Penyakit Jantung Koroner

Penyakit Jantung Koroner

Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner, pembuluh darah yang memperdarahi jantung. Sumbatan dari pembuluh darah tersebut diakibatkan oleh penumpukan lemak/plak di pembuluh darah sehingga diameter pembuluh darah makin kecil dan mengeras/kaku.

Proses ateroklerosis atau penumpukan lemak/plak terjadi secara perlahan seiring dengan waktu, tetapi pada orang dengan kadar lemak di dalam darah yang tinggi, proses ini di pembuluh darah menjadi semakin cepat dan banyak.

Sumbatan dalam pembuluh darah dapat bersifat:

Parsial
Di mana pembuluh darah masih dilalui oleh darah walaupun alirannya sudah mengecil. Keluhan dapat dirasakan pada saat terjadi kebutuhan akan oksigen yang meningkat.

Contohnya pada saat emosi dan aktivitas berjalan jauh, kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat tetapi jantung tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut sehingga timbul nyeri pada dada.

Total
Di mana pembuluh darah sudah tidak dapat dilalui oleh darah karena tertutup total. Penutupan total tersebut dapat disebabkan oleh lepasnya tumpukan lemak di pembuluh darah dan menyumbat di pembuluh darah yang ukurannya lebih kecil.

Sumbatan total menyebabkan keluhan nyeri dada yang dirasakan lebih berat dan tajam seperti dada ditimpa benda berat.

Pembuluh darah jantung yang tersumbat dapat menyebabkan kematian dari sel jantung karena tidak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup. Sel jantung yang sudah mati tidak dapat diperbaiki lagi.

Gejala yang dapat ditemukan pada PJK

  1. Nyeri di dada, dengan ciri khas nyeri di dada kiri, nyeri menjalar ke tangan kiri dan dagu. Pada beberapa kasus, nyeri dada dapat bersifat tidak khas seperti nyeri di ulu hati, menjalar ke punggung, dan ke lengan kanan.
  2. Sensasi berat di dada seperti ditimpa benda berat, nyeri yang tajam dan menusuk di dada, dan seperti diremas-remas.
  3. Jantung berdebar-debar.
  4. Nyeri dan sesak nafas timbul apabila beraktivitas berat dan mereda setelah beristirahat.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Seseorang mengalami penyakit jantung koroner jika aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini dikenal dengan istilah ateroklerosis dan merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, ateroklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya trombosit atau penggumpalan darah. Jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir sepenuhnya dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu ateroklerosis meliputi kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes, serta tekanan darah tinggi.

Penyakit jantunng koroner terbagi ke dalam 2 jenis yang dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah, yaitu angina (angin duduk) dan serangan jantung.

Penyakit jantung yang tidak ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan, ketika tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantung akan menurun. Kondisi ini dikenal sebagai gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap.

Langkah Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Jika mengidap penyakit jantung, para penderita sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, minum obat secara teratur sesuai petunjuk dokter, serta berhenti merokok. PJK tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah agar tidak memburuk.

Dokter akan menganjurkan langkah operasi untuk menangani penyakit ini jika diperlukan. Tujuan dalam pengobatan penyakit jantung adalah untuk mengendalikan gejala dan menurunkan risiko munculnya serangan fatal seperti serangan jantung.

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Terdapat beberapa langkah pencegahan yang sederhana untuk menghindari penyakit jantung, yaitu:
  • Berhenti merokok.
  • Menjaga berat badan yang sehat.
  • Menerapkan pola hidup sehat, misalnya mengurangi makanan berkolesterol tinggi serta berolahraga secara teratur.
  • Kurangi konsumsi alkohol.

Produk HDI Untuk Penyakit Jantung Koroner

Produk HDI yang dapat di konsumsi untuk membantu pengobatan PJK adalah:
  • Bee Propolis/Propoelix 3x1 tablet, 
  • Pollenergy 1x1 tablet, 
  • Royal Jelly Liquid 2x1 sendok takar, 
  • Clover Honey 2x1 sendok makan

DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI