Vegetarian

Vegetarian

vegetarian
Menjadi Vegetarian atau tidak mengkonsumsi daging hewan menjadi pilihan bagi beberapa orang, untuk alasan kesehatan ataupun etis yaitu tidak menyakiti hewan. Jika dilakukan dengan benar, menjadi vegetarian memang bisa menyehatkan. 

Tidak mengonsumsi daging hewan terbukti dapat mengurangi Kolesterol, mengurangi risiko Diabetes dan Obesitas, bahkan mengurangi risiko Serangan Jantung sampai 25%. Namun banyak yang salah kaprah mengenai diet vegetarian ini, banyak yang malah memilih pilihan makanan tidak sehat dan menjadi defisiensi nutrisi.

Jika Anda seorang vegetarian atau baru tertarik, tidak ada salahnya memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari berikut ini.

Mulai Secara Bertahap

Jika Anda baru mau mulai menjadi vegetarian, mulailah bertahap sehingga badan Anda tidak ‘kaget’. Cobalah bertransisi terlebih dahulu dengan menjadi vegetarian paruh waktu. Anda bisa memilih untuk tetap makan daging pada satu waktu makan misal pada sarapan saja atau pada makan malam saja, dan selebihnya menjadi vegetarian. Cobalah selama satu bulan sebelum akhirnya menjadi vegetarian secara total.

Konsumsi Suplemen

Daging hewan adalah sumber dari banyak vitamin yang dibutuhkan badan kita untuk memperlancar sel darah dan menjaga sistem saraf tetap sehat. Kekurangan vitamin ini bisa mengakibatkan anemia dan berbagai masalah saraf. Oleh karena itu konsumsilah suplemen vitamin atau produk perlebahan seperti Royal Jelly.

Konsumsi Makanan yang Berasal dari Tumbuhan

Pilihlah makanan yang berasal dari tumbuhan dengan nutrisi tinggi, seperti sayuran, buah-buahan, gandum utuh, kacang-kacangan, rempah, dan lemak nabati sehat, seperti alpukat atau kelapa.

Minum Banyak Air

Jika Anda melakukan diet vegetarian dengan benar, Anda akan lebih banyak mengonsumsi makanan kaya serat. Oleh karena itu Anda akan membutuhkan asupan air putih lebih banyak, karena badan akan sulit mengurai serat dalam makanan, dan menyerapnya ke dalam aliran darah. Air putih dapat membantu proses ini, jadi sering-seringlah minum air putih.
Jika Anda tidak menyukai rasanya yang tawar, tambahkan potongan lemon, atau potongan daun mint segar.

Buatlah Versi Vegetarian dari Makanan Favorit Anda

Jangan khawatir akan kehabisan ide makanan yang bisa Anda makan. Anda masih bisa memakan makanan favorit Anda dan menggantinya menjadi versi vegetarian dengan cara mengganti bahan daging dengan makanan yang berasal dari tumbuhan. Jika Anda memilih untuk tidak mengonsumsi produk dari sapi seperti susu, gantilah dengan susu almond, kelapa, atau biji bunga matahari, dan gantilah mentega dengan minyak kelapa.
Sekarang ini sudah banyak resep sehat untuk vegetarian yang bisa Anda cari di internet, jadi Anda bisa berkreasi sesuka hati!

Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium banyak didapatkan dari produk susu, jika Anda tidak meminum susu sapi bisa diganti dengan susu almond, susu kedelai, atau susu rami. Sumber lainnya antara lain tahu, tempe, bok choy, kale, brokoli, dan almond.

Kombinasikan Makanan Kaya Zat Besi dengan Vitamin C

Zat besi yang berasal dari tumbuhan berbeda dengan zat besi yang berasal dari daging hewan. Oleh karena itu konsumsi makanan bervitamin C untuk membantu penyerapan zat besi tersebut.
Makanan yang mengandung banyak vitamin C antara lain: paprika, jeruk, kiwi, mangga, nanas, papaya, brokoli, tomat, dan kubis.

Makan Tidak Sehat

Hanya karena Anda menjadi vegetarian, tidak berarti Anda memfokuskan kepada mengonsumsi makanan-makanan non-hewani. Hanya karena makanan tersebut tidak mengandung daging hewan, tidak berarti makanan itu sehat untuk Anda. Roti putih dengan mentega memang vegetarian, namun belum tentu sehat, begitu juga dengan kentang goreng, atau veggie burger, yang ternyata mengandung lebih banyak kalori dibanding burger daging sapi biasa.

Jauhi junk food dan makanan kalengan atau makanan yang sudah diproses. Tetap cermati apa yang Anda konsumsi.

Melupakan Protein

Daging-dagingan memiliki protein tinggi, jadi jika Anda berhenti mengonsumsi daging, pastikan Anda tetap memperoleh alternatif protein. Protein berguna untuk menjaga dan memperbaiki jaringan-jaringan pada tubuh, termasuk otot, hormon, dan enzim. Jika Anda kekurangan protein, Anda akan lebih mudah lelah, gampang sakit, dan terlihat pula dari kulit dan rambut Anda yang kering.

Sumber protein baik antara lain kacang-kacangan, kedelai, tahu, selai kacang, dan oatmeal.

Hanya Memakan Makanan Mentah

Makanan mentah atau raw food memang menjadi pilihan yang mudah. Namun sayuran, kacang-kacangan, dan gandum yang sudah dimasak akan lebih mudah dicerna oleh tubuh dan memberikan lebih banyak nutrisi. Jangan batasi diri Anda hanya memakan makanan mentah atau sebaliknya; hanya memakan makanan yang sudah dimasak.

Kombinasikanlah keduanya agar menjadi seimbang dan kebutuhan nutrisi Anda tercukupi.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI