Paru-Paru

Paru-Paru

paru-paru
Fungsi utama paru-paru adalah untuk menghirup dan menyaring udara. Lapisan udara yang kita hidup terdiri dari nitrogen, oksigen, air, karbondioksida dan partikel-partikel lain yang mempunyai kadar berbeda-beda.

Setiap paru-paru diliputi oleh pleura, yang melindungi paru-paru dan juga membantunya untuk mengambangkan dan berkontraksi dengan mudah dalam dada.

Paru-paru yang normal mampu menghindari infeksi karena sistem respirasi dan hidung berfungsi menyaring udara secara efektif. 

Karena trakea dan bronki menghasilkan lendir yang mampu menangkap dan mengangkut kontaminen-kontaminen. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan paru-paru mengalami berbagai jenis gangguan. Gangguan tersebut dapat berupa infeksi atau jenis lainnya.

Beberapa Gangguan pada Paru-Paru yang umum diderita

  • Radang Paru-Paru (Pneumonia)
    Penyebab: Infeksi yang terjadi pada jaringan paru (parenkim) yang disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur. Umumnya disebabkan oleh bakteri streptokokus (Streptococcus) dan bakteri Mycoplasma Pneumoniae.
    Gejala: Batuk berdahak dengan dahak kental dan berwarna kuning, sakit pada dada dan sesak nafas juga disertai demam tinggi.
    Pencegahan dan solusi: Selalu memelihara kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat, dapat mencegah agar bakteri tidak mampu menembus pertahanan kesehatan tubuh. Biasakan untuk mencuci tangan, makan-makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.
    Pengobatan: Apabila telah menderita pnuemonia, biasanya disembuhkan dengan meminum antibiotik.

  • TBC Paru-Paru
    Penyebab: Bakteri Mycobacterium Tubercolusis. Penyakit ini dapat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk.
    Gejala: Batuk berdahak lebih dari 3 minggu. Dapat juga disertai batuk mengeluarkan darah. Penderita akan mengalami demam, khususnya pada siang atau sore, berkeringat pada malam hari. Nafsu makan menurun sehingga mengakibatkan badan menjadi kurus.
    Pencegahan dan solusi: Bila ada teman, tetangga atau anggota keluarga yang mengalami gejala tersebut, ada baiknya Anda menyarankan untuk memeriksakan ke dokter untuk mengetahui apakah batuknya merupakan TBC atau tidak.
    Pengobatan: Pengobatan untuk TBC bila sudah diketahui sejak dini sebenarnya tidak terlalu mahal dan mudah untuk disembuhkan. Prinsip utamanya, pengobatan itu harus teratur dan total.

  • Bronkitis
    Penyebab: Penyakit Bronkitis karena peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa karena infeksi kuman, bakteri atau virus. Penyebab lainnya adalah asap rokok, debu atau polutan udara.
    Gejala: Batuk disertai demam atau dahak berwarna kuning bila disebabkan oleh infeksi kuman. Sedangkan bila bersifat kronik, batuk berdahak disertai sesak nafas selama beberapa bulan sampai tahun.
    Pencegahan dan solusi: Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu pencegahan yang dapat dilakukan. Untuk mencegah bronkitis kronik adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif.
    Pengobatan: Untuk pengobatan bila disebabkan oleh bakteri atau kuman dapat diatasi dengan meminum antibiotik sesuai anjuran dokter. Bila disebabkan oleh virus, biasanya digunakan obat-obatan untuk meringankan gejala.

  • Kanker Paru
    Penyebab: Penyebab utama penyakit ini adalah asap rokok yang mengandung zat beracun dan dihisap masuk paru-paru dan telah terakumulasi selama puluhan tahun yang menyebabkan mutasi pada sel saluran nafas penyebab terjadinya sel kanker. Penyebab lain adalah radiasi radioaktif, bahan kimia beracun, stres atau faktor keturunan.
    Gejala: Batuk, sakit pada dada, sesak, batuk berdarah, mudah lelah dan berat badan menurun. Tetapi seperti pada jenis kanker lainnya, gejala umumnya baru terlihat apabila kanker ini sudah tumbuh besar atau telah menyebar.
    Pencegahan dan Solusi: Menghindari rokok dan asap rokok juga mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung antioksidan untuk mencegah timbulnya sel kanker.

Produk HDI untuk Paru-Paru

Produk perlebahan dengan kandungan berbagai jenis nutrisi penting serta alami, membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral tanpa efek samping.

HDI Clover Honey
Madu, HDI Clover Honey dikenal akan efek dekongestan yang membantu mengeluarkan dahak/lendir yang biasanya menyertai gangguan paru-paru.

Hindari pola hidup yang buruk seperti kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, penggunaan obat-obat terlarang atau bahkan stres.

Lakukan olahraga secara teratur dan periksakan diri ke dokter bila gejala-gejala seperti batuk berkepanjangan, sesak nafas, penurunan drastis pada berat badan mulai terjadi.

HDI Bee Propolis
Tingkatkan imunitas tubuh secara alami dengan Bee Propolis, HDI Bee Propolis tidak hanya melindungi tubuh dari serangan bakteri, tetapi juga melindungi tubuh dari radikal bebas di sekililing kita dan marilah kita hidup lebih sehat dengan sumber nutrisi dari alam.

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI