Penyakit Musim Hujan

Penyakit Musim Hujan

Penyakit Musim Hujan
Kewaspadaan terhadap ancaman penyakit, terutama bagi warga di daerah yang tergenang akibat hujan, sebaiknya ditingkatkan. Meskipun rumah Anda terbebas dari genangan, penyakit masih bisa datang karena kehujanan, atau karena nyamuk Aedes aegypti yang perkembangbiakannya semakin meningkat di musim hujan karena banyak genangan air. 

Pola hidup yang sehat tentu akan memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat menghalau berbagai serangan bakteri dan virus penyebab penyakit yang menyerang ketika musim hujan datang.

Beberapa penyakit mungkin dapat membuat Anda tidak dapat beraktifitas sehingga penting untuk memberikan pencegahan yang tepat. Berikut beberapa penyakit yang harus Anda waspadai.

Leptospirosis

Salah satu penyakit yang mengintai warga di sekitar lokasi banjir adalah Leptospirosis. Leptospirosis disebabkan bakteri patogen berbentuk spiral genus Leptospira, famili leptospiraceae dan ordo Spirochaetales. Angka kematian akibat leptospirosis tergolong tinggi dengan angka 5-40 persen.

Infeksi ringan diperkirakan pada 90 persen kasus. Anak balita, orang usia lanjut, dan penderita yang mempunyai daya tahan tubuh rendah punya risiko kematian tinggi akibat penyakit ini. Pada usia di atas 50 tahun, risiko kematiannya bisa mencapai 56 persen. Pada penderita ikterus yang sudah mengalami kerusakan hati, risiko kematiannya lebih tinggi.

Penularan penyakit ini bisa melalui tikus, babi, sapi, kambing, kuda, anjing, serangga, burung, landak, kelelawar, dan tupai. Bakteri Leptospira terbawa air seni tikus atau air seni hewan lain yang tercampur dalam genangan air hujan atau banjir. Penyakit ini dapat menyerang semua usia, mayoritas berusia 10-39 tahun, sehingga bisa jadi usia adalah sebuah faktor risiko.

Seseorang yang memiliki luka, kemudian bermain atau terendam air banjir yang sudah tercampur dengan kotoran atau kencing tikus yang mengandung bakteri leptospira, maka orang tersebut potensi dapat terinfeksi dan akan jatuh menjadi sakit.

Untuk menghindari timbulnya penyakit leptospirosis masyarakat bisa melakukan langkah-langkah antisipasi, yaitu menekan dan menghindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar kita, dengan selalu menjaga kebersihan. Jangan biarkan anak Anda bermain-main di genangan air apalagi berenang. Jika Anda terpaksa menerjang genangan air, gunakan sepatu boots. Jika kulit Anda terpapar air genangan, segeralah mandi dan bersihkan dengan sabun antiseptik.

Cikungunya

Penyakit ini disebabkan oleh virus cikungunya yang ditularkan ke manusia oleh nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti akan berkembang biak lebih banyak pada musim hujan karena banyaknya genangan air. Usahakan selalu menutup sumber air, rajin menguras bak mandi jangan sampai ada jentik nyamuk.

Gejala cikungunya adalah demam, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang, nyeri otot, sakit kepala, menggigil, mual, dan muntah.

Penyakit Kulit

Penyakit kulit biasanya disebabkan oleh infeksi jamur, umumnya jenis Trycophyton, yang banyak ditemukan di lingkungan yang lembap dan basah. Infeksi jamur dapat terjadi di semua bagian tubuh, termasuk area lipatan kulit dan area tertutup. Pakaian yang belum kering atau masih lembap bisa menjadi sarang jamur yang kemudian kontak kepada kulit manusia.

Diare

Hujan apalagi banjir seringkali menurunkan higienitas lingkungan atau keseharian kita. Banjir akan mengakibatkan sumber-sumber air minum masyarakat, terutama sumur dangkal, akan tercemar. Ketersediaan air bersih yang terbatas berpotensi menimbulkan diare. Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik sesering mungkin terutama sebelum makan. Pastikan air minum juga bebas dari bakteri. Kebersihan lingkungan harus dijaga dua kali lipat dari biasanya, dan hindari sampah sampai menumpuk.

Demam Berdarah

Peningkatan perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti di kala musim hujan meningkatkan penularan penyakit demam berdarah. Hal ini dikarenakan banyaknya genangan dan sampah yang menjadi tempat mereka berkembang biak. Sama seperti pencegahan penyakit cikungunya, rajinlah menguras bak mandi atau penampungan air lainnya sehingga mencegah jentik-jentik nyamuk, mengubur sampah dan jangan sampai membiarkan sampah menumpuk.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

ISPA dapat berupa bakteri, virus dan berbagai mikroba lainnya. Bakteri atau virus tersebut lebih mudah masuk ke dalam tubuh karena sistem imun yang menurun di saat musim hujan. Gejala utama dapat berupa batuk dan demam. Jika berat dapat atau mungkin disertai sesak napas dan nyeri dada.

Penyakit ini akan menular dengan cepat ketika banyak orang dengan sistem imun yang sedang melemah di satu tempat apalagi kebersihan tempat tersebut tidak terjaga dengan baik, misalnya tempat pengungsian korban banjir. Cegah penularan dengan menutup mulut saat batuk, memakai
masker, tak meludah sembarangan, dan lain-lain.

Tifus

Penyakit tifus juga bisa mengintai di kala musim hujan karena faktor kebersihan makanan yang tidak terjaga dengan baik atau dimasak dengan air yang tercemar.

Memperburuk Penyakit

Orang yang sudah terkena penyakit sebelumnya, bisa bertambah buruk kondisinya di kala musim hujan. Hal ini dikarenakan penurunan daya tahan tubuh, apalagi bila sampai banjir yang membuat air tercemar.

Jadi, mari jaga kebersihan lingkungan kita, dan tentunya meningkatkan ketahanan tubuh kita di saat musim hujan seperti sekarang ini. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, sudah pasti HDI Four Stars yang paling bisa diandalkan.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI