Masakan Sehat

Masakan Sehat

masakan sehat, healty cuisine, ganti masakan
Ingin Lebih Sehat? Ganti Saja Bahan Masakannya!
Memasak sendiri di rumah memang memberi banyak keuntungan dibanding membeli di luar. Selain lebih hemat, Anda juga bisa mengontrol bahan masakan apa saja yang dimasukkan sehingga lebih sehat.

Selain mengurangi kandungan MSG, gula, dan bahan-bahan tidak sehat lainnya, Anda juga bisa melakukan substitusi bahan makanan agar lebih sehat. Jangan terlalu terpaku pada resep yang Anda ikuti, siapa tahu kreasi Anda bisa lebih lezat! Berikut kami berikan contekannya untuk Anda coba di rumah.

1. Gantilah garam dengan jeruk nipis atau lemon
Tubuh kita memang membutuhkan garam tapi tidak dalam jumlah berlebih. Asupan garam yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, yang kalau tidak dikontrol akan mengakibatkan darah tinggi, penyakit kardiovaskuler, bahkan stroke. Meskipun begitu, garam adalah bumbu masakan yang sangat digemari karena memberikan “rasa”. Hampir semua menu masakan mengandung garam, dan banyak camilan yang mengandung sodium tinggi. Oleh karena itu sebisa mungkin kurangi garam, yang bisa diakali dengan menggantinya dengan perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam masakan Anda.

2. Ganti mentega dengan margarin
Banyak resep kue dan masakan yang menggunakan mentega. Mentega terbuat dari lemak hewani yang tinggi kolesterol. Gantilah dengan margarin, lemak nabati yang lebih sehat.

3. Ganti mentega untuk olesan roti dengan alpukat
Alpukat tumbuk atau dihaluskan ternyata bisa menjadi pengganti yang lezat untuk olesan di atas roti Anda, selain itu mengandung kalori yang jauh lebih rendah dibanding mentega.

4. Memilih telur
Pilihlah telur yang bebas kolesterol. Bagian kuning telur juga seringkali dihindari. Gunakan putih telur dari dua butir telur untuk mengganti bagian kuningnya.

5. Ganti tepung terigu dengan gandum utuh
Gandum utuh lebih baik untuk kesehatan karena mengandung lebih banyak nutrisi dan serat dengan indeks glikemik lebih rendah, dengan rasa yang tidak kalah lezatnya.

6. Membuat burger sendiri
Burger di restoran kebanyakan tidak sehat. Jangan khawatir, buatlah burger sendiri di rumah yang lebih sehat. Gunakan roti gandum utuh, keju rendah lemak, dan daging tanpa lemak seperti kalkun atau sirloin. Jangan lupa perbanyak juga sayurannya.

7. Ganti minyak dengan saus apel
Khusus untuk memanggang kue, muffin, roti, brownies, atau resep-resep cokelat lainnya.

8. Pengganti gula
Untuk masakan yang membutuhkan gula, seperti pencuci mulut, kurangi gula dengan menggantinya dengan jus jeruk atau sitrus, atau beri rasa yang unik dengan menggunakan kayu manis atau rempah lainnya. Menggunakan saus cranberry juga memberi rasa manis dan sekaligus memenuhi kebutuhan serat Anda.

9. Ganti santan dengan susu rendah lemak
Konsumsi santan yang berlebihan bisa meningkatkan kolesterol, jadi untuk beberapa makanan seperti bubur kacang hijau atau kari ayam, gantilah santan dengan susu rendah lemak.

10. Ganti pewarna makanan dengan daun suji dan daun pandan
Jika Anda hobi membuat kue tradisional, gantilah pewarna makanan dengan daun suji dan daun pandan. Caranya adalah kedua daun tersebut ditumbuk kemudian diperas airnya. Selain lebih sehat, kue Anda pun lebih harum.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109 / 0822 5812 9998
BBM 5BC75B8A


0 komentar :
Posting Komentar

Paket Easi Starter 2018

Promo pembelanjaan pertama untuk Anda yang mendaftar member HDI. Kini telah tersedia 3 pilihan paket Easi Starter terbaru: Four Star E...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
  1. Paket Four Star Easi Starter
  2. Paket BSKIN Easi Starter
  3. Promo Paket Haircare Set
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109 pinbb. 5BDCC02E

POPULAR POSTS

Recent Comments