Puasa Aman Bagi Penderita Maag

Puasa Aman Bagi Penderita Maag

Puasa Aman bagi penderita Maag
Sakit maag disebabkan gangguan lambung, akibat tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Kondisi ini menimbulkan gejala perut terasa kembung, perih, mual, sering bersendawa, pada tahap tertentu diikuti muntah. Pada keadaan cukup parah dapat menimbulkan pendarahan pada lambung dan pingsan.

Orang yang mengidap maag biasanya disarankan menjalani pola makan teratur, tiga kali sehari ditambah selingan makanan kecil, dan tidak boleh menunda jadwal makan. Karena itulah, para penderita maag sering ragu, bagaimana menjalankan ibadah puasa, yang memaksa mereka mengubah pola makan.

Pada prinsipnya, secara umum penderita maag boleh menjalani ibadah puasa, apalagi bila penyakit maag itu hanya gangguan fungsional dan masih dalam tahapan ringan.
Yang tidak disarankan untuk berpuasa adalah mereka yang telah sampai pada tahap parah, misalnya mengalami muntah-muntah dan pendarahan.

Bagi mereka yang masih bisa berpuasa, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Pada intinya konsep makan bagi penderita maag adalah makan dengan sering namun porsinya sedikit-sedikit. Ada strategi dalam pengaturan makanan saat santap sahur dan berbuka puasa untuk mengurangi gejala maag.

Saat sahur, jangan makan terlalu kenyang, yang penting cukup mengandung karbohidrat dan lauk pauknya. Pada waktu berbuka puasa, makan secara bertahap. Awali dengan makanan ringan dan cairan seperti teh manis dan sepotong kue. Selingi dengan sholat maghrib, baru makan berat.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita maag antara lain:
  • Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gas dan serat seperti sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, dan minuman bersoda.
  • Makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol, dan sari buah sitrus.
  • Makanan seperti kue tart, keju, makanan berlemak, dan cokelat, dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.
  • Makanan yang mengandung cuka pedas dan merica yang dapat merusak dinding lambung.

Mengubah Gaya Hidup dan Pola Makan

Saat ini, gaya hidup menjadi musuh utama pencernaan, dengan alasan kesibukan, pencernaan merupakan salah satu fungsi tubuh yang sering dikorbankan. Makanan siap saji dijadikan asupan utama bagi tubuh, padahal jenis makanan seperti ini merupakan salah satu penyumbang terbanyak penyakit pencernaan.

Menjaga pencernaan dan melindungi dari berbagai macam penyakit sebenarnya mudah saja, yang terpenting adalah konsisten dalam menjaga dan melindunginya. Yang paling penting harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, terutama menyangkut diet.

Diet dengan nutrisi sehat dan seimbang wajib dipenuhi jika ingin pencernaan sehat. Buah dan sayuran tentu menjadi asupan penting demi terjaganya pencernaan. Dengan pencernaan sehat, maka lambungpun akan sehat pula, sebab pencernaan sehat membuat lambung tidak dipaksa bekerja terlalu keras.

Selain itu perhatikan pula proses mengunyah makanan, Proses mengunyah makanan merupakan merupakan salah satu bagian paling penting dari sistem pencernaan, tapi sayangnya, banyak yang menyepelekan pentingnya mengunyah dengan baik. Mengunyah tidak hanya membantu memecah makanan, tetapi juga berfungsi memberikan sinyal ke kalenjar ludah, lambung dan usus kecil untuk mulai melepaskan enzim pencernaan.

Selain mengunyah dengan benar, ada baiknya Anda memperhatikan porsi santapan. Satu hal yang baik untuk diketahui, tubuh memiliki banyak enzim-enzim yang dipergunakan untuk keperluan mencerna makanan. Ketika Anda menyantap hidangan dengan porsi besar, tubuh pun bekerja keras memproduksi asam yang lebih banyak pula untuk membantu mencerna makanan. Hal ini yang meningkatkan risiko Anda mengalami mulas dan menderita gangguan pencernaan.

Jangan lupa juga untuk beristirahat cukup demi memulihkan semua organ tubuh setelah seharian beraktivitas, imbangi dengan olahraga yang cukup dan teratur agar tubuh kian kuat dalam menangkal segala gangguan.

Sebuah studi ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology telah menunjukkan, bahwa aktivitas fisik benar-benar membantu mengurangi banyak masalah pencernaan. Dalam studi ini, ilmuwan menemukan hubungan antara obesitas, kurang olahraga, nyeri perut, diare, dan sindrom iritasi usus besar.

Produk HDI Untuk Kesehatan Pencernaan

Produk perlebahan madu, merupakan sumber makanan alami yang sangat bermanfaat, kaya akan nutrisi dan enzim yang dapat memelihara sistem pencernaan kita. Masalah pencernaan disebabkan karena terganggunya keseimbangan antara bakteri yang menguntungkan dan bakteri yang merugikan di dalam usus. Akibatnya kita tidak dapat menyerap semua nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Untuk menyeimbangkannya gunakan HDI clover Honey, sedangkan untuk masalah lambung maka HDI Dynamic Trio + Enzymeminerals kuncinya.

HDI Clover Honey sangat efektif menghambat bakteri merugikan seperti helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung. Produk ini juga terbukti efektif dalam mengatasi diare, dengan cara membantu penyerapan elektrolit dan air, membantu dalam memperlancar buang air besar, dan konstipasi atau sembelit, sehingga mampu memelihara sistem pencernaan tetap optimal.

Selain itu, madu alami dalam HDI Clover Honey merupakan larutan gula yang jenuh (dengan osmolaritas tinggi) sehingga kandungan air sebagai media pertumbuhan bakteri dan jamur hanya sedikit. Keberadaan glukosa oksidasi dapat menghambat pertumbuhan mikroba.

Glukosa oksidasi adalah enzim yang disekresikan oleh lebah untuk membentuk madu dari nektar. Dengan bantuan air dan oksigen, glukosa diubah menjadi asam glukonat dan hidrogen peroksida. Daya keasaman dan hidrogen peroksida yang dihasilkan, melindungi dan menjadikan madu tetap steril selama proses pemasakan.

HDI Dynamic Trio + Enzymeminerals memadukan keajaiban bee pollen, bee propolis, dan royal jelly dengan enzim bromelain, enzim papain, dan berbagai mineral, diantaranya zat besi, mangan, seng dan kromium.

Enzim bromelain berasal dari batang buah nanas yang mampu menguraikan zat makanan agar mudah diserap tubuh, membantu proses penyembuhan luka, serta mengurangi pembengkakan atau peradangan di lambung, seperti yang kerap dialami penderita gastritis.

Enzim papain berasal dari buah pepaya yang belum matang dan terbukti aktif membantau melancarkan pencernaan, mencegah rasa panas dalam lambung, serta mengendalikan nafsu makan.

Kombinasi sempurna dari bahan-bahan alami dengan Dynamic Trio yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan seperti sakit maag, kembung dan pencernaan yang kurang baik, serta bagi yang ingin menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan sistem pencernaan.

Dengan kombinasi HDI Clover Honey dan HDI Dynamic Trio + Enzymeminerals, pencernaan akan terjaga keseimbangannya dan lambung akan kian mudah mengatasi gangguan yang biasa dialami penderita maag. Jika kondisi pencernaan dan maag sudah ditangani maka berpuasa akan semakin khusuk.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


0 komentar :
Posting Komentar

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI