Rokok Elektrik Aman?

Rokok Elektrik Aman?

Rokok Elektrik
Kehadiran rokok elektrik, diistilahkan juga dengan e-cig, e-cigarette, vape, atau vaporizer, makin menarik perhatian dan animo masyarakat kalangan dewasa. Namun, sayangnya penggunaan alat ini masih disertai kontroversi terkait tingkat keamanannya.

Secara umum rokok elektrik memiliki tiga tipe, yaitu rokok elektrik yang berbentuk seperti rokok tembakau, rokok elektrik yang lebih besar dengan tabung penyimpanan cairan, dan rokok elektrik terbaru yang terdiri dari mod, tabung cairan, dan baterai terpisah.
Tipe ketiga merupakan tipe rokok elektrik yang sekarang banyak dijumpai dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.

Menurut salah satu produsen pembuat rokok elektrik, produk buatannya lebih aman jika dibandingkan dengan efek merokok tembakau. Produsen juga menyatakan bahwa rokok elektrik bebas polusi udara dan tidak beraroma sebagaimana pembuangannya adalah uap, bukan asap.

Menurut lembaga kesehatan di Amerika Serikat (CDC), satu hal yang perlu menjadi catatan disini adalah klaim ‘lebih aman’ bukan untuk diasumsikan bahwa rokok elektrik tidak berbahaya untuk digunakan.

Pada satu sisi, tingkat keamanannya masih diragukan. Lebih jauh lagi, efek dari penggunaan jangka panjang masih belum diketahui secara pasti. Sebagian instansi internasional dan nasional turut memberikan tanggapan mengenai rokok elektrik:

Menurut WHO (World Health Organization)

WHO meminta produsen untuk tidak membuat klaim yang menyatakan bahwa konsumsi rokok elektrik adalah cara yang ampuh untuk menghentikan kebiasaan merokok tembakau.

Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)

Rokok elektrik atau biasa disebut sistem pengiriman nikotin elektronik (ENDS) adalah alat penguap bertenaga baterai yang dapat menimbulkan sensasi menyerupai merokok tembakau.

Di dalam rokok elektrik terdapat tabung tertutup atau wadah terbuka berisikan cairan yang bisa diisi ulang. Cairan ini umumnya dinamakan liquid, mengandung propilen glikol, gliserin, sejumlah bahan kimia, dan perisa tertentu.

Sebagian dari produk-produk liquid rokok elektrik dapat ditambahkan zat nikotin dengan kadar yang bervariasi. Pada prosesnya, liquid yang ditampung di dalam rokok elektrik akan dipanaskan sehingga memunculkan uap. Uap inilah yang dihirup oleh pengguna.

Kandungan Cairan Berperisa Pada Rokok Elektrik

Nikotin sebagai salah satu zat kimia yang terkandung di dalam liquid merupakan zat candu yang dapat ditemukan pula pada rokok tembakau. Efek candu dari nikotin berisiko memicu depresi atau uring-uringan ketika berhenti mengonsumsinya.

Propilen glikol merupakan cairan buatan laboratorium yang pada dasarnya aman dikonsumsi. Namun, zat ini tetap berisiko mengiritasi paru-paru dan mata.

Bahan Kimia. Sejumlah bahan kimia berbahaya yang bersembunyi di dalam cairan rokok elektrik adalah formalin, asetaldehida, akrolein, timah, timbal, dan merkuri. Jika dipanaskan, bahan-bahan kimia tersebut bisa membentuk aerosol sebagai zat yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Perisa. Liquid rokok elektrik diproduksi dengan ditambahkan berbagai cita rasa yang dapat dipilih sesuai selera, seperti rasa buah-buahan, kayu manis, cheesecake, hingga popcorn. Salah satu bahan kimia yang dipakai sebagai tambahan perisa adalah diasetil. Menghirup diasetil kerap dikaitkan dengan penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Kesimpulan

Mengenai status keamanan rokok elektrik sejauh ini masih menjadi bahan perbincangan di dunia medis karena klaim dari produsen belum sepenuhnya terbukti. Saran terbaik yang dapat dilakukan adalah menghindari sesuatu yang kebenarannya belum teruji secara pasti.

Di lain sisi, jauh lebih baik jika kita bisa sepenuhnya tidak bergantung kepada rokok maupun rokok elektrik yang jelas-jelas mengandung nikotin dan zat-zat yang dapat merugikan kesehatan.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI