Jenis Lebah Madu

Jenis Lebah Madu

Jenis Lebah Madu
Sejak zaman dulu kala, madu sudah dikenal sebagai obat berbagai macam penyakit. Madu ini dihasilkan dari budidaya lebah. Lebah merupakan jenis serangga berkeluarga Apis. Lebah menghasilkan madu dari nektar bunga.

7 Jenis Lebah Penghasil Madu

Apis Andreniformis (Black Dwarf Honey Bee)

Apis AndreniformisDi Indonesia, jenis lebah ini dapat dijumpai di Jawa dan daerah Kalimantan. Lebah Apis Andreniformis membangun sarangnya secara tunggal dan menggantungkannya di tempat terbuka pada cabang pohon atau bukit batu terjal. Lebah madu ini dapat ditemukan di daerah pemukiman dan hutan-hutan di ketinggian 500 mdpl.

Apis Cerana atau Lebah Madu Timur (Asiatic Honey Bee)

Apis CeranaLebah jinak ini tersebar di Asia Tenggara dan Selatan. Di Indonesia, Apis Cerana dapat ditemuka di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan Lombok. Lebah ini memiliki daya adaptasi terhadap kondisi iklim, produktif, dan tidak ganas sehingga akrab dengan masyarakat pedesaan.

Apis Dorsata atau Lebah Madu Raksasa

Apis DorsataLebah yang hidup di hutan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan kepulauan Nusa Tenggara ini penting bagi perlebahan Indonesia karena produksi madunya yang cukup tinggi. Apis Dorsata membuat sarang hanya satu sisi dan menggantung pada ranting, tebing, serta jurang terjal.

Apis Koschevnikovi atau Lebah Madu Merah

Apis KoschevnikoviLebah Madu Merah merupakan lebah madu yang mendiami Malaysia dan Indonesia (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan). Ciri-ciri yang paling menonjol adalah warnanya yang merah dan ukuran tubuhnya sedikit lebih besar. Menurut beberapa peternak lebah di Kalimantan Selatan, lebah Apis Koschevnikovi lebih produktif dibanding Apis Cerana.

Apis NigrocinctaApis Nigrocincta

Lebah yang satu ini hanya terdapat di Filipina dan Indonesia (kepulauan Sangihe dan Sulawesi). Lebah ini adalah lebah penghasil madu yang berkelompok dan jarang sekali berpindah daerah.

Apis Mellifera atau Lebah Madu Barat (Western Honey Bee)

Apis MelliferaLebah ini merupakan jenis lebah hutan yang dibudidayakan hampir di semua negara termasuk Indonesia karena daya tahan dan adaptasinya yang sangat baik. Di Indonesia sendiri pembudidaya jenis lebah madu ini dapat ditemukan di Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Apis Florea atau Lebah Madu Kerdil (Red Dwarf Honey Bee)
Apis Florea

Jenis lebah madu ini tidak berada di Indonesia, melainkan secara alami hidup Oman, Iran dan India. Madu yang dihasilkan dari jenis florea sangat berbeda dengan jenis madu lainnya. Ukuran tubuh lebah Apis Florea paling kecil di antara lebah madu lainnya.





DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI