Meskipun saat ini sudah banyak media sosial lain bermunculan, tak bisa dipungkiri bahwa Facebook masih menjadi primadona jika Anda ingin memaksimalkan pertemanan di dunia maya sekaligus branding usaha yang Anda lakukan.
Karena hampir semua pemilik brand memakai Facebook untuk membangun reputasi, maka perlu usaha kuat agar brand kita jadi salah satu yang bisa dikenali para pemakai Facebook. Tentu perlu strategi tepat agar Facebook bisnis kita mampu mendorong pembangunan bisnis dengan optimal.
Bangun Komitmen
Yang pertama harus dilakukan adalah membangun komitmen. Pastikan kita memiliki waktu untuk berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Bisa berkomunikasi langsung dan cepat dengan pelanggan atau calon pelanggan akan membuat mereka betah mengunjungi halaman Facebook Anda.Setelah itu, buatlah tampilan Facebook kita semenarik dan seunik mungkin. Tentu, harus disesuaikan dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Jangan sampai karena ingin terlihat menarik justru membuat tampilan Facebook kita terkesan norak dan tidak serius.
Maksimalkan profile picture dan cover akun yang kita miliki. Jangan lupa posting gambar-gambar produk yang kita jual. Buatlah gambar semenarik mungkin namun tetap diberikan sentuhan khas dari brand kita. Gambar-gambar yang unik dan atraktif terbukti bisa mengundang pengguna Facebook untuk berinteraksi.
Selalu Update
Pastikan update minimal sekali setiap hari untuk menyapa pengikut akun Facebook kita. Hal ini penting agar pengikut akun Facebook mengetahui keseriusan kita dalam membangun bisnis. Meninggalkan akun Facebook dalam kondisi tak terupdate dan tidak membalas pesan pelanggan sama seperti membiarkan telepon CS kantor berdering tanpa jawaban.Posting juga kata-kata menarik agar penggemar Facebook kita terpancing untuk ikut berkomentar atau berinteraksi. Makin banyak yang berkomentar di Facebok kita, maka makin bagus untuk memudahkan pencarian bisnis kita di mesin pencari. Karena pada dasarnya, Facebook adalah sarana SEO (Search Engine Optimization).
Jika ada dana lebih, buatlah kuis atau kompetisi yang bisa mengundang para pengikut akun Facebook untuk berinteraksi dengan kita. Sebab, siapapun suka diberi sesuatu yang sifatnya gratisan. Dengan mengadakan kompetisi atau kuis, akun kita akan makin sering dikunjungi pengikut akun Facebook kita bahkan mendatangkan pengikut baru.
Di atas semua itu, berikan info yang jelas dalam akun Facebook kita. Kejelasan info bisnis dan tempat kita menjalankan bisnis akan meyakinkan konsumen dan calon konsumen untuk menjadi pelanggan kita.
0 komentar :
Posting Komentar