Dismenore - Nyeri Haid

Dismenore - Nyeri Haid

dysmenorrhea
Dismenore (Dysmenorrhea) adalah nyeri atau kram perut menjelang haid yang biasanya dimulai sehari sebelum mulai menstruasi dan dapat berlangsung hingga 2-3 hari.

Dismenore merupakan hal yang normal atau fisiologis. Dismenore yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, ada yang merasa biasa namun ada yang sampai tidak dapat menjalankan aktivitas.

Ada 2 jenis Dismenorea yaitu:
Dismenorea primer : Dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh. Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon Prostaglandin

Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Berlangsung lebih dari 3 hingga 4 hari dan disertai mual, muntah atau bahkan diare. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Kontraksi dinding rahim

Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh setiap wanita ketika merasakan nyeri perut saat haid? Selama siklus haid, endometrium (otot rahim) akan menebal untuk mempersiapkan kehamilan. Setelah ovulasi (pelepasan sel telur), jika sel telur tidak dibuahi oleh sperma maka tidak akan terjadi kehamilan, sehingga jaringan pada uterus (rahim) yang menumpuk tidak lagi dibutuhkan dan harus dibuang. Itulah yang disebut haid.

Selama periode haid, terjadi pelepasan hormon Prostaglandin dan mediator inflamasi yang akan merangsang uterus untuk berkontraksi. Ketika terjadi kontraksi otot uterus, pembuluh darah sekitarnya akan ikut mengecil secara teratur sehingga terjadi pengurangan pasokan darah ke jaringan endometrium dan kemudian jaringan menjadi rusak dan mati. Kontraksi uterus kemudian berlanjut sehingga ikut memeras jaringan endometrium yang sudah tua dan mati keluar melalui serviks (leher rahim) menuju vagina.

Kontraksi uterus dan kurangnya pasokan oksigen sementara di jaringan sekitar menjadi sebab timbulnya nyeri atau kram perut yang sering dialami selama haid. Wanita yang memiliki kadar hormon Prostaglandin yang tinggi akan mengalami kontraksi uterus yang lebih kuat, sehingga selanjutnya akan merasakan sakit perut yang lebih hebat.

Selain menyebabkan timbulnya nyeri perut, Prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap keluhan muntah, diare, dan sakit kepala yang kadang terjadi saat haid.

Biang Endometriosis

Memang, nyeri haid dapat dianggap sebagai hal yang biasa, asalkan tidak berlebihan. Nyeri haid yang berlebihan adalah salah satu tanda primer Endometriosis sehingga dapat menyebabkan terganggunya sistem reproduksi. Endometriosis adalah penyakit yang terjadi akibat tumbuhnya selaput lendir rahim (endometrium) di luar rahim. Pemicunya adalah darah haid yang masuk ke rongga perut serta tumbuh menjadi kista, tidak hanya di rongga perut, Endometriosis juga dapat terjadi di saluran indung telur atau di dalam rahim.

Beberapa pakar menggolongkan endometriosis sebagai salah satu jenis kista yang tidak ganas dan bukan merupakan tumor sejati. Walau tidak beresiko, endometriosis berbentuk kambuhan serta bisa mengganggu kesuburan.

Penatalaksanaan disesuaikan menurut tipe endometriosisnya, bila telah berbentuk kista maka perlu operasi pengangkatan, namun bila masih berbentuk bercak, cukuplah melalui pengobatan medis yang dioptimalkan dengan disertai mengkonsumsi suplemen kesehatan. Sebagai usaha pencegahan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter apabila terjadi nyeri hebat setiap kali haid yang tidak reda meskipun sudah minum obat pengurang rasa sakit.

Siap hadapi datang bulan

Ada beberapa cara sederhana mengatasi nyeri haid. Cara terpenting adalah dengan mempersiapkan hari datang bulan dengan seksama. Olahraga ringan adalah cara tepat yang bisa dilakukan untuk melenturkan otot-otot sekitar pinggul dan daerah kewanitaan, seperti renang, jalan santai, atau sekedar latihan angkat kaki. Persiapan juga bisa dilakukan dengan mengatur makanan menjelang datang bulan. Banyak ramuan herbal yang diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid, seperti kunir asam.

