Asam Urat

Asam Urat

Asam urat
Asam Urat (Gouty Arthritis) adalah penyakit yang menyerang sendi dan tendon akibat timbunan kristal urat. Timbunan kristal urat tersebut disebabkan deposit asam urat yang lama-kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena sehingga mengakibatkan peradangan.

Asam Urat bukan istilah asing bagi kebanyakan orang. Asam Urat merupakan sisa pengolahan zat purin. Kita mendapatkan purin dari makanan olahan dari tubuh makhluk hidup, yakni tumbuhan dan hewan. Selain dari makanan, zat purin juga akan bertambah ketika ada sel-sel tubuh yang rusak secara normal atau terkena suatu penyakit. Asam urat harusnya dikeluarkan oleh tubuh melalui feses dan urin.

Tetapi, pada beberapa kondisi, ginjal tidak mampu mengeluarkan Asam Urat tersebut sehingga kadar Asam Urat di dalam tubuh meningkat dan melebihi batas normal. Peningkatan inilah yang kemudian dinamakan hiperuricemia.

Hiperuricemia berpotensi menyebabkan Asam urat (gout), namun tidak semua hiperuricemia akan menjadi gout. Gout adalah penumpukan asam urat di persendian sehingga sendi akan membengkak atau terasa nyeri.

Asam Urat Mirip Artritis

Asam urat memiliki tanda-tanda mirip Artritis, yakni nyeri sendi, terutama di jempol kaki, yang kemudian merambat ke persendian kaki. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini.
Kebanyakan menyangka gout terjadi hanya pada mereka yang berusia lanjut. Tetapi, mereka yang berusia muda pun bisa mengalami gout.

Apakah Anda kerap mengalami kesemutan dan linu? Sendi Anda membengkak, merah, panas, dan sangat nyeri di malam hari atau saat bangun pagi? Bila Anda menjawab ya untuk ketiga pertanyaan tersebut, maka bisa jadi Anda sudah terkena gout.

Cara yang paling tepat untuk memastikannya adalah berkonsultasi dengan dokter Anda. Kadar Asam Urat umumnya bisa mencapai kadar normal dengan pengobatan yang tepat. Tetapi, bila sudah pernah mengalami gout, maka penderitanya harus melakukan tindakan pengendalian agar Asam Urat-nya tetap berada di level normal.

Pengendalian dapat dilakukan dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak zat purin, seperti jeroan, makanan laut, makanan kaleng, dan lain-lain. Juga, harus banyak meminum air putih untuk membuang zat purin dari dalam tubuh.

Diet Asam Urat

Penderita Asam Urat wajib melakukan diet ketat terhadap makanan pencetus purin. Ada beberapa cara agar Anda dapat terhindar dari risiko terkena gout dan mengalami lonjakan kadar Asam Urat. Berikut beberapa di antaranya:
  1. Menerapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.
  2. Kenali makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu memengaruhi kadar Asam Urat dalam darah.
  3. Konsumsi makanan yang memiliki zat penurun Asam Urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sementara peterseli (Petroselinum crispum) juga bersifat diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor Asam Urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh.
  4. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum empat cangkir kopi per hari, menurut penelitian serupa, seperti dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010, dapat memangkas risiko terbentuknya Asam Urat sebanyak 50 persen lebih.
  5. Manfaatkan herbal alami.Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi (anti-peradangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga. Lada hitam (Pipernigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi. Daun tempuyung (Sonchus arvensis)  memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau dikurangi. Produk Perlebahan juga sangat dianjurkan karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi.
  6. Banyak minum air putih. Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dan lain-lain).
  7. Olahraga teratur. Berlatihah 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan yang gampang, seperti jalan kaki atau joging.
  8. Kurangi berat badan jika berlebihan.
  9. Hindari makanan tinggi purin, seperti ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol.

Produk HDI Untuk Asam Urat

High Desert menyediakan produk yang mampu mengurangi bahkan meredakan rasa sakit di persendian. Produk yang luar biasa tersebut adalah HDI Dynamic Trio + Glucosamine Sulphate. HDI Dynamic Trio + Glucosamine Sulphate adalah suplemen yang mengandung glucosamine sulphate, chondroitin dan MSM (Methyl Sulfonyl Methane), semua bahan yang dikenal khasiatnya dalam mengatasi masalah sendi.

HDI Dynamic Trio + Glucosamine Sulphate membantu menghilangkan nyeri sendi dan memperbaiki pergerakan sendi.

Manfaat HDI Dynamic Trio + Glucosamine Sulphate adalah membantu mengatasi nyeri sendi dan memperbaiki pergerakan sendi. Penelitian telah membuktikan bahwa glucosamine sulphate, chondroitin dan MSM dapat mengurangi nyeri sendi hingga 39% dan memperbaiki pergerakan sendi hingga 27% setelah pengunaan selama 12 minggu.

Sebuah penelitian lain juga telah membuktikan bahwa glucosamine sulphate dapat membantu mengatasi gejala seperti rasa nyeri dan kaku pada persendian.

Pengendalian lainnya adalah dengan mengonsumsi Dynamic Trio dari High-Desert yang terdiri dari HDI Bee Propolis, HDI Pollenergy 520, dan HDI Royal Jelly, akan membantu menjaga kondisi tubuh penderita gout agar tetap sehat.

Dynamic Trio juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri di tubuh akibat gout tersebut. Pastikan Anda berkonsultasi dengan konsultan medis High Desert agar Anda mengetahui aturan pakai yang tepat untuk kondisi asam urat Anda.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI