Banyak Duduk

Banyak Duduk

banyak duduk
Banyak di antara orang modern adalah pekerja kantoran nine to five, yang artinya mereka bekerja selama delapan jam atau bahkan lebih. Kebanyakan dari mereka bekerja sambil duduk menghadap komputer selama berjam-jam. Sekilas, tampak mereka hanya duduk dengan headphone nyantel di kuping, sambil jari menari di atas tuts keyboard. Tapi, tahukah Anda bahwa pekerjaan seperti itu juga berisiko terhadap kesehatan. Bahkan, sama berisikonya dengan mereka yang bekerja di luar ruangan.

Sebagian besar orang mengamini jika aktivitas duduk memang membuat orang lupa berdiri, entah itu “duduk di kursi jabatan” ataupun duduk dalam arti sebenarnya. Benar, duduk memang enak, nyaman. Tetapi, ternyata banyak ancaman kesehatan serius jika kita terlalu sering duduk, terutama bagi para karyawan kantoran yang menghabiskan hampir setengah harinya di kantor.

Gaya hidup orang modern yang kurang sehat memang kerap menjadi sumber dari gangguan kesehatan yang muncul. Orang yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan yang duduk lebih dari 8 jam per hari.

Dari pola makan hingga kebiasaan sehari-hari, baik saat berada di rumah maupun di kantor, dapat memicu permasalahan kesehatan. Salah satu contoh adalah kebiasaan duduk di depan TV ataupun komputer selama berjam-jam setiap hari. Banyak penelitian membuktikan bahwa kebiasaan tersebut menimbulkan efek negatif bagi kesehatan dan memiliki risiko yang lebih besar untuk menderita diabetes,serangan jantung, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Duduk Buat Ginjal Makin Merana

Ginjal berfungsi untuk menyaring darah, membuang produk sisa metabolisme tubuh, dan memproduksi urin. Sekitar 10% orang dewasa di Amerika Serikat atau lebih dari 20 juta orang menderita penyakit ginjal kronik yang dikarakteristikkan dengan penurunan fungsi ginjal secara bertahap. Parahnya lagi, orang dengan penyakit ginjal memiliki peningkatan risiko menderita penyakit jantung, anemia, penyakit tulang, dan lain-lain.

Sebuah penelitian yang dimuat di American Journal of Kidney Disesase melibatkan 6000 orang dewasa. Penelitian itu memberikan informasi mengenai total waktu duduk subyek penelitian setiap hari dan banyaknya aktivitas fisik yang mereka lakukan. Hasilnya, orang yang memiliki total waktu duduk yang paling sedikit memiliki risiko terkecil mengalami penyakit ginjal kronik, terlepas dari kebiasaan aktivitas fisik mereka atau status nutrisi mereka.

Pada penelitian ini, orang yang total waktu duduknya kurang dari tiga jam per hari, memiliki kemungkinan mengalami sakit ginjal kronik 30% lebih kecil dibandingkan yang duduk lebih dari 8 jam per hari. Prosentase tersebut lebih banyak ditemukan pada penderita berjenis kelamin perempuan.

Temuan yang didapatkan pada penelitian ini menambah bukti bahwa gaya hidup memiliki peran penting dalam berkembangnya penyakit ginjal, dan bahwa duduk dalam waktu yang lama memiliki dampak negatif pada kesehatan secara umum.

Penyakit Lain

Selain gangguan pada ginjal, terlalu sering duduk juga dapat menyebabkan banyak penyakit lain. Menurut dr. James Levine, seorang dokter Mayo Clinic di Rochester, “sitting disease” atau sering disebut dengan penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok.

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh duduk terlalu lama antara lain adalah sakit punggung, peningkatan resiko diabetes, gangguan fungsi metabolik, sakit leher dan punggung hingga kerusakan postur tubuh, serta peningkatan risiko penyakit jantung. Lebih lagi, menurut penelitian, sepertiga penderita deep-vein thrombosis (pembekuan darah di kaki), dikarenakan mereka duduk sedikitnya 3 jam terus menerus setiap hari.

Solusi Sederhana

Jika Anda seorang karyawan yang tiap hari menghabiskan waktu berjam-jam duduk bekerja di depan komputer, Anda tentu tidak mau menderita yang diakibatkan konsekuensi pekerjaan, kan? Misalkan Anda memperoleh premi asuransi kesehatan dari kantor dengan nilai yang menggiurkan, Anda pasti tidak akan memilih untuk sakit akibat terlalu lama duduk.

Ada beberapa solusi sederhana yang dapat Anda lakukan. Caranya adalah setiap sekitar satu jam sekali lakukan peregangan atau berjalan-jalanlah untuk melancarkan peredaran darah. Kalau perlu, gunakan alarm pada ponsel atau komputer untuk mengingatkan Anda.

Mengapa itu perlu? Karena banyak orang yang jatuh larut pada pekerjaannya sehingga kadang-kadang lupa terhadap tubuhnya. Lebih sehat lagi jika Anda selalu sedia satu botol air mineral atau sebotol air madu HDI Clover Honey yang kaya akan nutrisi, menyegarkan, dan sekaligus aman buat semua orang.

Karena sudah tersedia dekat, Anda akan terbiasa rajin minum. Karena sering minum, Anda otomatis akan secara periodik ingin buang air kecil sehingga Anda pun melangkahkan kaki ke kamar kecil sembari merelaksasikan tubuh. Kegiatan itu juga dapat menyegarkan pikiran. Anda pun bisa mencari ide-ide segar, tentunya.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI