Kebutuhan Nutrisi

Kebutuhan Nutrisi

Kebutuhan Nutrisi
Kebutuhan nutrisi setiap orang pasti berbeda. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari ukuran tubuh, massa otot, aktivitas fisik, sampai penyakit.

Karena pria secara umum memiliki tubuh lebih besar dari wanita, mereka cenderung butuh nutrisi dan energi yang lebih banyak. Pada wanita, kebutuhan nutrisi mereka mengalami perubahan seiring dengan kondisi. Misalnya saat kehamilan. menyusui, atau menopause, kebutuhannya berbeda.

Berikut beberapa faktor pembeda dalam kebutuhan nutrisi pria dan wanita:

Energi

Pria bukan hanya butuh lebih banyak energi karena tubuh mereka yang lebih besar, tapi juga secara alami otot pria lebih banyak, sementara wanita memiliki lebih banyak lemak. Karena metabolisme otot cenderung lebih aktif daripada lemak, pria jadi butuh lebih banyak kalori.

Protein

Secara umum. pria butuh protein lebih banyak dari wanita. Pada pria dan wanita, protein mengambil porsi 15% dari total kalori harian. Bagi pria atau wanita yang ingin membangun otot, tentu kebutuhan proteinnya lebih tinggi lagi.

Asupan kalori yang tinggi, baik pada pria atau wanita, bisa berakibat pada pengeluaran kalsium lebih banyak melalui urin. Pada pria, hal ini bisa memicu batu ginjal, dan pada wanita osteoporosis.

Karbohidrat Dan Serat

Sekali lagi, pria butuh karbohidrat lebih tinggi karena kebutuhan energinya juga lebih besar. Agar lebih sehat, konsumsi karbohidrat kompleks dan penuhi serat tubuh lewat sayur, buah, dan kacang-kacangan. Pria juga butuh serat lebih tinggi, sekitar 38 gram per hari, sedangkan wanita 25 gram.

Lemak

Konsumsi lemak seharusnya dalam skala moderat, sekitar 30-35% dari total kalori.

Dalam hal ini, kebutuhan pria dan wanita sama, dan sebaiknya pilih dari sumber yang sehat seperti minyak zaitun, ikan laut dalam, atau daging unggas tanpa lemak.

Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang lebih penting bagi wanita ketimbang pria. Ini karena kaum hawa lebih rentan mengalami kerapuhan tulang. Konsumsi makanan mengandung kalsium tinggi bisa mengurangi risiko tersebut. Pada pria, mengonsumsi yang terlalu tinggi justru meningkatkan risiko kanker prostat.

Zat Besi

Ini juga mikronutrien yang lebih diperlukan kaum wanita dibanding pria karena wanita akan kehilangan banyak zat besi dari darah selama menstruasi. Wanita perlu 18mg zat besi perhari, sementara pria hanya 8mg.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI