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109 pinbb. 5BDCC02E

POPULAR POSTS

Recent Comments