Cara Praktis Mengurangi Sakit Akibat Dismenore
  • Kompreslah perut dengan menggunakan air hangat yang dimasukkan dalam botol agar praktis
  • Istirahat atau tidur yang cukup, karena ketika istirahat atau tidur seluruh otot akan merasa rilek sehingga rasa nyeripun akan hilang.
  • Hindari minuman dingin, bersoda, ataupun beralkhohol, lebih baik minum air putih hangat.
  • Hindari pemakaian pakaian ketat menjelang haid dan ketika sedang haid.

Permasalahan Lain Seputar Haid

Amenorrhea adalah keadaan tidak terjadinya menstruasi pada seorang wanita. Hal tersebut normal terjadi pada masa sebelum pubertas, kehamilan, menyusui, dan setelah menopause.

Menorrhagia merupakan suatu kelainan menstruasi dimana perdarahan menstruasi lebih dari 80ml/hari pada siklus yang normal. Siklus mentruasi yang normal berlangsung antara 21-35 hari, selama 2-8 hari dengan jumlah darah haid sekitar 25-80 ml/hari.

Oligomenorrhea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi terjadi lebih dari 35 hari. Penyebab dari gangguan Oligomenorrhea dapat bermacam-macam. Dapat disebabkan oleh gangguan hormonal ataupun gangguan di saluran reproduksi.

Polimenorrea adalah gangguan pada siklus menstruasi wanita, dimana siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat terjadi akibat adanya gangguan pada keseimbangan hormonal atau penyakit polikistik ovarium.

Produk HDI Untuk Nyeri Haid

Ketahanan tubuh dan kelancaran sirkulasi juga dapat mempengaruhi ketahanan tubuh terhadap kontraksi rahim pada saat datang bulan. Untuk melancarkan sirkulasi darah, sekaligus menambah daya tahan tubuh Anda dapat mengkonsumsi HDI Pollenergy 520 yang dikombinasikan HDI Royal Jelly Liquid yang berguna untuk membantu regenerasi sel yang luruh pada dinding rahim. Royal Jelly juga berfungsi menyeimbangkan kadar hormon Prostaglandin agar tidak berproduksi berlebih sehingga menghindarkan kontraksi yang berlebihan. Saat tubuh Anda fit, rasa sakit akibat Dismenore dapat teredam dan Anda pun dapat melakukan aktivitas seperti biasa.
DAFTAR ISI | DAFTAR PENYAKIT | DAFTAR PRODUK HDI | DAFTAR MEMBER HDI

PEMESANAN:
Tlp./WA. 0821 9496 6109


   4 komentar :
  1. Selamat siang,
    Saya umur 26th sedang menderita Amenorrhea sekunder yaitu pernah haid untuk pertama kali dan kedua kalinya waktu umur 21th...akan tetapi setelah itu saya tidak bisa haid lagi kalau tidak minum obt dari dokter...
    untuk megatasi hal seperti ini produk HDI apa yang sebaiknya saya konsumsi, terima kasihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. neethaSmile, Anda dapat mengonsumsi Royal Jelly Liquid, Pollenergy 520 secara rutin dan lihat progressnya selama 1 bulan.
      Bila penyebabnya adalah suatu penyakit, dapat ditambahkan dengan Bee Propolis.

      Hapus
  2. Untuk Mioma yg sudah lama berkembang dalam rahim, saya mengkonsumsi Royal Jelly dan Propoelix 2 kali sehari. Sudah saya konsumsi sejak tiga bulan terakhir, apa ada saran buat saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Ivonne Caroline bisa membaca tentang Myoma disini:
      http://maduasli-hd.blogspot.com/2013/09/myoma-uteri.html

      atau ketik saja di pencarian atas kanan : "myoma"

      Hapus

COVID-19 Masih Mengintai

Meski berbagai aktivitas di ruang publik perlahan diperbolehkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), kita harus tetap waspada karena a...

PROMO BULAN INI!

Dapatkan Diskon harga yang menarik!
===============
GRATIS ONGKIR (GOSEND/GRAB, DLL) SETIAP BELANJA MINIMAL 800 RIBU
===============
INFO CEPAT
Hub. Tlp/WA 0821 9496 6109







  1. Promo-Promo lain yang tersedia (EASI STARTER SET), bisa langsung menghubungi WA Admin:

POPULAR POSTS

Recent Comments

DAFTAR MEMBER HDI Scan / klik disini:

Panduan Registrasi Online:
Cara Mendaftar Menjadi Member HDI