Penyakit Akibat Pemanasan Global

Penyakit Akibat Pemanasan Global

Pemanasan Global
Pemanasan global adalah meningkatnya suhu udara rata-rata bumi secara berkepanjangan. Penyebabnya adalah aktivitas manusia yang menghasilkan karbon dioksida dan gas-gas lainnya, salah satunya sisa-sisa pembakaran dari mesin kendaraan atau pabrik. Pada akhirnya, kondisi ini bisa mempengaruhi iklim global.

Secara umum, perubahan iklim dapat berdampak negatif pada sumber air bersih, bahan pangan manusia, tempat tinggal, serta pada kesehatan manusia. Lebih jauhnya, mari kita telusuri apa saja dampak pemanasan global bagi kesehatan manusia.

Penyakit Pernapasan

Perubahan iklim dapat meningkatkan konsentrasi ozon, yaitu lapisan polutan yang bentuknya jernih. Ozon berbahaya bagi paru-paru karena dapat mempengaruhi penyakit paru obstruktif kronis, asma, dan penyakit jantung.

Peningkatan penyakit asma dan bronkitis dapat dikatakan sebagai patokan ukuran pertama dampak pemanasan global. Selain karena meningkatnya konsentrasi ozon, suhu tinggi juga ikut berkontribusi terhadap penyakit pernapasan, misalnya karena peningkatan kabut asap akibat suhu yang tinggi.

Dalam hal ini, anak-anaklah subjek yang rentan terkena dampak dari pemanasan global. Selain memungkinkan kekambuhan asma dan alergi yang makin sering, pemanasan global dapat merusak fungsi dan menghambat pertumbuhan paru-paru anak akibat polusi udara.

Penyakit Menular

Perubahan iklim dapat menyebabkan suhu naik dan curah hujan meningkat di daerah tertentu. Hal ini berkaitan dengan peningkatan dan perluasan sebaran hewan-hewan yang membawa penyakit-penyakit seperti penyakit malaria yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles dan penyakit lyme yang disebarkan oleh kutu, terutama pada anak-anak.

Pemanasan global turut mengundang penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebarkan oleh nyamuk aedes aegypti, terutama di wilayah tropis seperti Indonesia.

Dengan mengetahui bahwa dampaknya begitu dekat terhadap kehidupan sehari-hari, maka marilah kita lebih berperilaku ramah pada alam dengan menjaga lingkungan.
Manfaatnya mungkin tidak langsung terasa, tetapi sangat bermanfaat demi keberlangsungan hidup masa depan dan generasi kita selanjutnya.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI