Kebutuhan Gizi

Kebutuhan Gizi

Kebutuhan Gizi
Gizi adalah bahan-bahan kimia dalam makanan yang memberikan energi bagi tubuh. Tubuh menghasilkan sebagian zat gizi yang diperlukannya, bernama zat gizi esensial. Tetapi, ada juga zat gizi yang tidak dapat dihasilkan tubuh (zat gizi non esensial) seperti asam amino (protein), asam lemak tertentu, vitamin dan mineral yang diperoleh dari bahan makanan.

Zat Gizi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu makronutrisi dan mikronutrisi. Makronutrisi terdiri dari protein, lemak, karbohidrat dan beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh setiap hari dalam jumlah yang besar yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Mikronutrisi adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sangat sedikit (hanya dalam ukuran miligram sampai mikrogram). Beberapa vitamin dan mineral tertentu termasuk dalam dalam mikronutrisi begitu juga dengan asam lemak esensial seperti asam linoleat yang baik untuk perkembangan otak.

Tubuh membutuhkan vitamin yang terdiri dari 2 golongan, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K) dan vitamin yang larut dalam air (vitamin C, dan 8 macam vitamin B Kompleks). Selain vitamin, tubuh juga membutuhkan beberapa mineral esensial seperti besi, mangan, tembaga, selenium, yodida, dan fluorida.

Selain fluorida, mineral-mineral tersebut berfungsi memacu enzim yang berperan dalam metabolisme, sedangkan fluorida dibutuhkan untuk berpadu dengan kalsium, membantu menstabilkam mineral dalam tulang dan gigi serta mencegah kerusakan gigi.

Beberapa mineral dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak seperti kalsium, fosfat, natrium, klorida, magnesium dan kalium, yakni sekitar (1-2 gram/hari). Sedangkan air dibutuhkan dalam jumlah sekitar 2 liter/hari.

Ada 1 komponen makanan yang sering terlupakan, yaitu serat yang sangat baik untuk memperlancar fungsi pencernaan, mengurangi perubahan gula darah dan kolesterol setelah makan serta membantu mengeluarkan bahan-bahan penyebab kanker yang dihasilkan oleh bakteri dalam usus besar.

Berikut adalah perbandingan beberapa kebutuhan energi berdasarkan jenis kelamin, aktivitas fisik dan usia.
  • Anak-anak, wanita dewasa yang tidak banyak beraktivitas, dan pria dewasa hingga lanjut usia membutuhkan sekitar 1600 kalori/hari.
  • Remaja, wanita aktif dan pria yang tidak beraktivitas membutuhkan sekitar 2000 kalori/hari.
  • Remaja pria yang aktif dan pria dewasa muda membutuhkan 2400 kalori/hari.

Cukupkah Asupan Gizi Anda?

Untuk memastikan terpenuhi atau tidaknya kebutuhan gizi tubuh, perlu dilihat lagi pola makan, apakah bahan pangan yang dikonsumsi mengandung vitamin dan mineral yang cukup?

Makanan dengan kandungan zat gizi esensial dan memiliki risiko rendah terhadap penyakit kanker, tekanan darah tinggi, kolesterol dan penyakit lainnya adalah makanan yang dianjurkan. Bukan hanya kandungan, jumlah makanan yang dikonsumsi setiap harinya juga perlu diperhatikan.

Jumlah yang dikonsumsi sebaiknya disesuaikan dengan jumlah kebutuhan nutrisi tubuh. Beberapa zat gizi penting dibutuhkan tubuh, termasuk trigliserida dan fosfopilipida, lemak yang merupakan sumber energi.

Keterbatasan gizi akibat ketidakseimbangan bahan pangan yang dikonsumsi mengakibatkan tubuh kurang nutrisi. Hal ini terjadi akibat sumber makanan yang tersedia namun cara pengolahannya merusak zat-zat gizi dalam makanan.

Pada kondisi lain, terdapat kesulitan menemukan makanan yang kaya nutrisi. Untuk itu, diperlukan suplemen sebagai makanan tambahan.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI